Comscore Tracker

Gak Baik, 5 Alasan Kamu Harus Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain!

#GirlThing Kamu adalah yang terbaik!

Pengaruh teknologi pada kehidupan sekarang ini tak dapat kita elakan. Semua orang berlomba-lomba untuk membuat hidupnya tampak 'sempurna', apalagi ditambah dengan pengaruh sosial media. Padahal, tak jarang mereka malah sibuk membandingkan diri dengan orang lain sampai kehilangan jati diri.

Banyak efek negatif akibat sering membandingkan diri dengan orang lain. Tuntutan kata 'sempurna' bisa membawa dampak buruk yang nyata untuk hidupmu. Gak percaya? Berikut ini 5 alasan kenapa kamu harus stop membandingkan dirimu dengan orang lain sekarang juga.

1. Karena kamu adalah kamu!

Gak Baik, 5 Alasan Kamu Harus Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain!unsplash.com/Julian Hochgesang

Pada dasarnya, setiap manusia diciptakan unik dan memiliki kelebihan masing-masing. Karena kamu adalah kamu, tak baik kalau kamu malah menjatuhkan diri dengan membandingkannya dengan hidup orang lain. Bukankah kamu sendiri yang menentukan siapa dan bagaimana hidupmu?

2. Membandingkan diri hanya membuatmu jadi rendah diri sampai gak bisa menikmati hidup

Gak Baik, 5 Alasan Kamu Harus Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain!unsplash.com/averie woodard

Rasa tak puas diri bisa membuatmu jadi iri hati dan merasa rendah diri, dan yang paling parah kamu bisa membenci hidupmu. Kamu terus dibayangi rasa takut sampai tak mengenali siapa kamu sesungguhnya.

3. Selalu dipenuhi pikiran negatif sehingga tak punya kesempatan untuk mengembangkan diri

Gak Baik, 5 Alasan Kamu Harus Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain!unsplash.com/ Julia Caesar

Ketika yang lain bisa sibuk mengembangkan kemampuannya, kamu cuma bisa duduk sambil menyalahkan diri sendiri. Perasaan bersalah dan pikiran negatif selalu menghantui sehingga menghalangimu untuk produktif.

4. Padahal kamu sama istimewanya dengan yang lain

Gak Baik, 5 Alasan Kamu Harus Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain!unsplash.com/Léa Dubedout

Girls, setiap pribadi adalah luar biasa, begitu juga dengan dirimu. Kamu juga istimewa dan sama berharganya dengan yang lain kok, jadi belajarlah untuk mencintai dirimu mulai sekarang. Kalau bukan kamu, lalu siapa lagi?

5. Berhasil menerima diri sendiri adalah langkah awal untuk memerdekakan hidupmu

Gak Baik, 5 Alasan Kamu Harus Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain!unsplash.com/ Alexander Shustov

Langkah awal untuk menciptakan gambar diri yang baik adalah dengan menerima diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menjalani hidup lebih nyaman dengan menciptakan 'damai' pada dirimu.

Kalau menurutmu definisi sempurna adalah dengan mengikuti standar hidup orang lain, kamu salah besar. Nyatanya langkah kecil seperti stop membandingkan diri adalah cara paling tepat untuk membuat hidupmu lebih bermakna.

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya