Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Pakai Makeup Matte vs. Dewy yang Wajib Kamu Tahu!

Kamu tim matte atau dewy nih, girls?

Perkembangan zaman yang kian cepat, membawa kita pada kemajuan dalam berbagai hal. Tidak terkecuali dalam bidang kecantikan terutama penggunaan makeup. Makeup sendiri merupakan hal wajib bagi sebagian wanita di era millennial ini.

Untuk hasil akhirnya, makeup menawarkan dua pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Matte yaitu hasil akhir yang terkesan tanpa kilap, dan dewy yang akan membuat seolah kulitmu basah dan sehat.

Tapi jangan sembarangan. Sebelum memutuskan menggunakan makeup jenis apa, kamu juga perlu memikirkan beberapa hal di bawah ini, girls.

1. Matte lebih direkomendasikan untuk kulit wajah berminyak

5 Tips Cerdas Pakai Makeup Matte vs. Dewy yang Wajib Kamu Tahu!pexels.com/Pixabay

Hasil akhir matte yang tanpa kilap sangat disarankan bagi wanita dengan kulit wajah berminyak. Makeup jenis ini akan menahan produksi minyak di wajahmu sehingga riasanmu pun akan stay lebih lama. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam makeup untuk hasil akhir matte juga biasanya sudah disesuaikan dengan pemilik wajah yang rentan berjerawat, sehingga kamu gak akan terkena dampak yang tidak diinginkan setelah penggunaan makeup nantinya.

2. Jika kulit wajahmu kering, maka hasil akhir dewy cocok banget buat kamu

5 Tips Cerdas Pakai Makeup Matte vs. Dewy yang Wajib Kamu Tahu!pexels.com/Ambar Simpang

Lain jenis kulit, lain pula produk makeupnya. Untuk wajah yang kering, hasil akhir dewy lah yang paling cocok buatmu. Karena, kulit wajah mu memerlukan lebih banyak minyak, dan perlu dibuat seolah basah dan sehat. Jika si pemilik kulit kering memaksakan untuk menggunakan produk matte, maka dikhawatirkan kulit wajahmu akan iritasi dan serasa ditarik. Duh, gak pengen kan?

3. Jika kulit wajahmu bertekstur, seperti misalnya ada bruntusan, dianjurkan menggunakan yang matte

5 Tips Cerdas Pakai Makeup Matte vs. Dewy yang Wajib Kamu Tahu!pexels.com/Pixabay

Gak semua kulit wajah wanita mulus seperti porcelain. Kamu gak perlu khawatir, menggunakan makeup jika memang ingin, tidak masalah kok. Kamu hanya perlu menjauhi produk-produk yang menawarkan hasil akhir dewy. Karena, look yang basah dan glowing akan membuat tekstur kulitmu semakin jelas. Makanya, hasil akhir matte lebih cocok di kamu.

Baca Juga: Tampilkan Pesonamu, Ini 5 Tips Makeup untuk Cewek Berpipi Chubby

4. Acara malam hari atau dalam ruangan lebih cocok untuk tampilan makeup dewy, dijamin kamu akan terlihat glamor

5 Tips Cerdas Pakai Makeup Matte vs. Dewy yang Wajib Kamu Tahu!all4women.co.za

Jika ingin menggunakan makeup dewy, maka acara dalam ruangan atau malam hari lebih cocok dan direkomendasikan. Kenapa? Karena pada saat ini, kamu gak akan berkeringat berlebih dan lighting yang ada juga lebih mendukung. Gak mau kan gara-gara makeup dewy yang kamu gunakan di luar ruangan membuatmu terlihat seperti baru keluar dari penggorengan karena terlihat basah dan berminyak?

5. Kamu tetap bisa menggunakan foundation matte, dan tambahkan highlighter di akhir sentuhan untuk tampilan dewy

5 Tips Cerdas Pakai Makeup Matte vs. Dewy yang Wajib Kamu Tahu!morethanglam.com

Jika kamu tetap penasaran dengan hasil akhir dewy sementara kulitmu berminyak, gak usah bingung girls. Ada cara ampuh untuk mengakalinya. Yaitu tetap dengan menggunakan complexion yang matte, tapi tambahkan highlighter secukupnya di bagian wajah yang menonjol seperti tulang pipi, hidung, dahu, dan lainnya. Tapi tetap jangan terlalu berlebihan ya, soalnya wajahmu sudah memproduksi minyak sendiri yang akan membuat makeupmu lama-lama terlihat dewy.

Jadi, kamu sudah memutuskan mau tampilan makeup apa hari ini? Dewy atau matte?

Baca Juga: Gampangnya! 10 Tips Makeup Mata Ini Bikin Cowok Terpesona Kerlinganmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya