Comscore Tracker

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!

Menuju 2019 yang lebih sehat nih

Bagi sebagian besar cewek, punya tubuh ideal dengan perut six pack rasanya cuma mimpi. Menjaga mood rajin berolahraga saja sudah susah, apalagi kalau harus ditambah latihan berat pembentukan otot perut.

Ini nih anggapan salah kaprah yang harus dibenahi sedini mungkin. Perut six pack gak bisa didapat lewat latihan fisik saja lho. Harus diimbangi dengan pengaturan pola makan dan asupan gizi.

Simak delapan tips atau cara membuat perut six pack dengan cepat dan bisa kamu ikuti di bawah ini, biar resolusi punya perut six pack di tahun 2019 bisa tercapai.

1. Pilih sarapan kaya serat

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!unsplash.com/Pablo Merchan Montes

Wajib awali harimu dengan sarapan sehat kalau ingin sukses mendapat perut six pack. Pilih sarapan tinggi serat seperti oatmeal dengan topping buah, nasi merah atau roti gandum ditambah sedikit selai.

Tubuh mencerna makanan tinggi serat lebih lama ketimbang karbohidrat sederhana seperti nasi putih. Hasilnya rasa kenyangmu pun akan bertahan lebih lama, meminimalisir keinginan ngemil di antara jam sarapan dan makan siang.

2. Cermat memilih sumber karbohidrat

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!pixabay/cgdsro

Apa saja sumber karbohidrat yang kamu ketahui sejauh ini? Gak cuma nasi, bubur dan roti saja lho. Hampir semua bahan makanan mengandung karbohidrat, bahkan gula dalam buah pun termasuk karbohidrat.

Bedanya, ada karbohidrat dengan struktur kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks tentu memakan waktu cerna lebih panjang dan menghasilkan sensasi kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat kompleks yang paling mudah ditemui adalah beras merah dan oatmeal.

Sementara itu, orang-orang lebih akrab dengan karbohidrat sederhana seperti beras putih, mi dan roti yang dibuat dari tepung putih. Bukannya gak sehat, hanya lebih mudah dicerna dan harus dibatasi konsumsinya.

3. Perbanyak asupan protein

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!Unsplash/Travis Yewell

Kamu tahu gak apa yang terjadi di balik perut six pack? Massa otot harus ditingkatkan agar lebih mudah dibentuk. Nah, cara terbaik menambah massa otot secara sehat adalah memperbanyak asupan protein.

Sumber protein yang paling mudah didapat adalah telur ayam. Kamu bisa juga mengonsumsi daging ayam tanpa kulit yang diolah tanpa minyak.

4. Beralih ke sumber lemak sehat

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!Pixabay/coyot

Siapa bilang diet itu berarti memangkas semua makanan berlemak? Tubuh kita juga butuh lemak lho, tapi dalam kadar yang sesuai. Keberadaan lemak dalam tubuh sangat penting untuk membantu produksi hormon, regenerasi sel dan lain-lain.

Biar pola makanmu lebih sehat, mulailah beralih ke sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun dan minyak ikan.

Lemak sehat juga terdapat dalam telur. Jadi saat mengonsumsinya kamu mendapatkan dua sumber gizi sehat secara langsung, lemak dan protein.

Baca Juga: Inilah 8 Cara Mudah dan Ampuh untuk Mengecilkan Perutmu, Rutinkan Ya!

5. Atur porsi makan

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!pixabay/rawpixel

Anggapan salah kaprah saat diet adalah merasa harus memangkas porsi makan secara drastis. Akibatnya, kamu malah lebih cepat merasa lapar dan stres saat ingin makan, karena takut berat badan gagal turun.

Padahal, diet itu soal mengatur porsi makan dan memilih asupan yang sehat. Kamu tetap bisa makan nasi, mi, bahkan donat dan camilan favorit. Tapi, dalam porsi yang cukup dan gak berlebihan.

Mau tahu gimana caranya mengatur porsi makan agar gak mengganggu diet? Simak poin berikutnya.

6. Hitung kebutuhan kalori harian

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!goqii.com

Sebenarnya, semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita dihitung dalam satuan kalori. Layaknya kendaraan, tubuh kita butuh bahan bakar untuk bergerak dan beraktivitas.

Nah, kamu bisa belajar menghitung kebutuhan kalori harianmu agar asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh gak berlebihan. Kebutuhan kalori ini berbeda-beda tiap orang, tergantung jenis kegiatan, usia, jenis kelamin dan riwayat kesehatan.

Kalkulator kalori banyak tersedia di internet dan dalam bentuk aplikasi. Di dalamnya juga ada takaran tiap zat gizi yang kamu butuhkan, misalnya berapa banyak asupan lemak dan karbohidrat yang kamu butuhkan dalam sehari.

7. Fokus pada otot perut saat berolah raga

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!Pixabay/viktoriasbalance

Kalau sudah memahami pengaturan pola makan sehat, saatnya mengimbangi dengan olahraga. Fokuskan olahragamu pada pembentukan otot perut. Pilih gerakan seperti push up, sit up, atau crunch.

Tutorial olahraga kini banyak tersebar di internet. Bisa kamu cari dan praktikkan sendiri di rumah, kalau ingin lebih hemat tanpa perlu pergi ke gym.

8. Ingat, tubuh butuh bahan bakar sebelum dan sesudah olahraga

8 Cara Membuat Perut Six Pack dengan Cepat, Bukan Mimpi Lagi Nih!Pixabay/photoMIX-company

Satu lagi tahapan yang sering dilewatkan para pejuang diet. Mereka berolahraga tanpa makan terlebih dahulu, dan membiarkan perut kosong dalam waktu lama setelahnya.

Tubuh butuh bahan bakar ekstra sebelum kamu melakukan aktivitas berat seperti olah raga. Setelah itu, tubuh juga butuh asupan makanan untuk mengganti energi yang hilang.

Delapan cara membuat perut six pack yang bisa kamu tiru di atas sering banget diabaikan. Orang-orang yang ingin memiliki tubuh ideal dan perut six pack terlalu fokus pada olah raga berat saja. Terapkan langsung yuk!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Tiap Sore Jika Ingin Lemak Perut Menipis

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya