Comscore Tracker

Kenapa Beberapa Brand Kosmetik Klaim Produknya Bebas Ujicoba Hewan?

Kamu sendiri peduli pada klaim ini gak?

Bagi pengguna makeup dan skincare, pasti sudah gak awam dong dengan label "no animal tested" yang biasany tercantum di kemasan kosmetikmu? Tapi, pernah gak sih kamu memikirkan lebih jauh, kenapa ada produk yang mencantumkan label tersebut, dan ada juga yang gak?

Meski terlihat sederhana dan mungkin tidak menarik bagi sebagian orang, sebenarnya ada alasan khusus untuk hal tersebut yang perlu kamu tahu, girls.

1. Bahwa tidak ada hewan yang disakiti dalam proses pembuatan produk tersebut

Kenapa Beberapa Brand Kosmetik Klaim Produknya Bebas Ujicoba Hewan?unsplash/Manuel Meza

Label "no animal tested" mengandung makna bahwa tidak ada hewan yang dilibatkan dan disakiti dalam proses pembuatan produk kosmetik tersebut. Jika kamu tahu soal tikus percobaan, nah, kosmetik yang menggunakan label satu ini dipastikan aman dari pengujian produknya menggunakan hewan.

2. Banyaknya organisasi pencinta lingkungan yang tidak menyetujui adanya ujicoba pada hewan

Kenapa Beberapa Brand Kosmetik Klaim Produknya Bebas Ujicoba Hewan?unsplash/Austin Distel

Organisasi pencinta lingkungan sangat mengecam keras penggunaan hewan sebagai bahan uji laboratorium. Jumlah organisasi seperti ini jumlahnya sangat banyak, lho. Makanya, tidak menguji produk kosmetik pada hewan dan mencantumkan label "no animal tested" tentu akan membuat produk tersebut lebih bisa diterima di masyarakat luas.

3. Ujicoba pada hewan juga memiliki hasil yg tidak 100% sama dengan manusia

Kenapa Beberapa Brand Kosmetik Klaim Produknya Bebas Ujicoba Hewan?unsplash/Diana Kardreva

Tidak hanya akan menyakiti hewan, melakukan uji coba terhadap binatang juga akan memberikan hasil yang tidak 100 persen sama dengan apabila produk tersebut digunakan oleh manusia. Jadi, percobaan terhadap manusia pada akhirnya tentu tetap harus dilakukan. Alhasil, percobaan itu hanya membuat binatang percobaan menjadi tersiksa dan bahkan mungkin mati akibat percobaan itu.

Baca Juga: Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!

4. Tidak ada jaminan bahwa manusia akan aman menggunakannya

Kenapa Beberapa Brand Kosmetik Klaim Produknya Bebas Ujicoba Hewan?unsplash/Christin Hume

Karena ketidaksamaan antara gen hewan dan manusia, tentu tidak ada jaminan bahwa produk yang aman dicoba pada hewan akan aman pula digunakan oleh manusia. Bahkan, jika berkaitan dengan skincare dan kosmetik, antara satu manusia dan manusia lain aja hasilnya bisa berbeda-beda. Apalagi jika dicoba pada hewan.

Kamu sendiri menganggap label semacam ini penting gak sih, gengs?

Baca Juga: Apa Itu Kosmetik dan Skincare Halal?

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You