Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Bola Kegel, Bantu Kencangkan Vagina Secara Alami

Cara pakainya gimana, ya?

Kesehatan organ intim sangat penting untuk diperhatikan, baik pria maupun wanita. Untuk kaum hawa, kesehatan otot vagina sama pentingnya dengan menjaga kebersihan organ intim. Pertambahan usia, aktivitas seks dan proses persalinan bisa menurunkan elastisitas otot vagina.

Cara terpopuler untuk mengencangkan otot vagina adalah dengan melakukan senam kegel. Senam ini bisa dilakukan secara manual atau dengan bantuan alat bola kegel. Bola ini dimasukkan ke dalam vagina sebagai pemberat. Penasaran dengan cara kerja dan fungsi lengkapnya? Yuk, simak!

1. Bola kegel juga dikenal sebagai jiggle ball dan Ben Wa ball

5 Fakta Menarik Bola Kegel, Bantu Kencangkan Vagina Secara Alamialibaba.com

Penamaan bola kegel diambil dari fungsinya yang membantu proses latihan otot saat melakukan senam kegel. Alat kesehatan berbentuk bola ini punya dua varian utama, rangkaian yang terdiri dari dua bola dan satu bola.

Bola kegel juga dikenal sebagai Ben Wa ball, alat kesehatan dari budaya Tiongkok kuno yang digunakan untuk mengencangkan otot panggul. Bahan bakunya silikon, sehingga lentur dan mudah dimasukkan ke dalam vagina.

Baca Juga: Fakta Post Holiday Blues, Bikin Produktivitas Makin Turun Usai Liburan

2. Khusus digunakan untuk senam kegel pada wanita

5 Fakta Menarik Bola Kegel, Bantu Kencangkan Vagina Secara Alamiparenting.firstcry.com

Senam kegel sejatinya bisa dilakukan oleh pria dan wanita, bertujuan untuk mengencangkan otot panggul serta otot sekitar organ intim. Namun, bola kegel hanya bisa digunakan pada wanita.

Selain untuk kepuasan seksual, rutin melakukan senam kegel juga berfungsi menjaga kesehatan saluran urin. Otot organ intim yang mengendur bisa berimbas pada inkontinensia urin atau buang air kecil yang gak tuntas.

3. Berfungsi sebagai pemberat saat latihan otot

5 Fakta Menarik Bola Kegel, Bantu Kencangkan Vagina Secara Alamistandardmedia.co.ke

Rutin melakukan senam kegel bagi wanita akan membantu mengencangkan otot vagina. Keuntungannya banyak lho, salah satunya adalah meningkatkan kualitas hubungan seksual dengan pasangan.

Bola kegel ini berfungsi sebagai pemberat, sama seperti peran barbel pada latihan otot tangan. Adanya pemberat akan membantu melatih kekuatan otot. Bola kegel pun tersedia dalam beberapa ukuran berat, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Vagina dengan otot yang kencang akan lebih erat mencengkeram penis yang masuk ke dalamnya. Gak cuma menguntungkan pasangan, wanita juga jadi lebih mudah mendapat orgasme karena rangsangan makin intens.

4. Pernah menonton film 'Fifty Shades of Grey'? Bola kegel ikut nampang dalam film, lho!

5 Fakta Menarik Bola Kegel, Bantu Kencangkan Vagina Secara Alamidnaindia.com

Karena manfaatnya yang menggiurkan, bola kegel sampai ikut nampang dalam salah satu film box office, lho!

Dalam film 'Fifty Shades of Grey', si tokoh utama yaitu Christian Grey memberikan bola kegel pada kekasihnya yang bernama Ana Steel pada satu adegan. Film ini memang banyak menampilkan adegan dewasa.

Melihat jalan cerita fim tersebut, manfaat bola kegel makin tergambar jelas. Rutin menggunakannya bisa membantu mengencangkan otot organ intim wanita secara alami.

5. Cara menggunakan dan merawat bola kegel

5 Fakta Menarik Bola Kegel, Bantu Kencangkan Vagina Secara Alamird.com

Berfungsi sebagai pemberat, kamu pasti penasaran bagaimana cara menggunakan bola kegel? Yup, bola kegel memang dimasukkan ke dalam liang vagina. Bagian seperti tali pendek di ujung bola kegel berfungsi untuk menariknya keluar setelah penggunaan.

Bola kegel diposisikan tepat pada liang vagina, namun gak perlu didorong masuk terlalu jauh. Biarkan salah satu sisi bola tetap berada di sekitar ujung luar liang vagina. Sampai sini paham cara memasukkannya, kan?

Nah, kamu hanya perlu menahan supaya bola tersebut gak jatuh ke bawah. Bisa digunakan sambil duduk, berdiri, atau berjalan kaki sekali pun. Gerakan otot mencengkeram bola tersebut termasuk dalam latihan senam kegel.

Penting untuk diperhatikan, bola kegel harus dirawat dengan baik agar gak membahayakan vagina, yaitu dengan langsung dibersihkan menggunakan cairan antiseptik dan air hangat setelah digunakan. Sebelum menggunakannya kembali, pastikan juga bola kegel dalam keadaan bersih.

 

Tertarik menggunakan bola kegel untuk kesehatan vaginamu?

Baca Juga: 6 Warna Urine Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

Topic:

  • Elfida

Just For You