Comscore Tracker

Selain Hormon, Ini 5 Alasan Kenapa Cewek Lebih Moody Dibanding Cowok

Baperan banget sih, jadinya mood suka turun naik deh

Moody merupakan kondisi dimana seseorang bisa tiba-tiba senang, namun sedetik kemudian dia terlihat murung atau malah marah-marah gak jelas. Sebenarnya bukan tanpa alasan. Mood yang turun naik bisa banget karena pengaruh lingkungan sekitar lho. Ajaibnya, hal ini hanya sering terjadi pada kaum hawa, sementara untuk pria, kayaknya jarang banget tuh yang namanya moody.

Banyak yang beralasan hal ini karena pengaruh hormon. Apalagi bagi cewek yang sedang PMS, sudah bisa dimaklumi deh kalau dia lagi moody. Tapi bukan cuma itu aja penyebabnya lho. Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan cewek sering banget moody.

1. Karena cewek memikirkan segala hal dengan cara yang rumit

Selain Hormon, Ini 5 Alasan Kenapa Cewek Lebih Moody Dibanding CowokPexels/Ambar Simpang

Cewek itu makhluk yang rumit. Mereka ingin dimengerti tapi tidak memberikan pengertian, mereka ingin dipahami, tapi gak pengen ngomong maunya apa. Duh, ribet gak sih? Bukan cuma kelakuannya yang kadang bikin masalah jadi rumit, lho. Pola pikirnya pun rumit sekali. Bahkan, mereka sendiri kadang susah untuk menjelaskan apa yang dirasakan dan dipikirkannya. Hayo, kompleks banget kan jadinya? Makanya, jangan salahin cewek kalau mereka sering moody. Mereka aja bingung kok apa yang salah.

2. Cewek terlalu sering melibatkan perasaan pada apapun yang dia lakukan

Selain Hormon, Ini 5 Alasan Kenapa Cewek Lebih Moody Dibanding CowokPexels/Karyme Franca

Alasan selanjutnya adalah karena cewek adalah makhluk yang amat sangat mudah baper. Setegar apapun, atau sekuat apapun cewek mengatur perasaannya, kadang tanpa sadar mereka mulai melibatkan perasaan pada pekerjaannya. Gak cuma soal pekerjaan aja, untuk urusan persahabatan apalagi percintaannya, cewek melibatkan terlalu banyak perasaan sehingga mood mereka mudah terpengaruhi jika ada kejadian tidak menyenangkan seputar kehidupannya ini. Miris ya, tapi mau gimana lagi?

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Agar Seorang Cewek Jauh dari Kesan Jorok

3. Cewek itu gampang banget terbawa suasana

Selain Hormon, Ini 5 Alasan Kenapa Cewek Lebih Moody Dibanding Cowokpexels.com/Ambar Simpang

Kelemahan cewek yang terbesar adalah mereka gampang terbawa suasana. Bukan cuma yang nyata terjadi, bahkan yang terjadi di film pun bisa mempengaruhi suasana hatinya. Sebagai contoh, bagi cewek-cewek pencinta K-drama, pernah gak kamu pengen nangis dan gloomy seharian gara-gara pemeran utama cowok dan ceweknya lagi bertengkar? Atau kamu bahagia sepanjang hari gara-gara barusan liat happy ending? Ngaku aja deh.

4. Ingatan cewek itu tajam banget, makanya suka tiba-tiba ingat sesuatu, jadi moody deh

Selain Hormon, Ini 5 Alasan Kenapa Cewek Lebih Moody Dibanding CowokPexels/Ambar Simpang

Cewek juga suka bermasalah dengan masa lalu. Parahnya, kejadian masa lalu yang bahkan sudah diselesaikan dengan baik-baik pun bisa mempengaruhi mood seorang cewek di masa sekarangnya lho. Susah ditebak memang, ingatan masa lalu itu bisa tiba-tiba datang menyerang dan mempengaruhi suasana hati seorang cewek. 

5. Cewek juga gampang berharap, gara-gara harapan yang terlalu tinggi, dia bisa kecewa sendiri

Selain Hormon, Ini 5 Alasan Kenapa Cewek Lebih Moody Dibanding CowokPexels/Tess Emily Seymour

Alasan moody yang terakhir yaitu soal berharap. Urusan "berharap" ini gak se-simple yang dipikirkan para kaum Adam. Para wanita, ketika mengharapkan sesuatu, terkadang suka berlebihan. Pada akhirnya, hal ini merugikan wanita itu sendiri.

Misal, ketika cowoknya ngajak ketemuan, dan si cewek sudah berharap bakal dikasih surprise, eh ternyata cuma ketemuan biasa dan ngobrol santai. Alhasil, si cewek bakal kecewa dan moodnya bakal berubah dari yang awalnya bahagia jadi sedih bukan main.

Bukan cuma berharap pada orang lain, menggantungkan harapan pada suatu kejadian juga bisa bikin moody lho, hati-hati ya.

Mood memang masalah perasaan. Kita tidak bisa mengontrol perasaan kita, tapi paling tidak setelah mengetahui alasan-alasan tadi kamu jadi tau kenapa kamu gampang banget moody. Dengan begitu, kamu bisa menghindari atau menguranginya sehingga mood mu juga jadi lebih stabil. Semoga bermanfaat ladies.

Baca Juga: Mendekati Ideal, 8 Sikap Cewek yang Kerap Bikin Cowok Kagum

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You