Comscore Tracker

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih Aktif

Ada rektor kampusmu gak?

Di Indonesia, rektor atau pimpinan universitas kebanyakan dijabat oleh laki-laki. Terpilihnya dua rektor perempuan baru-baru ini, menjadi hal yang menarik untuk diamati. Ternyata, ada sembilan rektor perempuan di Indonesia lho! Yuk, berkenalan dengan sembilan perempuan inspiratif ini!

1. Badia Perizade

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih Aktifunsri.ac.id

Pada periode 2011-2015, Prof. Dr. Hj Badia Perizade, MBA kembali terpilih sebagai Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) melanjutkan jabatan sebelumnya. Badia adalah Dekan Fakultas Ekonomi Unsri sebelum terpilih menduduki kursi rektor.

2. Tian Belawati

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih Aktifsumberdaya.ristekdikti.go.id

Memulai kariernya di Universitas Terbuka sejak tahun 1985, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., diangkat menjadi rektor untuk periode 2013-2017. Profesor kelahiran Sukabumi ini adalah alumni Institut Pertanian Bogor.

3. Dwikorita Karnawati

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih AktifInstagram.com/dwikoritakarnawati

Sosok rektor perempuan yang satu ini, pasti gak asing bagi masyarakat Indonesia. Dwikorita Karnawati saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pada tahun 2014, Dwikorita diangkat menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia menggantikan posisi Prof. Pratikno yang terpilih sebagai Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Kerja.

4. Ellen Joan Kumaat

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih AktifInstagram.com/ellenkumaat

Universitas Sam Ratulangi Manado patut berbangga pada sosok Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA. Ellen menjabat posisi rektor sejak tahun 2014, di kampus tempatnya meraih gelar Sarjana Teknik 30 tahun silam.

5. Dwia Aries Tina Pulubuhu

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih AktifHumas Pemprov Sulsel

Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, adalah rektor perempuan pertama di Universitas Hasanuddin (Unhas). Hingga saat ini, Prof. Dwia sudah menjabat Rektor Unhas selama dua periode, yakni dari 2014 hingga 2022 nanti.

Baca Juga: 6 Temuan Menarik Indeks Kecakapan Bahasa Inggris, Perempuan lebih Jago

6. Rina Indiastuti

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih AktifIDN Times/Debbie Sutrisno

Universitas Padjajaran Bandung baru saja melantik rektor baru pada 6 Oktober 2019 lalu. Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., terpilih sebagai Rektor Unpad untuk periode 2019-2024.

7. Amany Lubis

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih Aktifuinjkt.ac.id

Di awal tahun 2019, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta juga melantik rektor baru seorang perempuan. Prof. Dr. Amany Burhanudin Umar Lubis, Lc. MA., terpilih sebagai rektor untuk periode 2019-2023.

8. Risa Santoso

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih AktifInstagram.com/santosorisa

Kabar dilantiknya Risa Santoso sebagai Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang pada awal November 2019 lalu, sempat bikin heboh warganet. Risa Santoso, B.A., M.Ed. dilantik menjadi rektor di usianya yang baru menginjak 27 tahun. Risa sekaligus menjadi rektor termuda dalam sejarah perguruan tinggi di Indonesia.

9. Reini Wirahadikusumah

Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia, Enam di Antaranya Masih Aktif(Rektor ITB periode 2020-2025 Reini Wirahadikusumah) Dokumentasi Humas ITB

Berselang enam hari setelah dilantiknya Risa Santoso, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mencuri perhatian publik lewat rektor barunya. Untuk pertama kali dalam sejarah, ITB dipimpin oleh seorang rektor perempuan.

Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D., terpilih menduduki kursi Rektor ITB untuk periode 2019-2024. Sidang penetapan Reini dihadiri oleh Mendikbud baru lho, yaitu Nadiem Anwar Makarim.

Sembilan sosok inspiratif di atas, membuktikan bahwa perempuan juga punya kesempatan untuk mengisi kursi tertinggi dalam suatu lembaga. Semangatnya patut dicontoh, nih! Mereka selalu menginspirasi para perempuan di luar sana untuk gigih berkarya.

Baca Juga: 5 Cara Edukasi Ampuh Supaya Anak Laki-Laki Menghormati Perempuan

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Febriyanti Revitasari

Just For You