Comscore Tracker

5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcalling

Jangan takut, mulailah bersuara

Secara sederhana catcalling merupakan jenis pelecehan yang umumnya dilakukan secara verbal dan terjadi di jalanan. Umumnya yang menjadi korban adalah perempuan dengan pelaku catcall adalah laki-laki atau segerombolan laki-laki.

Pasti hampir semua perempuan pernah mengalaminya, kan? Nah, untuk melawannya ada 5 tindakan yang bisa kamu ambil saat terkena catcalling berikut ini.

1. Menegur

5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcallingmirror.co.uk

Jika kamu memiliki cukup keberanian, silahkan untuk menegur pelaku bahwa perbuatannya membuatmu tidak nyaman. Perbuatan seperti itu masuk ke dalam jenis pelecehan, lho. Tapi ingat tegur dengan nada tegas dan sikap yang berani agar mereka berpikir dua kali bahwa yang mereka hadapi bukanlah perempuan yang lemah.

2. Jangan tersulut emosi

5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcallingshutterstock.com/Nutlegal Photographer

Setiap orang pasti kesal jika mengalami catcall namun jika kamu menunjukkan respon seperti tersulut emosi. Mereka justru akan senang, lho berarti tindakan mereka berhasil membuatmu tidak nyaman. Lebih baik pura-pura saja tidak mendengar.

3. Segera tinggalkan tempat tersebut

5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcallingsheknows.com

Jika kamu tengah berjalan melewati sebuah gang, lantas ada sekumpulan laki-laki yang melakukan catcalling kepadamu. Tenang, lalu percepat langkahmu dan segera tinggalkan tempat tersebut sesegera mungkin.

Baca Juga: Catcall: Cara Laki-laki Rendahan untuk Mencari Perhatian Perempuan

4. Berpura-pura tengah menelepon

5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcallingpixabay.com/

Tindakan ini bisa kamu lakukan beberapa saat sebelum kamu melewati segerombolan mereka. Berpura-puralah sedang serius menelepon atau tertawa saat bertelepon dengan begitu mereka pasti tidak akan deh mengganggumu lagi.

5. Beri tatapan tidak suka

5 Tindakan yang Bisa Kamu Ambil Saat Terkena Catcallingshutterstock.com/Iakov Filimonov

Bila kamu mengalami catcalling kamu bisa memberi tatapan jijik atau memandang rendah perbuatan mereka. Lakukan kontak mata agar dia sadar bahwa apa yang dilakukannya tidak baik dan juga kamu tidak takut, tuh dengan apa yang mereka lakukan.

Beberapa tindakan ini bisa setidaknya membuat jera pelaku, lho. Jika memang kamu tidak nyaman dan sangat panik teriak saja lah sekencang mungkin yang mengundang perhatian banyak orang.

Nah demikian tadi 5 tindakan yang bisa kamu ambil saat terkena catcalling. Semoga pelaku catcalling di luar sana segera jera, ya dan tidak ada lagi banyak korban catcall selanjutnya.

Baca Juga: [OPINI] Catcalling Wanita Biar Mau Senyum, Aneh atau Malah Salah?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya