Comscore Tracker

IWD 2020: Nitchii Menyuarakan Isu Perempuan Lewat Karya Ilustrasi

#IWD2020 Perempuan juga punya kesempatan untuk sukses

Memeringati International Women's Day yang jatuh di bulan Maret, IDN Times menggelar acara dengan tema #EachForEqual. Diselenggarakan di kantor IDN Media Creative Lab Surabaya pada 7 Maret 2020, acara ini menghadirkan Tri Rismaharini selaku walikota Surabaya dan lebih dari 20 pembicara wanita inspiratif di berbagai bidang yang akan menceritakan perjuangan masing-masing dalam mewujudkan #EachForEqual.

Salah satu pembicara yang hadir adalah Nita Darsono yang berprofesi sebagai ilustrator. Melalui karyanya, ia banyak mengangkat isu kesetaraan gender.

1. Berkomunikasi lewat karya ilustrasi, angkat isu kesetaraan gender dan penyandang disabilitas

IWD 2020: Nitchii Menyuarakan Isu Perempuan Lewat Karya IlustrasiIDN Times/Dewa Putu Ardita

Nita Darsono telah menelurkan banyak karya ilustrasi yang menceritakan kejadian yang terjadi di sekitarnya. Baginya, ilustrasi adalah media mengomunikasikan berbagai macam hal yang dia dengar atau lihat secara langsung.

"Ada banyak media untuk mengkomunikasikan beragam peristiwa di sekitar kita. Bagi saya, ilustrasi adalah media yang saya manfaatkan untuk menyuarakan apa yang saya lihat dan rasakan", ungkapnya.

Ada beragam tema yang dirinya angkat menjadi karya ilustrasi. Isu kesetaraan gender dan penyandang disabilitas adalah dua dari beberapa topik yang dituangkan dalam karya ilustrasi. "Akhir-akhir ini saya sangat fokus pada kesetaraan gender. Bukan hanya kesetaraan gender tetapi juga tentang kesetaraan kelas dan penyandang disabilitas", jelasnya.

Baca Juga: IWD 2020: Dulu, Arumi Bachsin Tak Pernah Melihat Sisi Dunia yang Lain

2. Hidup sebagai perempuan tidaklah mudah, tapi janganlah berputus asa

IWD 2020: Nitchii Menyuarakan Isu Perempuan Lewat Karya IlustrasiIDN Times/Indra Zakharia

Menjalani kehidupan sebagai perempuan memang tidak mudah. Hal tersebut diakui pula oleh Nitchii, sapaan akrab Nita Darsono. Menurutnya, kesempatan yang didapat oleh perempuan dalam berkarya lebih sedikit jika dibandingkan dengan laki-laki.

"Secara kemampuan perempuan dapat setara dengan laki-laki. Tetapi, kesempatan yang diberikan yang jadi pembeda", tuturnya. Meski begitu, Nitchii berharap hal semacam itu tak serta-merta mengendurkan semangat perempuan dalam berkarya. Sebab, perempuan juga punya kesempatan sukses dengan caranya masing-masing dan memberi nilai positif kepada masyarakat luas.

3. Perempuan hebat disokong oleh rekan-rekan yang suportif

IWD 2020: Nitchii Menyuarakan Isu Perempuan Lewat Karya IlustrasiIDN Times/Indra Zakharia

Di akhir sesi diskusi, Nitchii juga menjelaskan mengenai hal yang dapat menjadikan perempuan terpacu menggapai kesuksesan. Menurutnya, perempuan sukses adalah mereka yang juga mendapat dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Dukungan ini tak hanya didapat dari sesama perempuan tetapi juga oleh laki-laki. 

"Di balik perempuan yang sukses ada orang-orang yang suportif mendukung. Tak hanya perempuan tetapi juga dari laki-laki. Mereka, khususnya laki-laki, dapat memberi kesempatan perempuan untuk bisa sukses dan termotivasi menyebarkan hal positif kepada orang di sekitarnya," pungkasnya. 

Baca Juga: IWD 2020: 6 Pembicara di Sesi Literasi IWD 2020 by IDN Times

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya