Comscore Tracker

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!

#IDNTimesLife Kerutan dan kulit kering jadi masalah utama

Merawat kulit wajah adalah salah satu bentuk investasi penting untuk hari tua nanti. Memastikan kulit ternutrisi dengan baik, bisa membuatnya tetap tampak cerah meski usia gak lagi muda.

Buat wanita berusia kepala empat, berikut ini tujuh tips perawatan wajah untuk perempuan usia 40 tahun ke atas yang menarik dicoba biar kondisi kulit wajah tetap prima. Yuk, simak!

1. Jaga kesehatan skin barrier

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan. Salah satunya adalah skin barrier yang berfungsi sebagai pelindung. Menjaga kesehatan skin barrier sangat penting karena bagian ini bakal melindungi kulit dari debu, asap, zat polutan, hingga paparan sinar UV.

Ada beberapa hal yang bisa merusak skin barrier, di antaranya adalah paparan sinar matahari, pola hidup gak sehat, dan kulit kering. Nah, kulit kering adalah salah satu tanda penuaan. Jadi, selalu perhatikan kesehatan skin barrier, ya!

2. Menjaga kelembapan kulit itu wajib hukumnya!

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!pexels.com/Andrea Piacquadio

Rendahnya kelembapan kulit, membuatnya jadi kering dan tampak kusam. Kondisi itu bisa mempercepat penuaan, mulai dari munculnya garis halus hingga kerutan.

Jadi, menjaga kelembapan kulit itu wajib hukumnya! Apalagi buat wanita yang sudah menginjak usia 40 tahun, kulit wajah butuh nutrisi dan perawatan yang tepat.

Pilih produk pelembap yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan ekstrak bahan alami seperti teh hijau dan apel. Selalu gunakan pelembap minimal dua kali sehari, ya!

3. Pastikan kulit terhidrasi dengan baik

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Selain rendahnya kelembapan, kulit yang gak terhidrasi dengan baik juga akan tampak kering dan kusam. Hidrasi kulit bisa dilakukan dari luar dan dalam.

Untuk perawatan luar, gunakan skincare yang sifatnya menghidrasi. Misalnya, mengandung hyaluronic acid di dalamnya.

Nah, perawatan dari dalam gak kalah penting. Caranya dengan memastikan asupan air putih tercukupi, pola makan seimbang, dan memperhatikan kualitas tidur.

4. Jangan lewatkan sunscreen dalam tahapan skincare!

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!Pexels.com/Sora Shimazaki

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah makin rentan mengalami kerusakan. Fungsi lapisan pelindung kulit pun menurun dibandingkan saat berusia muda. Ini alasannya kenapa kamu wajib menggunakan sunscreen setiap hari.

Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar UV dari paparan sinar matahari ini bisa memicu reaksi radikal bebas di lapisan kulit dalam, sehingga membuatnya kering, kusam, bahkan muncul bintik hitam.

Baca Juga: 5 Efek Samping Pakai Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah 

5. Tanda penuaan dimulai dari bawah mata. Karenanya, perhatikan area ini, ya!

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dari seluruh bagian wajah, tanda penuaan biasanya muncul pertama kali pada bagian mata. Garis halus dan kerutan akan muncul di bagian bawah mata, gak jarang diikuti dengan warna kulit yang menggelap.

Pilih krim atau produk perawatan area mata yang tepat. Gunakan dua kali sehari secara rajin karena produk perawatan mata biasanya baru menunjukkan hasil setelah pemakaian rutin selama minimal dua minggu.

6. Cermat memilih produk skincare bertajuk anti aging

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!pexels.com/Polina Tankilevitch

Kini, ada banyak produk skincare bertajuk anti aging yang beredar di pasaran. Nah, kamu harus cermat memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan kulit.

Di usia 40 tahun ke atas, masalah yang dihadapi kulit wajah bisa beragam. Ada yang rentan berjerawat, kandungan minyak berlebih, kering, hingga sensitif. Jangan asal tergiur dengan tajuk anti aging, tapi perhatikan kandungan dan fungsi dari produk tersebut.

Untuk usia 40 tahun ke atas, sebaiknya pilih skincare yang punya fungsi hidrasi dan melembapkan dengan kadar tinggi. Produk yang mengandung kolagen dan hyaluronic acid juga penting untuk menjaga kekencangan serta elatisitas kulit.

7. Pilih skincare yang mengandung retinol

7 Tips Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas, Wajib Jaga Kelembapan!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Selain produk dengan fungsi antioksidan, skincare yang mengandung retinol juga banyak diminati untuk usia 40 tahun ke atas. Retinol adalah vitamin A yang larut dalam lemak.

Senyawa ini punya peran penting dalam kesehatan kulit, mulai dari merangsang produksi kolagen untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, hingga mengatasi hiperpigmentasi penyebab bintik hitam dan kulit kusam.

Nah, itu tadi tujuh tips perawatan kulit wajah usia 40 tahun ke atas yang wajib dicoba. Pasti ingin tetap terlihat cerah berseri meski usia gak muda lagi, kan?

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Melati untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Obati Jerawat!

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya