Comscore Tracker

Inspirasi Busana Siraman dan Midodareni Canti Tachril, Pakai Adat Jawa

#IDNTimesLife Tampil ayu dengan sanggul besar dan paes

Makin dekat dengan hari pernikahannya, Canti Tachril, calon istri Adipati Dolken, menggelar prosesi pernikahan adat Jawa di kediamannya. Mulai dari pengajian, siraman, hingga malam midodareni yang juga dihadiri Adipati Dolken.

Di momen siraman dan midodareni, Canti tampil ayu mengenakan kebaya adat Jawa. Yuk, simak inspirasi busana siraman dan midodareni Canti Tachril yang anggun!

1. Canti mengenakan abaya lilac di momen pengajian

Inspirasi Busana Siraman dan Midodareni Canti Tachril, Pakai Adat JawaInstagram.com/rtachril

Sebelum menggelar siraman, Canti Tachril terlebih dahulu melangsungkan pengajian pranikah. Calon istri Adipati ini tampil anggun dan santun dibalut abaya warna lilac, corak busana yang lagi ngetren di tahun 2020.

Veil berbahan lace dengan corak senada, dijadikan penutup kepala. Sementara rambut Canti digelung rapi.

2. Berjalan menuju lokasi siraman, Canti mengenakan kain jumputan dan kebaya hitam

Inspirasi Busana Siraman dan Midodareni Canti Tachril, Pakai Adat JawaInstagram.com/rtachril

Prosesi siraman adat Jawa diawali dengan sungkeman kepada orangtua dan beberapa saudara yang lebih tua. Di momen ini, Canti sudah mengenakan kain jumputan untuk kostum siraman.

Kebaya hitam dengan potongan kerah sabrina dijadikan luaran. Motif brokatnya terlihat rapat di bagian atas sehingga bisa menutup dada.

Baca Juga: Calon Istri Adipati Dolken, 10 Pesona Canti Tachril Anak Konglomerat 

3. Kain bercorak cerah memancarkan pesona Canti di momen siraman

Inspirasi Busana Siraman dan Midodareni Canti Tachril, Pakai Adat JawaInstagram.com/yayukpaes

Kain jumputan banyak dipilih untuk momen siraman. Canti memilih corak cerah, yaitu pink terang, selaras dengan wajahnya yang berbinar menuju hari bahagia.

Roncean melati dipasang sebagai penutup tubuh bagian atas, serta dirangkai menjadi bando untuk hiasan kepala. Rambut indah Canti dibiarkan tergerai.

4. Kebaya merah berdesain simpel untuk momen midodareni

Inspirasi Busana Siraman dan Midodareni Canti Tachril, Pakai Adat JawaInstagram.com/iwansuwoyo

Sesuai adat Jawa, kedua mempelai melangsungkan prosesi midodareni sebelum menikah. Biasanya dilakukan di malam terakhir melajang, namun bisa juga digelar beberapa hari sebelumnya.

Di momen ini, Canti mengenakan kebaya merah panjang dengan desain simpel. Gak terlalu banyak payet atau taburan manik-manik yang berkilau.

5. Sanggul adat Jawa dan paes bikin Canti tampak ayu

Inspirasi Busana Siraman dan Midodareni Canti Tachril, Pakai Adat JawaInstagram.com/dewihenna

Saat prosesi midodareni, calon mempelai pria datang ke rumah calon istri untuk memberikan seserahan. Di momen ini, kedua calon mempelai gak diperbolehkan bertemu.

Meski gak bisa menemui calon suami, calon mempelai wanita biasanya tetap berdandan mengenakan kebaya dan jarit. Wajahnya pun dirias, rambut disanggul, dan bagian dahinya sudah diberi paes seperti yang dikenakan Canti.

Itu tadi inspirasi busana adat Jawa untuk prosesi siraman hingga midodareni ala Canti Tachril. Aura ayu yang natural khas wanita Jawa terpancar jelas, ya dari wajah Canti?

Baca Juga: Anak Konglomerat! 10 Pesona Canti Tachril, Calon Istri Adipati Dolken

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya