Comscore Tracker

5 Cara Hilangkan Komedo Membandel, Gak Bakalan Balik Lagi

Kulit bebas dari komedo

Komedo pada hidung tentu sangat mengganggu penampilan. Meski dari jauh tak nampak, tapi akan kurang estetik jika dilihat dari dekat. Meskipun sudah ditutupi make up, tetap saja mengurangi rasa percaya diri. 

Untukmu yang sudah lelah melawan komedo, coba beberapa cara di bawah ini ya. Semoga bisa membasmi komedo membandel sampai tuntas.

1. Bersihkan wajah dengan cara biasa gak cukup, gunakan teknik double cleansing supaya bersih sempurna

5 Cara Hilangkan Komedo Membandel, Gak Bakalan Balik Lagilakukan double cleansing (pexels.com/cottonbro)

Membersihkan wajah dengan cara biasa gak mempan untuk membasmi komedo membandel. Lakukan double cleansing supaya wajah bersih secara menyeluruh. Pijat lembut pada bagian hidung atau dagu supaya komedo luruh, lalu bilas dengan air. 

Double cleansing bagus untuk membersihkan sisa make up sampai ke pori-pori. Patut diperhatikan, teknik double clensing bisa membuat kulit kering, jangan lupa aplikasikan pelembap atau toner setelahnya, ya.

2. Lakukan chemical exfoliator untuk hilangkan komedo membandel

5 Cara Hilangkan Komedo Membandel, Gak Bakalan Balik Lagichemical peeling (pexels.com/cottonbro)

Akhir-akhir ini, banyak skincare yang mengeluarkan produk chemical exfoliator. Sederhananya, chemical exfoliator adalah teknik membersihkan pori-pori secara menyeluruh dari dalam. 

Umumnya, chemical exfoliator mengandung AHA/BHA/PHA yang baik untuk masalah kulit seperti jerawat, kerutan, bruntusan dan komedo yang membandel. Penggunaannya tidak bisa dilakukan setiap hari, minimal dua kali seminggu sesuai dengan ketentuan ya. 

Baca Juga: Bingung Atasi Komedo Membandel? 5 Nose Pack Ini Bantu Atasi Masalahmu

3. Hati-hati memilih kosmetik dan pakai produk yang non-comedogenic

5 Cara Hilangkan Komedo Membandel, Gak Bakalan Balik Lagihindari kosmetik yang memancing pertumbuhan komedo (pexels.com/cottonbro)

Faktor komedo bisa disebabkan dari kosmetik yang dipakai. Mungkin selama ini kamu acuh dan membeli berdasarkan tren saja. Padahal, penggunaan skin care atau make up bagi setiap orang tidak sama karena memiliki jenis kulit berbeda.

Sebelum membeli, lihat kandungannya apakah produk tersebut aman dan tidak menyumbat pori-pori. Penggunaan kosmetik non-comedogenic efektif menurunkan penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Sebab itu, pilih kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan kulit, ya.

4. Bersihkan wajah secara rutin. Ganti sarung bantal dan sprei untuk menghindari masalah kulit

5 Cara Hilangkan Komedo Membandel, Gak Bakalan Balik Lagiganti sprei secara berkala (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Ternyata, bantal dan sprei yang jarang diganti adalah sumber masalah bagi wajah. Bayangkan, ada berapa banyak tungau pada tempat tidurmu karena jarang dibersihkan. Sementara kamu asyik tidur bersama ribuan tungau, kulit wajah malah berisiko terkena jerawat, bruntusan dan komedo.

Jika ingin memiliki kulit sehat, bersihkan tempat tidur secara berkala untuk kulit yang paripurna.

5. Gunakan sunscreen untuk memproteksi wajah dari sinar matahari

5 Cara Hilangkan Komedo Membandel, Gak Bakalan Balik Lagigunakan sunscreen (pexels.com/Sora Shimazaki)

Semua produk skin care yang kamu pakai akan sia-sia tanpa penggunaan sunscreen. Iya, sunscreen memang penting, girls! Sinar matahari sangat buruk untuk kulit jika terpapar dalam waktu yang lama.

Pakai sunscreen minimal 15 menit sebelum beraktivitas untuk memproteksi kulit dengan sempurna. Sunscreen akan melindungi wajah, tentunya meminimalisir spot hitam dan masalah kulit lainnya. 

Wajah yang bebas komedo tentu meningkatkan rasa percaya diri. Jika perawatan dilakukan secara konsisten, niscaya, komedo membandel lenyap dan gak akan balik lagi.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Komedo Putih yang Membandel, Bisa Terapi dan Alami!

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya