Comscore Tracker

6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi Eksim

Ternyata manfaat shea butter ada banyak ya!

Shea butter merupakan lemak alami yang diekstrak langsung dari kacang pohon shea yang tumbuh di Afrika. Teksturnya yang kental nan pekat, serta kaya akan nutrisi, membuat shea butter banyak dijadikan sebagai produk kecantikan dan perawatan kulit.

Selain itu, shea butter juga dipercaya tidak akan menimbulkan reaksi alergi dan cocok untuk semua jenis kulit. Maka dari itu, produk ini dianggap aman untuk digunakan oleh siapa saja. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat shea butter bagi kulit, yuk langsung disimak ulasannya!

1. Melembapkan dan melindungi dari sinar ultraviolet

6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi EksimIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Dengan kandungan lemak alaminya, shea butter dapat mengikat kelembapan pada permukaan kulit dan menghidrasi kulit dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka nggak heran kalau shea butter bisa membuat kulitmu lebih lembut dan sehat.

Selain itu, shea butter juga mengandung SPF alami yang bisa membuatnya sebagai tabir surya agar kulitmu nggak kena sunburn saat beraktivitas di luar.

2. Mencegah jerawat

6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi Eksimunsplash.com/Audreyjackson

Shea butter kaya akan berbagai jenis asam lemak esensial yang bisa membantu mengurangi kadar sebum atau minyak berlebih pada wajah. Pada saat yang sama, shea butter bisa mengembalikan dan mempertahankan kelembapan alami wajah sehingga kulitmu nggak akan berubah menjadi kering.

Kondisi kulit wajah yang seimbang, alias yang tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak bisa membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Mengurangi stretch marks

6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi Eksimmedicalnewstoday.com

Melansir dari Alodokter, kandungan vitamin A dan E pada shea butter dapat mengembalikan elastisitas kulit, sehingga bisa mengurangi stretch marks. Selain itu, shea butter yang mendorong pertumbuhan regenerasi sel kulit baru yang sehat juga bisa membantu mengurangi pertumbuhan keloid.

Baca Juga: Rahasia Perawatan Wanita Spanyol, Mulai dari Olive Oil hingga Sea Salt

4. Mengatasi luka bakar ringan & mempercepat penyembuhan luka

6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi Eksimpixabay/Shutterbug75

Seperti dilansir laman Healthline, shea butter yang bersifat anti radang bagi kulit mengandung asam lemak yang dapat mengurangi kemerahan dan bengkak yang diakibatkan oleh luka bakar ringan seperti sunburn.

Komponen asam lemak tersebut juga dapat menenangkan kondisi kulit yang terluka dengan cara mempertahankan kelembapan kulit selama masa penyembuhan.

5. Sebagai anti radang pada kulit & meringankan eksim, dermatitis, serta psoriasis

6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi Eksimpixaby.com/kjerstin_Michaela

Shea butter yang sudah terkenal dengan fungsi anti radangnya ini juga ternyata bisa membantu meringankan eksim, dermatitis, dan psoriasis. Dengan komponen asam lemaknya yang memberi ketenangan pada kulit, shea butter pun bisa mengurangi rasa gatal-gatal.

Selain itu, shea butter juga cepat meresap ke dalam kulit sehingga bisa diandalkan untuk membantu meringankan gejala eksim yang tiba-tiba muncul.

6. Mencegah penuaan dini pada kulit

6 Manfaat Shea Butter bagi Kulit, Melembapkan hingga Bantu Atasi Eksimpexels/@olly

Shea butter memiliki kandungan triterpen yang rupanya bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Di samping itu, kandungan antioksidan, vitamin A dan E, serta fungsi melembapkan dari shea butter juga membantu proses regenerasi kulit baru yang lebih sehat.

Oleh karena itu pemakaian shea butter secara rutin dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Hasilnya, bisa membuat kulitmu tetap awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Demikianlah, keenam fungsi dari shea butter bagi kulit yang perlu kamu ketahui. Meskipun dianggap aman dan tidak akan menimbulkan alergi, kalau setelah pemakaian ternyata kulitmu menunjukkan reaksi tidak cocok, lebih baik hentikan pemakaian atau konsultasikan langsung ke dokter kulit ya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit Sehat

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya