Comscore Tracker

5 Perawatan untuk Mengatasi Siku Kering, Jadi Makin Percaya Diri Deh!

Jangan sering mandi air hangat dan rutin lakukan eksfoliasi 

Kondisi siku kering kerap kali membuat kita tak percaya diri. Meskipun terlihat sederhana namun siku memegang peran penting dalam totalitas penampilan. Pentingnya merawat siku kering harus dilakukan sejak dini sebelum bertambah parah.

Mudah dilakukan dan gak memakan banyak biaya, berikut ini lima perawatan tepat untuk mengatasi siku kering guys!

1. Hindari mandi menggunakan air hangat

5 Perawatan untuk Mengatasi Siku Kering, Jadi Makin Percaya Diri Deh!pexels.com/@thatguycraig000

Suhu hangat juga bisa memberi dampak buruk bagi kulit khususnya yang tipe yang kering, di antara lain ialah kehilangan kelembapan alami dan kulit mengelupas. Kalau kamu benar-benar ingin menggunakan air hangat jangan terlalu lama saat mandi. 

2. Mencari tahu penyebabnya

5 Perawatan untuk Mengatasi Siku Kering, Jadi Makin Percaya Diri Deh!pexels.com/@bruna-clem

Kondisi siku kering dapat semakin parah saat kamu membiarkannya terus terjadi tanpa mencari tahu apa penyebab itu semua. Biasanya penggunaan produk yang salah bisa menjadi alasan kenapa kulit siku bisa sangat kering. Formula yang tidak sesuai dengan tipe kulit dapat menimbulkan reaksi iritasi dan kulit terasa perih saking keringnya.

Baca Juga: Cegah Kulit Kering, Ini 5 Rekomendasi Body Lotion dengan Shea Butter

3. Eksfoliasi kulit siku juga perlu dilakukan lho

5 Perawatan untuk Mengatasi Siku Kering, Jadi Makin Percaya Diri Deh!pexels.com/@didsss

Bukan cuma wajah saja yang butuh di eksfoliasi tapi bagian siku pun perlu. Kamu dapat membuat scrub alami dari gula dan madu, gosok secara perlahan dengan gerakan memutar. Lakukan rutinitas ini minimal seminggu sekali dan hindari melakukannya terlalu sering. Eksfoliasi akan membantu kulit kering terangkat dan meregenerasinya dengan lapisan yang baru.

4. Gunakan kulit pisang sebagai pelembab alami

5 Perawatan untuk Mengatasi Siku Kering, Jadi Makin Percaya Diri Deh!pexels.com/@pixabay

Manfaat dari kulit pisang memang tak bisa disepelekan. Kamu bisa menggunakannya sebagai bahan pelembab alami dengan cara menggosokkan kulit pisang ke siku. Praktekkan dengan gerakan memutar seperti saat mengaplikasikan scrub. Kandungan vitamin C yang tinggi menjadi penyembuh kulit kering karena memberi nutrisi dan kelembapan maksimal pada kulit. 

5. Aplikasikan teknik 'deep conditioning'

5 Perawatan untuk Mengatasi Siku Kering, Jadi Makin Percaya Diri Deh!pexels.com/@pixabay

Deep conditioning adalah sebuah teknik melembapkan secara mendalam. Bagaimana caranya? Gunakan petroleum jelly yang dioleskan ke siku kering kemudian balut dengan handuk lembap. Diamkan selama semalaman agar dapat memberi kelembapan ekstra serta memperbaiki tekstur kulit kering yang kasar. Kamu juga dapat menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak argan.

Melakukan perawatan sederhana untuk siku kering bisa membuat penampilanmu jadi semakin percaya diri. Kini gak perlu malu lagi deh untuk bebas pakai baju lengan pendek sekali pun!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Kering di Musim Panas, Sudah Tahu?

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You