Comscore Tracker

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami 

Bye-bye bekas jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering muncul. Jerawat bisa menyerang siapapun, baik pria maupun wanita. Memiliki jerawat di wajah tentunya dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Meski sembuh, jerawat seringkali meninggalkan bekas luka, apalagi untuk kalian yang sering menyentuh atau memencet jerawat. Hal ini sangatlah menganggu penampilan dan rasa percaya diri. Berikut adalah 5 tips meninggalkan jerawat secara alami. 

1. Lemon

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami pexels/rawpixel.com

Kandungan asam askorbat yang terdapat dalam buah lemon dijamin ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat kalian loh.

Caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan satu buah lemon, lalu peras, setelahnya oleskan air perasan tersebut pada bekas jerawat kalian. Tunggu 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih. Mudah bukan?

2. Bawang putih

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami pexels/skitterphoto

Bawang putih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami loh. Kandungan yang terdapat pada bawang putih yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat kalian.

Langkahnya, siapkan bawang putih secukupnya lalu haluskan dan oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama dua menit dan bilas dengan air hangat. 

3. Mentimun

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami pexels/pixabay

Vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang terkandung dalam mentimun memiliki manfaat yang tinggi bagi kulit. Magnesium berperan penting dalam pembentukan sel kulit baru.

Menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun sangatlah mudah. Pertama kalian harus menyiapkan mentimun, lalu iris tipis-tipis. Setelahnya letakkan di atas bekas jerawat kalian. Biarkan 30 menit dan bilas dengan air dingin. 

Baca Juga: 6 Benda Ini Bisa Membuat Wajahmu Berjerawat, Wajib Diwaspadai!

4. Lidah buaya

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami loreal-paris.co.uk

Dalam lidah buaya terkandung zat aloesin yang berguna untuk menghambat pembentukan melanin. Melanin dapat mengakibatkan kulit kalian menghitam.

Caranya mudah, ambil daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya. Ambil gel lidah buaya dan haluskan. Oleskan pada bekas jerawat, tunggu 10-15 menit, dan bilas dengan air hangat. 

5. Daun mint

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami pexels/icon0.com

Vitamin A pada daun mint mampu menghilangkan noda bekas jerawat. Vitamin A berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak pada kulit dan menjaganya agar tetap lembut.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan daun mint, siapkan beberapa helai daun mint, remas-remas dan ambil sari-sarinya. Setelahnya oleskan sari daun mint ini pada noda bekas jerawat, diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. 

6. Es batu

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami mashable.com

Es batu ternyata bisa menghilangkan bekas jerawat kalian dengan cepat dan mudah loh! Sifat dingin pada es batu mampu untuk mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kalian.

Caranya, ambil 1-2 es batu, bungkus dengan kain bersih, lalu kompreskan pada bekas jerawat selama 2-3 menit, ulangi beberapa kali. Murah dan mudah bukan?

Nah itulah lima tips mengatasi bekas jerawat secara alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dengan rutin ya! Yuk coba dan buktikan!  

Baca Juga: 10 Rekomendasi Toner Halal MUI untuk Kulit Berminyak & Berjerawat

Armita Dewi Cahyanti Photo Community Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You