Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasimu

Ternyata mencatat jadwal menstruasi ada manfaatnya, lho

Semua wanita sehat pasti mengalami siklus menstruasi dalam hidupnya. Kegiatan mencatat siklus haid ternyata punya segudang manfaat lho. Dilansir dari Womenshealthnetwork.com berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan. Apa saja ya?

1. Catatan siklus menstruasimu bisa jadi indikator kesehatanmu secara keseluruhan, lho

5 Alasan Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasimupexels/Pixabay

Ternyata catatan siklus menstruasi bisa mengindikasikan kesehatan tubuhmu secara menyeluruh, lho. Pada dasarnya setiap orang memiliki pola menstruasi yang berbeda, ada yang siklus haidnya teratur dan ada pula yang tidak. Dari sinilah, dokter bisa mengukur tingkat kesehatanmu berdasarkan siklus menstruasimu.

Lalu, apabila suatu hari kamu menyadari bahwa siklus haidmu jauh berbeda dari biasanya, kamu dapat langsung berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

2. Kamu bisa mengetahui kapan masa subur dan tidak suburmu

5 Alasan Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasimupexels/Garon Piceli

Kalau kamu merencanakan program kehamilan, kamu tentu harus mengetahui kapan masa subur dan tidak subur kamu, dong. Begitu pula sebaliknya, apabila kamu sedang tidak merencanakan program tersebut, kamu juga wajib mengetahui masa-masa subur dan tidak subur. Hal ini diperlukan agar kamu bisa punya sedikit kontrol terkait hal yang kamu inginkan di masa depan.

Salah satu cara yang paling akurat agar kamu bisa mengetahui masa subur dan tidak subur adalah dengan mencatat siklus menstruasi bulanan. Catatan tersebut bisa jadi pegangan apabila kamu ingin program kehamilan atau bahkan menunda punya momongan.

3. Kamu bisa memonitor dan belajar mengontrol mood

5 Alasan Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasimupexels/Bruce Mars

Banyak perempuan yang seringkali merasa masa sebelum dan saat sedang menstruasi memengaruhi mood mereka. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh perubahan hormon saat kamu menstruasi. Namun kalau dibiarkan begitu saja, bisa berpengaruh buruk di kehidupanmu, lho. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mulai mencatat siklus menstruasi secara teratur dan berkala.

Hal ini bisa membantumu untuk memonitor dan mempersiapkan perubahan mood yang nantinya akan terjadi. Karena kamu sudah mengetahuinya, maka kamu bisa belajar mengontrol emosi dan mood terlebih dulu. Pasti kamu bakal merasa lebih baik, deh!

4. Sebagai pengingat agar kamu tidak lupa untuk selalu mempersiapkan diri

5 Alasan Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasimupinterest/amazon.com

Saat kamu memiliki catatan siklus menstruasimu, kamu bisa memperkirakan kapan siklus haidmu akan datang di bulan selanjutnya. Hal ini bisa mempermudahmu untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan masa menstruasi tersebut.

Contoh yang paling mudah ialah tampons atau menstrual cup, kamu pasti membutuhkan benda yang satu ini kalau sedang menstruasi. Selain itu, apabila kamu tipe yang merasakan sakit saat sedang menstruasi, kamu bisa berjaga-jaga dengan membawa obat pereda nyeri saat haid. Yakin deh, gak akan ada yang terlupa!

5. Kamu bisa memahami pola unik siklus menstruasi yang kamu miliki

5 Alasan Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasimupexels/bichtran

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan di poin pertama, setiap wanita memiliki pola unik mereka sendiri terkait dengan siklus menstruasinya. Secara garis besar, ada 2 tipe pola siklus menstruasi, yang teratur dan tidak teratur. Rata-rata, siklus menstruasi yang teratur terjadi setiap 28 hari sekali, namun hal ini bisa berbeda bagi setiap orang. 

Jika kamu mengetahui pola unik siklus menstruasi milikmu, secara alami kamu akan merasa punya kendali lebih untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan menstruasi. Terlebih lagi jika polamu merupakan yang tidak teratur, kamu tidak akan merasa terlalu terkejut saat hari menstruasimu datang di bulan selanjutnya.

Nah, itulah kelima alasan mengapa kamu harus mencatat siklus menstruasi kamu setiap bulannya secara teratur. Ternyata hal yang kelihatannya sepele, punya banyak manfaat, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Kamar Mungil buat Pasutri, Tetap Kece Meski Cuma Muat Kasur Aja!

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya