Comscore Tracker

5 Manfaat Eksfoliasi Wajah, Menjaga Kesehatan & Kecantikan Kulit

Melakukan eksfoliasi wajah secara berkala itu penting, lho

Tren perawatan kulit atau skincare yang semakin beragam membuat banyak orang berlomba-lomba menerapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Terlebih lagi kulit wajah yang paling sering terpapar debu, polusi, makeup, hingga sinar ultraviolet.

Nah, salah satu treatment yang banyak dianjurkan oleh pakar kesehatan dan kecantikan kulit wajah ialah eksfoliasi wajah. Eksfoliasi yang merupakan proses pengelupasan sel-sel kulit mati ini rupanya penting untuk dilakukan secara berkala karena punya beberapa manfaat. Berikut di bawah ini ulasannya, yuk langsung disimak!

1. Membuka sumbatan pada pori-pori wajah

5 Manfaat Eksfoliasi Wajah, Menjaga Kesehatan & Kecantikan KulitPexels.com/Andrea Piacquadio

Selama beraktivitas, tak bisa dihindari kalau wajah kita pasti akan terpapar oleh debu-debu halus yang tidak terlihat. Belum lagi untuk jenis kulit yang cenderung berminyak, hal ini menyebabkan adanya penumpukan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori wajah kamu.

Saat melakukan eksfoliasi wajah, bukan hanya sel-sel kulit mati di wajahmu saja yang akan terangkat, melainkan juga kotoran akibat debu atau sisa-sisa makeup yang tidak dapat terbilas bersih hanya dengan mencuci muka. Secara tidak langsung, eksfoliasi membantu membersihkan pori-pori wajahmu dari sumbatan kotoran.

2. Mencegah gejala timbulnya jerawat

5 Manfaat Eksfoliasi Wajah, Menjaga Kesehatan & Kecantikan Kulitunsplash.com/AudreyJackson

Penyebab munculnya jerawat bisa disebabkan karena alergi, hormon, produk makeup/skincare yang tidak cocok, hingga kebersihan wajah yang kurang terjaga. Eksfoliasi berperan penting untuk membersihkan wajahmu secara menyeluruh, karena sel-sel kulit mati tidak bisa tersapu bersih hanya dengan mencuci muka saja.

Jika malas melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menumpuk itu nantinya bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.

3. Memperbaiki tekstur dan meratakan warna kulit wajah

5 Manfaat Eksfoliasi Wajah, Menjaga Kesehatan & Kecantikan KulitIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Apabila kamu sering terpapar matahari, pasti selalu ada bagian wajahmu yang cenderung lebih gelap atau lebih terang dibanding bagian lainnya. Belum lagi luka bekas jerawat yang seringkali membuat tekstur wajahmu tak mulus.

Eksfoliasi bekerja dengan membuang sel-sel kulit mati pada wajah, tentunya hal ini mendukung pertumbuhan sel kulit wajah baru yang sehat. Jika rajin melakukan eksfoliasi wajah secara berkala, kulit wajahmu akan berubah dari kasar dan kusam, menjadi lebih lembut dan bercahaya.

Baca Juga: 7 Jenis Jerawat di Wajah dan Penyebabnya yang Paling Umum

4. Memperlambat proses penuaan pada kulit

5 Manfaat Eksfoliasi Wajah, Menjaga Kesehatan & Kecantikan KulitPexels/Shiny Diamond/Shiny Diamond

Saat usiamu bertambah, kamu akan merasakan kulit wajahmu perlahan-lahan menjadi lebih kasar. Hal ini disebabkan adanya penumpukan sel kulit mati pada wajah yang terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Kalau dibiarkan saja, maka kulit wajahmu bisa terlihat lebih menua dibanding dengan yang seharusnya. Eksfoliasi wajah penting untuk dilakukan, karena bisa mempertahankan pancaran alami pada kulit, serta menjaga kulit wajahmu tetap sehat. Selain itu, eksfoliasi juga berfungsi untuk menyamarkan kerutan.

5. Membantu produk skincare lainnya agar meresap lebih baik ke dalam kulit wajah

5 Manfaat Eksfoliasi Wajah, Menjaga Kesehatan & Kecantikan KulitPexels/Andrea Piacquadio

Selesai melakukan eksfoliasi, pori-pori wajahmu pasti terbebas dari penyumbatan. Sel-sel kulit mati pada wajahmu pun otomatis tersapu bersih. Di saat kondisi wajahmu yang demikianlah, produk skincare lainnya akan lebih baik untuk meresap ke dalam kulit.

Ketika produk skincare yang kaya akan nutrisi seperti serum dan moisturizer bisa meresap ke dalam kulit tanpa dihalangi oleh sel kulit mati atau pori-pori tersumbat, maka produk-produk tersebut akan bekerja secara lebih efektif untuk memberikan hasil yang optimal bagi kulit wajahmu.

Nah, itulah kelima manfaat dari mengeksfoliasi wajah secara berkala. Untuk jenis kulit berminyak, kamu dianjurkan mengeksfoliasi wajah sebanyak 3-4 kali seminggu. Sedangkan untuk kulit normal hingga kering, cukup lakukan 1-2 kali saja setiap minggunya.

Perlu diingat bahwa eksfoliasi wajah yang berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi kering hingga iritasi, jadi lakukan secukupnya saja ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kesalahan saat Eksfoliasi Wajah yang Berpotensi Bikin Kulit Iritasi

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya