Comscore Tracker

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock 

Bahan-bahannya ternyata ada di sekitar kita!

Sunblock menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk bisa melembapkan, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Selain dapat dibeli di toko-toko kosmetik terdekat, nyatanya kamu pun bisa membuat sunblock sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang sudah ada di sekitarmu.

Ingin tahu apa saja bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengganti sunblock? Yuk langsung saja simak di bawah ini!

1. Minyak Zaitun

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock freepik/Freepik

Minyak zaitun memang dikenal sebagai salah satu minyak yang memiliki berbagai macam manfaat. Selain baik digunakan untuk kesehatan, nyatanya minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan anti oksidan yang ada di dalamnya pun disinyalir mampu menangkal radikal bebas dengan baik. 

2. Shea butter

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock livemoor.co.uk

Jika kamu memiliki shea butter, maka kamu bisa menggunakannya sebagai salah satu bahan alami pengganti sunblock. Tidak perlu mencampurkannya dengan bahan apa pun, kamu hanya perlu mengusapkannya secara menyeluruh pada permukaan kulitmu hingga merata.

3. Minyak jojoba

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock lhhouse.net

Selain minyak zaitun, minyak jojoba juga dikenal sebagai salah satu minyak yang mampu memberikan kelembapan pada kulit tubuh. Selain melembapkan, minyak jojoba juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti sunblock pada kulit. Banyaknya kandungan Vitamin E yang ada di dalamnya pun membuatnya mampu menutrisi kulit dengan sangat baik.

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Sunblock yang Pas Sesuai Jenis Kulitmu

4. Daun teh

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock doornextfarms.com

Pasti belum banyak yang tahu, jika selain dapat dijadikan sebagai minuman, daun teh ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai sunblock untuk kulit. Cara membuatnya mudah, kamu hanya butuh beberapa sendok daun teh, lalu tinggal rendam semalaman dengan air. Keesokan harinya, kamu tinggal memisahkan daun teh dan air, lalu usapkan secara menyeluruh pada kulit tubuhmu sebagai perlindungan alami untuk menangkal paparan sinar matahari.

5. Alpukat dan minyak kelapa

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock vashtie.com/

Selain dapat dijadikan sebagai sunblock, alpukat dan minyak kelapa memang diketahui memiliki berbagai macam vitamin yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk bisa membuat sunblock dari kedua bahan ini, kamu hanya memerlukan tiga sendok minyak alpukat dan tiga sendok minyak kelapa. Selanjutnya, kamu hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini dan simpan di dalam kulkas.

6. Gandum

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock britannica.com

Gandum diketahui memiliki kandungan minyak yang dapat dimanfaatkan sebagai sunblock. Selain itu, minyak gandum juga disinyalir memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi bergizi lainnya yang bagus untuk melembapkan, mencerahkan, hingga menutrisi kulit dengan sangat baik.

7. Wortel

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Sunblock unsplash.com/Harshal S. Hirve

Dikenal sebagai salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin A, nyatanya wortel juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai sunblock pada kulit. Untuk bisa membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan satu buah wortel yang telah dihaluskan dengan tiga sendok teh madu, lima sendok teh minyak zaitun, dan dua sendok teh air perasan lemon. Selanjutnya campur dan aduk sampai merata, lalu simpan di dalam wadah tertutup.

Nah, jadi itulah dia tujuh  bahan alami yang diketahui mampu dijadikan sebagai sunblock. Bagaimana? Kamu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah?

Baca Juga: 5 Manfaat Sunblock bagi Kesehatan Kulit, Jangan Disepelekan Ya!

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Pinka Wima

Just For You