Comscore Tracker

Awas! 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Terlalu Banyak Gunakan Skin Care

Meski baik, tapi jika berlebihan akan berbahaya!

Memiliki wajah yang sehat dan cantik, tentunya menjadi harapan dan impian semua perempuan. Untuk mempercantik wajah, menggunakan makeup saja tidak cukup. Seperti halnya tubuh yang membutuhkan vitamin, wajah pun memerlukan nutrisi untuk tetap sehat. Memiliki wajah yang sehat dan terawat pastinya akan membuat kita lebih percaya diri. 

Akan tetapi, seringkali keinginan untuk memiliki kulit yang sehat dan terawat dalam waktu yang singkat menghampiri. Meski, skin care baik bagi kulit kita, tetapi jika kelebihan akan berdampak pada kesehatan kulit.

Nah, berikut adalah 5 tanda yang terjadi pada kulitmu jika terlalu banyak menggunakan produk skin care!

1. Kulit terlalu berminyak

Awas! 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Terlalu Banyak Gunakan Skin Careelemis.com

Salah satu penyebab kulit berminyak adalah menggunakan skin care yang tidak sesuai dengan jenis kulit kita. Selain itu, terdapat beberapa penyebab kulit berminyak seperti terlalu berlebihan terutama dalam mencuci muka dan mengeksfoliasi kulit.

Tujuan dari mencuci muka dan mengesfoliasi adalah menghilangkan kandungan minyak pada wajah. Akan tetapi, jika berlebihan banyak minyak yang hilang dari kulit, tentunya hal ini mengakibatkan kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk kembali membasahi kulit kalian. Nah, hati-hati, ya!

2. Kulit terlalu kering

Awas! 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Terlalu Banyak Gunakan Skin Careprovoke-online.com

Mencuci wajah terlalu sering dan melakukan eksfoliasi berlebih adalah salah satu penyebab kulit terlalu kering. Kandungan senyawa kimia pada produk kecantikan juga bisa menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit, tentunya akan mengakibatkan kulit terlihat semakin kering.

Selain itu, jika kalian memiliki kulit kombinasi atau berminyak, kemudian setelah menggunakan produk skin care kulit kalian menjadi kering, kencang serasa tertarik, maka hentikan pemakaian produk tersebut. Hal ini bisa dikarenakan jika produk skin care yang kalian gunakan terlalu keras untuk kulit kalian.

Baca Juga: Kulit Wajahmu Alami 5 Tanda Ini? Waktunya Ganti Skincare!

3. Berjerawat

Awas! 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Terlalu Banyak Gunakan Skin Carehellomagazine.com

Memiliki kulit berjerawat mengakibatkan adanya rasa kurang percaya diri pada diri kita. Hal ini sering membuat kita memilih cara yang singkat dan mudah untuk menghilangkan jerawat. Bisa dengan mencampur beberapa jenis produk penghilang jerawat atau memakai produk skin care secara berlebih.

Tentunya, hal ini adalah sebuah kekeliruan. Memakai produk penghilang jerawat berlebih akan membuat produk tersebut sifatnya melawan satu sama lain atau kontradiksi. Sehingga membuat jerawat di wajah kalian menjadi semakin parah dan kulit menjadi kering.

4. Gatal dan mengelupas

Awas! 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Terlalu Banyak Gunakan Skin Careubiqihealth.com

Salah satu tanda penggunaan skin care berlebih adalah timbulnya rasa gatal dan pengelupasan pada kulit. Gatal biasanya muncul karena ketidakcocokan kulit kita terhadap bahan atau formula dari produk skin care yang kita gunakan. Begitu juga dengan pengelupasan pada wajah.

Pengelupasan bisa disebabkan karena reaksi alergi atau bisa juga karena efek samping dari kandungan produk skincare yang sedang bekerja. Meski begitu, tidak semua pengelupasan terjadi karena ketidakcocokan dengan produk skincare, bisa saja karena efek samping atau cara kerja dari produk skincare tersebut!

5. Kemerahan dan bruntusan

Awas! 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Terlalu Banyak Gunakan Skin Caredermascope.com

Kulit memiliki tingkat kesensitifan tertentu. Memakai banyak produk dengan kandungan yang berbeda-beda tentunya akan membuat kulit harus melakukan penyesuaian dengan bahan-bahan dari produk tersebut atau terhadap perpaduan bahan-bahan dari produk-produk yang berbeda tersebut.

Hal ini bisa mengakibatkan kulit menjadi kemerahan dan bruntusan. Biasanya kulit sensitif dengan bahan seperti bahan pengawet, pewangi atau acrylate yang ada pada produk kosmetik. Yuk, sebelum membeli cek dulu kandungannya!

Nah, itulah 5 tanda kulitmu terlalu banyak mengonsumsi produk skin care. Selalu hati-hati ya dalam menggunakan produk skin care. Investasi jangka panjang, lho!

Baca Juga: 5 Perawatan Wajah Ini Merusak Kulitmu Jika Terlalu Sering Dilakukan

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You