Comscore Tracker

5 Suka Duka Wanita Muslimah yang Haid di Bulan Ramadan, Setuju Gak?

#RamadhanMasaKini Emang ada suka, tapi ada dukanya juga lho

Kedatangan tamu merah di bulan Ramadan memang keistimewaan tersendiri bagi setiap wanita. Kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa jadi gugur dan kita dapat kesempatan untuk makan dan minum seperti hari lain di luar bulan Ramadan.

Biasanya, ada aja yang merasa iri dengan keistimewaan kita satu ini karena melihat betapa enaknya kita yang gak ikut berpuasa. 

Tapi jangan salah lho. Gak cuma ada enaknya, haid atau datang bulan di bulan Ramadan juga banyak dukanya. Pasti kamu juga sering merasa seperti ini, kan girls? 

1. Sukanya, dapat izin untuk gak berpuasa selama beberapa hari

5 Suka Duka Wanita Muslimah yang Haid di Bulan Ramadan, Setuju Gak?unsplash/AHMAD AZWAN AZMAN

Sementara yang lain sedang menahan haus dan lapar, wanita haid memang dilarang untuk ikut melaksanakan ibadah puasa. Istilah lainnya sih, lagi dapat izin untuk "bolos" puasa selama haid berlangsung. Siapa sih yang gak senang dapat keistimewaan begini kan? Harus banyak bersyukur lho.

2. Dukanya, harus mengganti puasa di bulan lain yang sebenarnya terasa lebih berat dibanding puasa Ramadan

5 Suka Duka Wanita Muslimah yang Haid di Bulan Ramadan, Setuju Gak?unsplash/Ifrah Akhtir

Yang suka iri sama kaum hawa yang dapat kesempatan untuk gak berpuasa selama haid adalah para cowok. Tapi, mereka gak peduli dengan fakta bahwa puasa itu hukumnya tetap wajib sehingga harus tetap diganti di bulan lain selain Ramadan. Nah, itu tuh yang cukup berat.

Jika saat Ramadan semua orang berpuasa sehingga terasa lebih ringan, maka di luar bulan Ramadan kita berpuasa sendiri dan orang lain tetap makan dan minum dengan santainya. Duh, kadang terasa berat banget ya gak sih?

Baca Juga: Perbanyak 7 Salat Malam Ini di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan

3. Juga, gak banyak warung makan yang buka di siang hari. Alhasil jadi susah nyari makan

5 Suka Duka Wanita Muslimah yang Haid di Bulan Ramadan, Setuju Gak?unsplash/Suad Kamardeen

Buat anak kos nih khususnya, haid di bulan Ramadan juga cukup susah untuk mencari warung makan yang buka di siang hari. Hasilnya, jadi susah nyari makan dan bisa-bisa baru makan setelah sore. Tetep aja kan berasa kayak puasa kalau begini?

4. Mau makan di luar pun gak enak dan sungkan, jadi harus dibungkus dan bawa pulang

5 Suka Duka Wanita Muslimah yang Haid di Bulan Ramadan, Setuju Gak?unsplash/Ghiffar Ridhwan

Bagi yang menghormati saudaranya yang sedang berpuasa, biasanya paling gak enak nih makan dan minum di tempat umum. Meskipun sebenarnya semua orang mungkin akan biasa aja dan merasa maklum dengan kita, tapi tetep aja perasaan kita yang sungkan banget kalau makan di luar.

5. Ditambah lagi, kesempatan untuk beribadah jadi terasa berkurang meskipun sebenarnya masih bisa mendapat pahala dengan cara lain

5 Suka Duka Wanita Muslimah yang Haid di Bulan Ramadan, Setuju Gak?unsplash/Muhammad Haikal Sjukri

Gak semua wanita merasa bahagia ketika haid di bulan Ramadan lho. Banyak juga yang merasa kehilangan kesempatan untuk panen pahala di bulan yang mulia ini.

Meskipun masih banyak cara lain untuk tetap meraih berkah Ramadan meski sedang haid, tapi rasanya tentu berbeda dengan jika kita bisa berpuasa, salat, mengaji, dan lainnya.

Poin berapa nih yang paling mengena di hatimu, girls? Tetap semangat mencari pahala Ramadan meski sedang kedatangan tamu merah ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya