Comscore Tracker

Ini 5 Ciri Utama untuk Mengetahui Rambutmu Sehat atau Tidak

Kalau rambut kamu, gimana?

Memiliki rambut yang sehat merupakan dambaan sebagian orang. Namun, apakah kamu yakin rambut yang kamu miliki termasuk ke dalam kategori rambut yang sehat? Jika kamu penasaran, ini dia lima ciri utama untuk  mengetahui rambutmu sehat atau tidak. Simak bersama-sama, yuk!

1. Kuat, tidak mudah rontok, dan tidak patah

Ini 5 Ciri Utama untuk  Mengetahui Rambutmu  Sehat atau TidakUnsplash.com/Verne Ho

Kerontokan yang terjadi pada rambut kita bisa jadi salah satu penanda bahwa ada indikasi rambut tidak sehat. Selain rontok, masalah lain yang tak kalah seriusnya yaitu rambut yang mudah patah.

Untuk mengembalikan rambut yang kuat, sebaiknya, kamu mulai menggunakan produk-produk penguat, seperti serum, vitamin ataupun tonik agar rambutmu kembali sehat.

2. Tidak memiliki masalah dengan kulit kepala

Ini 5 Ciri Utama untuk  Mengetahui Rambutmu  Sehat atau TidakUnsplash.com/Arnel Hasanovic

Salah satu ciri termudah mengetahui rambutmu sehat atau tidak dengan mendeteksi adanya masalah kulit kepala. Masalah kulit kepala tidak hanya ketombe saja, melainkan juga kulit kepala yang kering. Bila kamu tidak mengalami hal tersebut, rambutmu tergolong ke dalam jenis rambut yang sehat.

Baca Juga: 9 Gaya Rambut yang Bisa Sembunyikan Lepek, Berani Buktikan? 

3. Berkilau

Ini 5 Ciri Utama untuk  Mengetahui Rambutmu  Sehat atau TidakUnsplash.com/Curology

Bila merasa rambut berkilau hanya ada di iklan sampo, kamu salah. Di dunia nyata, kamu juga bisa kok memiliki rambut berkilau. Salah satu caranya dengan merawat rambut dan memiliki gaya hidup yang sehat.

Itu karena kedua hal ini berpengaruh pada kerapatan lapisan pelindung rambut atau disebut kutikula. Bila kutikula rambut rapat, rambut kamu akan berkilau secara alami seperti bintang iklan di televisi.

4. Memiliki tekstur rambut yang halus

Ini 5 Ciri Utama untuk  Mengetahui Rambutmu  Sehat atau TidakUnsplash.com/Toa Heftiba

Ciri rambut sehat salah satunya memiliki tekstur yang halus. Bila rambutmu kasar dan tidak memiliki tekstur yang halus, coba ganti produk perawatan untuk rambutmu, deh. Bisa jadi, produk yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang membuat rambutmu jauh dari kata halus, seperti alkohol maupun sulfat.

Selain itu, kebiasaan mengeringkan rambut dengan handuk dan menggosoknya terlalu kasar juga akan menyebabkan rambut kering. Tak hanya kering, bahkan rambutmu bisa berpotensi untuk menjadi bercabang.

5. Tidak mudah kusut

Ini 5 Ciri Utama untuk  Mengetahui Rambutmu  Sehat atau TidakUnsplash.com/Tim Mossholder

Rambut yang sehat ditandai dengan rambut yang tidak mudah kusut. Rambut yang kusut membuat kita kewalahan dalam mengaturnya, bukan? Tak hanya itu saja, rambut yang kusut sering kali membuat kesal.

Penyebab rambut kusut ini karena kurangnya nutrisi pada rambut kita. Untuk mendapatkannya, kamu dapat menggunakan bantuan, seperti conditioner. Conditioner selain membantu menutrisi, juga akan membantu rambutmu agar tidak mudah kusut.

Nah, itu tadi lima ciri utama untuk  mengetahui rambutmu sehat atau tidak. Sangat mudah untuk mendeteksinya, bukan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sampo dengan Kandungan Bambu, Bikin Rambut Lebat

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

a talkative who loves to write and tweeting | “Even a falling star still shines” - Tablo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya