Comscore Tracker

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Mudah, Pakai Kalender!

Coba hitung masa suburmu yuk!

Bagi kaum hawa, mengetahui kapan masa subur tiba adalah hal yang penting. Gak cuma mendukung program kehamilan, mengetahui masa subur banyak manfaatnya bagi wanita yang sudah aktif secara seksual.

Perhitungan masa subur juga bisa digunakan sebagai program KB alami, meminimalisir potensi kehamilan tanpa mengurangi sensasi yang terjadi saat berhubungan seksual.

Gak perlu mengunduh aplikasi khusus, kamu bisa lho menghitung sendiri masa subur hanya bermodalkan kalendar. Mau coba? Berikut IDN Times kasih tahu cara menghitung masa subur wanita yang paling mudah, mau tahu seperti apa langkahnya?

1. Masa subur itu apa sih?

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Mudah, Pakai Kalender!medicaldaily.com

Sebelum menghitung, kamu harus mengetahui dengan benar apa itu masa subur. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang normalnya terjadi sebulan sekali. Di antara tiap siklus, ada beberapa hari yang disebut sebagai masa subur.

Pada masa subur inilah potensi terjadinya kehamilan sangat tinggi. Momen di mana sel telur baru saja selesai diproduksi dan siap dibuahi oleh sperma. Prosesnya disebut sebagai ovulasi.

2. Kenalan sama ovulasi, momen di mana wanita berada pada titik paling subur

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Mudah, Pakai Kalender!doc.ro

Di dalam organ kewanitaan terdapat ovarium yang bertugas memproduksi sel telur. Setelah matang, sel telur ini akan dilepaskan menuju saluran bernama tuba falopi. Rangkaian proses ini yang disebut sebagai ovulasi.

Di saluran inilah sel telur akan bertemu sperma saat terjadi hubungan seksual. Selanjutnya terjadi pembuahan yang menyebabkan kehamilan.

Ovulasi ini hanya terjadi maksimal 48 jam saja untuk satu sel telur. Sementara ovarium seorang wanita bisa memproduksi 15-20 sel telur dalam satu siklus. Karena waktu pematangan tiap sel berbeda-beda, total masa ovulasi bisa mencapai enam hari atau bahkan lebih.

Banyak yang mengatakan masa subur ada pada hari ke-14 setelah menstruasi terakhir. Padahal, masa subur tiap wanita itu berbeda lho tergantung keteraturan siklus menstruasinya.

3. Catat siklus menstruasimu selama delapan bulan terakhir

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Mudah, Pakai Kalender!Pixabay/kaboompics

Untuk mendapatkan hasil perhitungan yang cukup akurat, kamu harus punya siklus menstruasi teratur minimal delapan bulan terakhir. Siklus menstruasi dikatakan teratur jika selalu berada dalam rentang 21-35 hari.

Misal bulan Oktober kamu selesai menstruasi pada tanggal 15, siklus bulan depan akan dimulai pada tanggal 6-19 November. Selama jaraknya berada di kisaran 21-35 hari, siklus menstruasimu bisa dikategorikan teratur.

Selanjutnya tentukan jarak siklus terpendek dan terpanjang. Jarak siklus yang paling mendekati 21 hari disebut sebagai siklus terpendek, sementara jarak yang paling dekat dengan angka 35 disebut siklus terpanjang.

Baca Juga: Girls, 5 Mitos tentang Menstruasi yang Ternyata Salah Lho

4. Coba hitung dengan rumus di bawah ini

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Mudah, Pakai Kalender!brad.erva-doce.info

Setelah mengetahui berapa siklus terpendek dan terpanjang, hitung masa subur dengan rumus berikut:

-          Siklus terpendek – 18 hari = awal masa subur

-          Siklus terpanjang – 11 hari = akhir masa subur

Ambil contoh Ani memiliki siklus terpendek selama 28 hari, sementara siklus terpanjang 31 hari. maka perhitungannya sebagai berikut:

-          Awal masa subur = (28 – 18) hari

           = 10 hari setelah menstruasi terakhir

-          Akhir masa subur = (31 – 11) hari

           = 20 hari setelah menstruasi terakhir

Dari hasil perhitungan di atas, masa subur Ani berada di hari ke-10 sampai hari ke-20 setelah menstruasinya berakhir. Dalam rentang 10 hari itu, potensi kehamilan Ani relatif tinggi dibanding hari lainnya.

5. Selain lewat hitungan, masa subur juga menunjukkan tanda-tanda lain

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Mudah, Pakai Kalender!avawomen.com

Selain lewat perhitungan, kamu juga bisa memgamati tanda-tanda lain yang muncul saat ovulasi terjadi. Tanda paling umum adalah munculnya lendir bening dan licin di sekitar liang vagina.

Tanda lainnya adalah peningkatan suhu tubuh di pagi hari. Coba amati, ada waktu tertentu di mana kamu merasa tubuhmu lebih hangat dibanding biasanya saat bangun tidur.

Rasa lebih bersemangat juga merupakan sinyal alami dari tubuh yang dipicu oleh hormon. Saat ovulasi sedang terjadi, atau kamu berada dalam masa subur, mood biasanya jadi lebih baik sehingga kamu merasa bergairah.

Gimana? Cukup mudah sekali bukan cara menghitung masa subur wanita dengan pakai kalender. Tentunya tips atau cara ini gampang untuk kamu ikuti. Yuk, cobain hitung sendiri masa suburmu!

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Diterapkan Jika Merasa Tak Nyaman Saat Menstruasi

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You