Comscore Tracker

Wajib Tahu! 6 Hal yang Harus Dipahami Tentang Sunscreen

Masih banyak yang salah persepsi, nih

Hidup di negara tropis dengan sinar matahari hampir di sepanjang tahun, tentu perlu perlindungan dari sinar UV. Sinar UV dapat menyebabkan sunburn, kerusakan kulit, bahkan disebut sebagai salah satu pemicu kanker kulit.

Meski kini sudah banyak yang paham akan pentingnya sunscreen untuk kulit, nyatanya tak sedikit orang masih salah persepsi terhadap sunscreen. Berikut ulasan singkat mengenai sunscreen yang wajib dipahami, jadi pastikan disimak, ya!

1. Aplikasikan sunscreen 15-20 menit sebelum bepergian

Wajib Tahu! 6 Hal yang Harus Dipahami Tentang Sunscreenwellandgood.com

Sebenarnya sunscreen bisa langsung bekerja sesaat setelah dipakai. Tapi alangkah baiknya, jika dibiarkan menyerap ke dalam kulit sehingga tidak menempel pada pakaian atau hilang karena keringat. Gak mau kan sunscreen terbuang sia-sia?

2. Kinerja sunscreen akan terhenti dalam waktu 2 jam

Wajib Tahu! 6 Hal yang Harus Dipahami Tentang Sunscreenallure.com

Sebagian besar orang merasa cukup dengan mengaplikasikannya sekali pada pagi hari. Padahal, kinerja sunscreen akan menurun sangat drastis dalam jangka dua hingga tiga jam pemakaian. Pastikan untuk re-apply sunscreen secara teratur.

3. SPF dalam makeup tidak cukup lindungi kulit

Wajib Tahu! 6 Hal yang Harus Dipahami Tentang Sunscreenwww.allure.com

Baik pelembap maupun makeup yang mengandung SPF tidaklah cukup melindungi kulit dari sinar UV. Perlindungan yang ditawarkan SPF dalam kosmetik biasanya lebih rendah dibandingkan dengan produk sunscreen. Terlebih lagi, tidak semua produk kosmetik juga melindungi dari sinar UV A.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pemakaian Sunscreen Ini Bisa Menyakiti Kulitmu

4. Jangan tertipu dengan kandungan SPF yang tinggi

Wajib Tahu! 6 Hal yang Harus Dipahami Tentang Sunscreennews.utexas.edu

Tidak sedikit produk sunscreen yang menawarkan kandungan SPF tinggi. SPF atau sun protection factor yang tinggi tidak menjamin untuk memberikan perlindungan yang lebih baik. Biasanya orang memilih menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi agar dapat berada di bawah sinar matahari untuk jangka waktu yang lama. Padahal, sunscreen  ber-SPF 30 saja sudah cukup untuk melindungi dari sinar UV sehari-hari.

5. Awas! UVA mampu menerobos melalui jendela

Wajib Tahu! 6 Hal yang Harus Dipahami Tentang Sunscreenwww.thoughtco.com

Jika sinar UV B akan tertahan oleh jendela, namun tidak dengan sinar UVA. Sinar UVA mampu menembus jendela. Terpapar sinar UV A dapat merusak lapisan kulit tanpa disadari. Penuaan kulit, dark spot, dan hyperpigmentation biasanya disebabkan oleh sinar UV A ini. Itulah sebabnya meskipun di dalam ruangan atau cuaca mendung sekalipun, tetap harus mengaplikasikan sunscreen, ya!

6. Tekstur yang lebih kental tidak menjamin lebih baik

Wajib Tahu! 6 Hal yang Harus Dipahami Tentang Sunscreenunsplash.com/curology

Tidak ada jaminan bahwa semakin kental produk sunscreen akan semakin memberi perlindungan lebih baik. Pilihlah sunscreen yang tidak hanya melindungi tetapi juga memberi nutrisi ke dalam kulit.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dipahami tentang sunscreen. Jangan sampai salah persepsi lagi, ya!

Baca Juga: Cocok untuk Berenang, Ini 5 Rekomendasi Sunscreen dengan SPF 50

Astri Supriyati Photo Community Writer Astri Supriyati

Daydreaming

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You