Comscore Tracker

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair Removal

Kamu harus tahu sebelum memakai produknya!

Produk hair removal atau penghilang rambut seakan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi wanita dan pria untuk menjaga penampilan. Mulai dari pisau cukur, krim perontok rambut, hingga waxing dapat dilakukan untuk mendapat kulit yang mulus. Namun, teknik-teknik tersebut ternyata bisa menyebabkan beberapa masalah pada kulit. Berikut adalah tujuh masalah kulit yang bisa terjadi saat menggunakan produk hair removal.

1. Dua bahan yang dipakai sebelum dan sesudah cukur ini ternyata bisa bikin kulit iritasi

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair RemovalFreepik/freepik

Alkohol dan pewangi adalah kedua bahan tersebut. Walaupun alkohol biasa digunakan sebagai pemberi sensasi dingin dan pembersih permukaan kulit, nyatanya bahan ini juga dapat membuat kulit kering sehingga lebih rentan iritasi ketika mencukur rambut. Beberapa produk juga mengandung bahan pewangi yang bisa membuat kulit iritasi bahkan alergi.

2. Produk perontok rambut berbahan kimia yang dijual di pasaran juga bisa bikin iritasi

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair RemovalPexels/rawpixel.com

Krim dan lotion perontok rambut yang dijual di pasaran mengandung banyak bahan bersifat basa (pH di atas 7). Bahan-bahan tersebut dapat merusak protein pada kulit dan menyebabkan kulit iritasi, bahkan dermatitis jika terpapar pada kulit dalam waktu yang lama. Kamu bisa mencegah hal ini terjadi dengan mengetahui tipe kulitmu dan melakukan tes produk pada kulitmu terlebih dahulu. 

Baca Juga: 7 Kesalahan Mencukur Rambut Kemaluan Paling Umum yang Kamu Lakukan

3. Rasa gak nyaman di kulit bisa timbul saat mencukur rambut di tubuh

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair RemovalFreepik/freepik

Rasa tidak nyaman ini berhubungan dengan sistem saraf. Saat mencukur rambut di tubuh, ujung saraf perasa sakit pada kulit yang mengelilingi akar folikel rambut mentransfer sinyal rasa sakit ke otak. Nah, rangsangan ini ditafsirkan berbeda-beda oleh setiap orang. Ada yang merasa sakit, ada yang ditambah dengan gatal, ada juga yang sampai bengkak. Tapi tenang saja, semuanya cuma terjadi sementara, kok.

4. Terlihat sepele, pisau cukur ternyata bisa menginfeksi kulit

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair RemovalFreepik/bearfotos

Penggunaan pisau cukur yang tidak hati-hati dapat melukai kulitmu. Luka yang terlihat sepele itu bisa mengakibatkan infeksi opurtunistik jika tidak diobati dengan baik. Pada dasarnya, bakteri yang menetap di permukaan kulit akan selalu ada walaupun kamu telah mandi. Normalnya, bakteri tersebut tidak menyebabkan masalah jika tetap berada pada permukaan kulit. Masalah berupa penyakit baru akan timbul jika bakteri itu masuk ke dalam tubuh, salah satunya melalui luka.

5. Waxing bisa bikin kulit rusak dan terbakar, lho

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair RemovalFreepik/javi_indy

Lilin yang digunakan untuk waxing didesain untuk bisa merekat pada rambut dan saat ditarik bisa mencabut rambut dari folikel. Jika suhu lilin yang digunakan tidak sesuai, rambut tidak akan tercabut. Tapi, jika suhu lilin terlalu panas maka bisa membuat kulit terbakar dan iritasi. Teknik waxing yang kurang tepat juga bisa membuat lapisan permukaan kulit ikut terangkat bersama rambut.

6. Hati-hati, folikulitis bisa saja menyerangmu!

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair RemovalFreepik/katemangostar

Folikulitis atau radang folikel rambut dapat disebabkan oleh teknik cukur rambut yang tidak tepat sehingga folikel rambut rusak. Folikel tersebut terinfeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus sehingga menyebabkan kulit bengkak kemerahan. Folikulitis biasanya terjadi pada wajah, pangkal paha, dan ketiak.

7. Rambutmu juga bisa menjadi tumbuh ke dalam! Hiiiii

Waspada, 7 Hal yang Bisa Terjadi Saat Memakai Produk Hair RemovalFreepik/nensuria

Kondisi ini disebut dengan ingrown hair, di mana rambut yang telah dicukur tumbuh kembali tanpa menembus permukaan kulit. Rambut tersebut menimbulkan rasa sakit, iritasi, dan benjolan pada kulit. Jika hanya satu-dua rambut mungkin tidak masalah, namun jika sudah banyak dianjurkan untuk diperiksa oleh dokter.

Itulah ketujuh hal buruk yang bisa terjadi saat memakai produk hair removal. Tampil oke memang penting, tapi tetap berhati-hati juga, ya!

Baca Juga: Jangan Asal Cukur, ini Manfaat Rambut di Sekitar Pusar & Kemaluan

Arifa H. Photo Verified Writer Arifa H.

Dreaming with eyes open

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya