Comscore Tracker

Melembapkan & Menutrisi Rambut, Ini 5 Manfaat Alpukat bagi Rambut

Gak hanya baik untuk tubuh, alpukat juga bagus untuk rambut

Gak hanya baik untuk dikonsumsi tubuh, alpukat ternyata punya beragam manfaat untuk merawat rambut, lho! Apalagi, alpukat memang memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan rambut.

Kamu bisa mencoba buah alpukat sebagai alternatif masker rambut selama di rumah. Nah, di bawah ini beberapa manfaat buah alpukat untuk rambut yang perlu kamu ketahui. Yuk, langsung disimak pembahasannya!

1. Membantu melembapkan rambut

Melembapkan & Menutrisi Rambut, Ini 5 Manfaat Alpukat bagi RambutUnsplash/Elemen5 Digital

Ada banyak hal yang melatarbelakangi rambut menjadi lebih kering dan kasar. Sebut saja debu dan polusi udara, ada di ruangan ber-AC terlalu lama, hingga penggunaan alat-alat hairstyling seperti alat catok atau pengeriting rambut, dan hairdryer.

Alpukat dengan kandungan asam lemaknya, mampu mengembalikan kelembapan alami pada rambut. Kamu bisa menumbuk halus buah alpukat untuk dijadikan sebagai masker rambut.

2. Mendorong pertumbuhan rambut

Melembapkan & Menutrisi Rambut, Ini 5 Manfaat Alpukat bagi Rambutpixabay/melancholiaphotography

Kandungan vitamin B, E, serta biotin pada alpukat mampu mendorong pertumbuhan rambut. Kedua vitamin tersebut bekerja pada tingkat sel untuk memperkuat, melindungi, memperbaiki kerusakan, dan mendorong pertumbuhannya.

Sedangkan biotin, memang punya fungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Antioksidan pada alpukat juga menjaga folikel rambut supaya gak tersumbat. Nantinya memungkinkan nutrisi masuk dan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!

3. Meningkatkan kilau rambut

Melembapkan & Menutrisi Rambut, Ini 5 Manfaat Alpukat bagi RambutPexels.com/Matthias Cooper

Gak ada orang yang suka dengan tampilan rambut kusam. Nah, kombinasi dari asam lemak dan vitamin E yang dikandung oleh buah alpukat ini, rupanya punya fungsi untuk mengembalikan kekuatan, kelembutan, sekaligus kilau rambut yang hilang.

Kamu bisa membuat masker rambut dari alpukat untuk rambut halus nan berkilau. Cukup hancurkan 1 buah alpukat dengan garpu, tambahkan 2-3 sendok teh minyak kelapa. Aduk dan campurkan keduanya, setelah itu masker bisa segera kamu pakai.

4. Melindungi rambut dari kerusakan dan kekeringan

Melembapkan & Menutrisi Rambut, Ini 5 Manfaat Alpukat bagi RambutPixabay.com/jovibingelyte

Kandungan vitamin A, B2, D, dan E, beta-karoten, dan mineral yang terdapat di dalam alpukat juga membantu menutrisi rambut sekaligus kulit kepalamu. Asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat, membantu meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral tadi ke dalam rambut serta kulit kepala.

Hal ini tentunya akan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Rambutmu pun terlindungi dari kerusakan.

5. Merevitalisasi rambut yang rusak

Melembapkan & Menutrisi Rambut, Ini 5 Manfaat Alpukat bagi RambutUnsplash.com/averie woodard

Hampir semua dari kita pasti pernah punya rambut yang indah, berkilau, dan sehat. Namun, aktivitas pada rambut yang kita lakukan (over-styling), polusi udara, hingga cuaca ekstrem bisa mengganggu kesehatan dan keindahan rambut kita.

Solusinya, kamu bisa mencoba menggunakan alpukat untuk merevitalisasi rambut yang rusak. Pasalnya, alpukat kaya akan asam lemak omega-3 dan asam amino esensial.

Kandungan tersebut bisa melapisi batang rambut serta membantu mempertahankan kelembapan sekaligus tekstur rambut. Minyak alami dalam alpukat juga dapat menghidrasi rambut dalam jangka waktu lama. Kalau kamu rutin menggunakan masker rambut alpukat, pasti rambutmu bakal kembali sehat, deh!

Itu tadi manfaat alpukat untuk rambut. Yang perlu diingat sebelum mengaplikasikan alpukat sebagai masker rambut adalah, kamu perlu memastikan bahwa kamu gak punya alergi terhadap buah ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambut, Ampuh Atasi Ketombe dan Kerontokan

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya