Comscore Tracker

5 Tips Memakai Sheet Mask agar Wajah Jadi Glowing Maksimal

Cobain, yuk, biar wajahmu makin glowing!

Sheet mask adalah salah satu masker berbentuk lembaran mirip tisu yang berisi cairan essence. Masing-masing essence berisi cairan yang berfungsi untuk memperbaiki masalah kulit tertentu seperti mencerahkan, menghidrasi kulit wajah hingga menghilangkan noda hitam.

Namun, masih banyak yang sering keliru dalam memakai sheet mask, nih. Gak jarang sheet mask jadi gak bekerja dengan maksimal dan kulit susah buat glowing.  Biar kulit glowing maksimal, berikut sederet tips dalam memakai sheet mask yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Pilih sheet mask sesuai dengan kebutuhan kulit 

5 Tips Memakai Sheet Mask agar Wajah Jadi Glowing Maksimalilustrasi memakai sheet mask (pexels.com/Miriam Alonso)

Setiap sheet mask pasti diformulasikan dengan beberapa kandungan tertentu. Kandungan yang dimiliki disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Agar wajah jadi glowing maksimal, ada baiknya sesuaikan sheet mask dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Memakai sheet mask dengan kandungan yang tidak dibutuhkan kulit bisa jadi membuat wajah bruntusan hingga kusam. Hal ini jelas wajib dihindari banget, dong. Karenanya sebelum memilih sheet mask cari tahu dulu apa saja yang sedang dibutuhkan oleh kulitmu. Apakah butuh kandungan sheet mask untuk melembabkan, mencerahkan, menghilangkan kerutan, dan masih banyak lagi.

2. Bersihkan sisa kotoran dan makeup di wajah

5 Tips Memakai Sheet Mask agar Wajah Jadi Glowing Maksimalilustrasi mengangkat kotoran dan sisa makeup di wajah (pexels.com/Sora Shimazaki)

Sebelum memakai sheet mask pastikan untuk membersihkan sisa kotoran dan makeup di wajah terlebih dahulu. Angkat sisa kotoran dan makeup di wajah dengan menggunakan first cleanser. First cleanser berupa micellar water, cleansing balm atau cleansing oil. Barulah lanjutkan dengan second cleanser berupa face wash. Dengan dua langkah membersihkan wajah seperti ini, wajah akan lebih siap untuk memakai sheet mask.

Memaksakan diri memakai sheet mask dalam keadaan kotor hanya akan memicu timbulnya jerawat serta pori-pori tersumbat. Sehingga, kandungan sheet mask gak bakal bisa terserap dengan baik. Kulitmu bakal sulit glowing maksimal, deh. Bila sudah selesai dibersihkan dengan face wash segera keringkan wajah dengan handuk bersih atau tisu wajah hingga benar-benar kering.

3. Perhatikan durasi dalam memakai sheet mask 

5 Tips Memakai Sheet Mask agar Wajah Jadi Glowing Maksimalilustrasi memakai sheet mask (pexels.com/Ivan Samkov)

Kalau ingin wajah glowing maksimal, kamu wajib memperhatikan durasi dalam memakai sheet mask. Biasanya dalam setiap kemasan sheet mask sudah tertera waktu yang telah ditentukan. Biasanya durasi dalam memakai sheet mask hanya selama 15—20 menit saja.

Gak jarang banyak dari kita yang merasa sayang karena memakai sheet mask dalam kondisi belum sepenuhnya kering. Gak sedikit pula yang memakai sheet mask dan membiarkannya hingga kering. Padahal hal tersebut sebaiknya dihindari.

Mungkin belum banyak yang tahu bila kita membiarkan sheet mask mengering atau memakainya terlalu lama akan terjadi proses osmosis berbalik. Proses ini membuat lembaran sheet mask akan menyerap lagi kelembaban pada kulit wajah kita dan membuat kulit wajah kering.

Baca Juga: 5 Hal Ini Perlu Dihindari Saat Pakai Sheet Mask, Biar Hasil Maksimal!

4. Hindari mencuci muka setelah memakai sheet mask 

5 Tips Memakai Sheet Mask agar Wajah Jadi Glowing Maksimalilustrasi mencuci muka (koko.ng)

Essence yang terkandung pada sheet mask biasanya berupa cairan berwarna bening atau pun putih dengan tekstur yang sangat kental. Selepas memakai sheet mask biasanya akan terasa lengket dan kurang nyaman di wajah. Namun, meski demikian kamu gak perlu mencuci muka setelah memakai sheet mask, ya.

Karena bila kamu mencuci muka setelah memakai sheet mask, yang ada semua manfaat sheet mask yang akan diserap wajah justru malah akan hilang. Sebaiknya, biarkan saja hingga mengering atau tepuk-tepuk sisa essence pada wajah. Kamu juga bisa menggunakan essence yang tersisa untuk dioleskan pada bagian tubuh lainnya seperti tangan, kaki, atau leher.

5. Agar glowing maksimal, lanjutkan dengan rangkaian skincare lainnya

5 Tips Memakai Sheet Mask agar Wajah Jadi Glowing Maksimalilustrasi memakai moisturizer (pexels.com/cottonbro)

Hanya karena sudah memakai sheet mask dengan kandungan essence yang dibutuhkan wajah bukan lantas jadi langkah terakhir skincare rutin yang kamu lakukan. Sebaiknya tetap lanjutkan dengan rangkaian skincare lainnya supaya bisa untuk mengunci kelembaban kulit dan segala manfaat pada kandungan sheet mask.

Adapun rangkaian skincare yang bisa kamu gunakan saat akan memakai sheet mask diantaranya face wash, toner, sheet mask dan terakhir moisturizer. Kamu juga boleh memakai serum baik sesudah maupun sebelum memakai sheet mask.

Memakai serum sebelum memakai sheet mask akan bermanfaat untuk mengunci kandungan serum. Sedangkan, memakai serum sesudah memakai sheet mask berguna untuk menambah nutrisi pada sheet mask.

Sheet mask boleh dipakai setiap hari, ya guys terutama bagi kalian yang punya jenis kulit kering karena sheet mask akan membantu menghidrasi kulit. Namun, bila dalam sheet mask kamu terdapat kandungan seperti retinol atau AHA/BHA sebaiknya tidak digunakan setiap hari. Semoga tips memakai sheet mask di atas bisa bermanfaat buat kamu, agar kulit wajah jadi glowing maksimal.

Baca Juga: Bye-bye Kusam, Ini 5 Cara Pintar Agar Kulit Tampak Glowing Maksimal

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya