Comscore Tracker

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Bye-bye komedo membandel!

Komedo menjadi salah satu masalah wajah yang sering kali muncul. Komedo merupakan salah satu dari jenis jerawat ringan. Penyebab dari komedo sendiri karena adanya sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut.

Ada 2 jenis komedo, hitam dan putih. Adanya komedo di wajah tentunya menganggu penampilan kalian dan tentunya mengurangi rasa percaya diri.

Mengurangi komedo dapat dilakukan dengan beberapa cara, dari yang mahal hingga yang murah dari bahan kimia hingga bahan alami. Nah, berikut adalah 6 tips untuk menghilangkan komedo secara alami.

1. Scrub kopi dan gula

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alamitastemade.com

Selain digunakan sebagai minuman, campuran kopi dan gula bisa dimanfaatkan untuk membersihkan komedo kalian loh. Bahan ini mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah dan menjadikan wajah kalian halus, mulus juga bersih dari komedo.

Caranya mudah banget, kalian siapkan 2sdm kopi campur sedikit air buat seperti adonan pasta. Tambahkan 1sdm gula. Aplikasikan pada wajah kalian. Sebelumnya jangan lupa bersihkan wajah dahulu ya.

2. Lemon

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alamipexels/rawpixel.com

Selain memiliki kandungan vitamin c yang tinggi, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas pada kulit kalian lho. Cara menghilangkan komedo dengan lemon sangatlah mudah, siapkan lemon dan peras. Kemudian oleskan pada area yang berkomedo dan diamkan kira-kira 10 menit. Mudah bukan!

Baca Juga: Putih Telur & Tisu untuk Hilangkan Komedo, Pasti Puas Lihat Hasilnya!

3. Tomat

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alamipexels/Julia

Didalam buat tomat mengandung senyawa antioksidan lycopine yang dapat menangkal radikal diwajah. Selain itu tomat dapat meminimalisir kerusakan kulit kalian akibat paparan sinar matahari. Bermanfaat banget bukan?

Cara menggunakannya cukup mudah haluskan tomat, kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas.

4. Lidah Buaya

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alamiloreal-paris.co.uk

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang memiliki sejuta manfaat untuk perawatan tubuh. Kandungan saponin dan astrigent didalamnya dapat menangkal penyebab jerawat dan komedo pada wajah kalian secara cepat dan aman.

Caranya mudah, ambil daun lidah buaya, ambil gel atau dagingnya, kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah, khususnya wajah yang berkomedo. Lakukan pijatan di area wajah yang berkomedo. Diamkan selama 20-30 menit. Bilaslah dengan air hingga bersih.

5. Putih telur

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alamipexels/pixabay

Putih telur ternyata memiliki manfaat untuk wajah kalian lho. Selain bisa mengenyalkan kulit, putih telur terbukti efektif untuk menghilangkan komedo di wajah. Caranya simpel, siapkan putih telur, kemudian aplikasikan pada wajah kalian secara merata, diamkan hingga kering dan bilas.

6. Kacang kedelai

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alamipexels.com/rawpixel.com

Kacang kedelai memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi yang sangat baik untuk kulit. Kacang ini dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang akan melindungi kulit dari bakteri-bakteri jahat dan juga mencegah penuaan dini.

Penggunaan masker kacang kedelai secara rutin dapat menjadikan wajah kalian cerah, bebas minyak dan komedo lho. Caranya, siapkan kacang kedelai dan rendam selama 5-10 menit. Lalu blender kedelai yang sudah direndam hingga halus, kemudian oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat atau air dingin.

Nah, itulah 6 tips menghilangkan komedo menggunakan bahan alami yang aman dan murah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dengan rutin ya! Yuk, coba dan buktikan!

Baca Juga: 6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami 

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You