Comscore Tracker

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaik

Sosok bidadari idaman keluarga

Ketika lahir, berbeda dengan pria, wanita telah secara alami memiliki fisiologi sebagai calon ibu, karena memiliki rahim. Semua wanita memang bisa menjadi ibu, tapi tidak semuanya bisa menjadi ibu yang baik dan efektif. Meskipun begitu, sebenarnya potensi karakteristik ibu yang baik itu sudah ada dalam diri setiap wanita. Hanya saja kadang karakteristik ini belum “bangkit”. Berdasarkan riset IDN Times dari berbagai sumber, tujuh karakteristik inilah yang membuat seorang wanita jadi calon ibu terbaik!

1. Punya kesadaran diri yang baik

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaikelitedaily.com

Hal utama yang perlu dimiliki seorang wanita sebagai calon ibu yang baik adalah mengenal dirinya sebaik mungkin. Seorang wanita perlu sadar betul kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Hanya dengan begitu ia bisa memanfaatkannya dan memperbaikinya secara efektif.

2. Memiliki intuisi yang kuat

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaikvoxspace.in

Seorang calon ibu yang baik adalah seorang wanita yang mampu mengikuti intuisinya dan mendengarkan kata hatinya. Alaminya wanita terlahir sebagai ibu di masa depan, karenanya mereka semestinya memiliki insting sendiri tentang apa yang harus dilakukan kepada anaknya, untuk bertumbuh dengan baik. Meskipun banyak informasi di internet tentang cara merawat anak, tidak semuanya bisa dipertanggungjawabkan, sehingga di sinilah intuisi sangat berperan.

3. Seorang pendengar yang baik

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaikcdhp.org

Ibu yang baik itu mendengarkan anak-anaknya dan mengetahui tentang kehidupan mereka, termasuk sahabat-sahabat anaknya. Mengenal kehidupan anak itu perlu meluangkan waktu untuk mendengar semua keseruan dan keluh kesah kehidupan mereka. Jika seorang wanita bukan pendengar yang baik, hubungan ibu-anak yang nanti dimilikinya bisa jadi renggang.

4. Mampu bertindak kolaboratif

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaikfindjasonbrown.com

Banyak yang bilang bahwa seorang ibu rumah tangga itu serba bisa mengatur segala hal. Namun seorang ibu rumah tangga yang baik itu tidak mengurusi segala halnya tanpa terkecuali sendirian. Ibu yang mampu membagi beban kerja rumahannya dengan ayah dan anak-anaknya diketahui adalah ibu yang paling efektif. Berkolaborasi dalam tanggung jawab akan membuat anggota keluargamu makin akrab satu sama lain.

5. Lebih banyak menganjurkan daripada menyediakan

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaikhellodoktor.com

Ibu yang baik adalah yang mendewasakan anak-anaknya sedini mungkin, memberikan pilihan-pilihan dan diskusi agar mereka bisa terlatih bertanggung jawab. Selain itu, ia juga akan memberikan masukan dan anjuran ketika diburuhkan, bukan selalu menyediakan yang dituntut oleh anggota keluarga. Ini akan menimbulkan toleransi yang baik di antara anggota keluarga, bukan tabiat manja yang harus dituruti ini dan itunya.

6. Memiliki rasa simpati dan empati yang besar

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaiknutritionnews.abbott

Banyak orang percaya bahwa wanita lebih sensitif daripada pria. Meskipun tidak selalu, tapi penelitian membuktikan bahwa mayoritas memang benar. Karenanya calon ibu yang baik perlu bisa mendahulukan kepentingan orang-orang tercintanya sampai kadang harus mengesampingkan keinginannya sendiri. Misalnya saat hamil/menyusui harus makan dan minum yang bergizi demi anaknya, sehingga harus menghindari makanan kurang bergizi yang disukainya. Sikap ini akan terus terasah selama memiliki anak.

7. Menjadikan ibu terbaik dan paling efektif sebagai salah satu tujuan prioritas hidupnya

7 Karakteristik Ini Membuat Seorang Wanita Jadi Calon Ibu yang Terbaikdepts.washington.edu

Sayangnya ketika diberi anak, seorang wanita tidak akan diberikan buku panduan mengasuh juga. Seorang ibu “terlahir” untuk mulanya menemukan sendiri apa cara terbaik yang bisa dilakukan, karena setiap anak perlu perlakuan yang berbeda-beda. Jadi ketika kamu menetapkan “ibu terbaik” sebagai tujuanmu, kamu akan berbuat yang terbaik untuk tujuan itu.

Tidak semua wanita bisa menjadi ibu yang baik, tapi itu sangat bisa dipelajari. Karena pada dasarnya, secara alami, seorang wanita sudah memiliki potensi besar itu dalam diri mereka masing-masing. Inilah yang membedakan wanita dan pria. Kamu yang wanita perlu bangga, karena kamu memiliki hal-hal spesial ini dan pantas menjadi ibu yang baik.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Tania

Just For You