Comscore Tracker

Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulit

Harus diperhatikan secara baik-baik biar kulit tetap mulus

Tidak bisa dipungkiri bahwa perawatan kulit sebaiknya dilakukan sejak dini. Tahapan perawatan paling ideal bisa dimulai ketika umur remaja, karena di saat seperti itu terjadi pula masa pubertas yang biasanya memengaruhi produksi hormon hingga menyebabkan perubahan pada kondisi kulit wajah. 

Namun merawat kulit remaja itu gak bisa sembarangan lho, kamu harus memastikan apa tipe kulit yang dimiliki oleh kalian agar tidak bermasalah di kemudian hari. Nah, berikut ini ada 5 tips merawat kulit remaja sesuai tipe kulit yang perlu diketahui!

1. Kulit sensitif

Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulitspathucuc.vn

Pemilik kulit sensitif umumnya memiliki lapisan sel kulit luar yang tipis dan mudah mengalami kemerahan karena pengaruh lingkungan dan tubuh. Kulit sensitif memiliki tingkat produksi minyak alami yang sedikit dan kadar air yang minim, sehingga penting untuk bisa memilih rangkaian produk hidrasi. Agar tidak terjadi alergi atau kemerahan pada kulit, gunakan produk-produk yang bebas parfum dan alkohol ya girls.

2. Kulit kering

Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulitgoodspaguide.co.uk

Kulit kering memiliki kebutuhan yang hampir mirip dengan kulit sensitif, perbedaannya adalah kulit kering bisa lebih mudah menerima berbagai produk baik dengan pewangi atau pun tidak. Namun untuk kandungan alkohol kulit kering tetap tidak bisa menerimanya, kulit kering akan berubah menjadi semakin kering dan bisa mengelupas saat dipaksa menerima produk dengan kandungan alkohol di dalamnya.

3. Kulit normal

Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulittumblr.com

Kamu yang tidak memiliki masalah dengan kulit sensitif, kering dan lainnya, berarti kulit kalian termasuk tipe normal. Kulit normal hanya membutuhkan perawatan rutin dasar seperti pembersih. Jika kamu ingin mencoba pelembap maka gunakan yang tingkat kelembapannya tidak terlalu memberi ekstra hidrasi, agar tidak mengubah keadaan kulit menjadi berminyak dan berjerawat. 

Baca Juga: 5 Tips Dasar Skincare Pria untuk Pemula, Semakin Tampan Maksimal!

4. Kulit berminyak

Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulitthecampussocialite.com

Karena produksi minyak terlalu berlebihan pada tipe kulit oily atau berminyak, maka tindakan yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan produk yang mengandung formula 'non-komedogenik' yang memiliki sifat anti bakteri. Sehingga kamu gak perlu khawatir tentang kemunculan jerawat yang tidak terkontrol. 

5. Kulit kombinasi

Biar Gak Bermasalah, Ini 5 Tips Merawat Kulit Remaja Sesuai Tipe Kulitrd.com

Jika kamu punya kulit kombinasi maka skincare routine yang harus dimiliki adalah produk bebas minyak. Gunakan pula blotting paper untuk menghilangi minyak pada T-Zone yang umumnya menjadi penyebab beruntusan hingga jerawat membandel. 

Pemakaian produk perawatan kulit bagi remaja harus dipilih secara cermat dan hati-hati. Agar tidak bermasalah, pastikan kamu memberi perawatan sesuai dengan tipe kulit yang dimiliki ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk Cowok

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya