Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!

Yuk, mulai bantu jaga lingkungan!

Produksi kosmetik maupun skincare saat ini tampaknya sudah semakin menjamur saja. Banyaknya minat dari para konsumen, mau tak mau membuat para produsen terus mengeluarkan produk-produk baru yang semakin menarik minat dan perhatian dari masyarakat.

Meski memiliki berbagai macam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, namun kemasan produk yang banyak terbuat dari plastik maupun kaca terbilang cukup sulilt untuk didaur ulang. Alhasil, sampah kosmetik pun jadi menumpuk dan menimbulkan pencemaran pada lingkungan.

Oleh sebab itu, kita sebagai konsumen juga harus ikut andil dalam menjaga lingkungan agar tidak tercemar. Mau tahu bagaimana caranya? Langsung saja simak di bawah ini, yuk!

1. Jadikan sebagai wadah produk kecantikan berukuran mini atau travel size

5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!unsplash.com/The Honest Company

Saat sedang traveling atau bepergian, memang paling ribet jika harus membawa skincare atau kosmetik dalam wadah yang cukup besar. Alih-alih membeli produk baru dalam kemasan yang lebih kecil atau travel size, kenapa tidak memanfaatkan botol produk bekas skincare yang memiliki ukuran lebih kecil. Bukan hanya lebih hemat, tapi kamu pun juga jadi lebih bisa mengurangi pencemaran yang ada di lingkungan.

2. Bisa juga dikreasikan menjadi pot atau vas bunga

5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!theklog.co

Kamu bisa membuat pot atau vas bunga dari wadah bekas skincare atau kosmetik yang sudah tidak terpakai. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat seperti kaktus ataupun sukulen. Selain sangat mudah, pot atau vas bunga dari wadah bekas skincare ini juga bisa menambah nilai estetika di dalam ruangan, lho.

3. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai wadah untuk menyimpan hasil skincare DIY

5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!unsplash.com/Toa Heftiba

Bagi kamu yang suka membuat skincare DIY misalnya seperti scrub, face mask, lip balm, dan lain sebagainya, kamu bisa memanfaatkan wadah bekas skincare untuk menyimpan hasil DIY yang telah kamu buat. Tapi ingat, kamu harus memastikan jika wadah tersebut sudah benar-benar bersih agar tidak ada residu yang tertinggal di dalamnya.

Baca Juga: 6 Alat Makeup yang Diperlukan untuk Membuat Pipi Terlihat Lebih Tirus

4. Bersihkan dan buang ke tempat penampungan sampah yang tepat

5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!unsplash.com/Analise Benevides

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengolah sampah kosmetik adalah dengan cara membersihkannya lalu buang atau sumbangkan ke tempat penampungan sampah sesuai dengan jenis kemasan produk yang kamu miliki. Misalnya saja jika kemasannya berbahan plastik, maka kamu bisa serahkan wadah tersebut ke tempat penampungan khusus sampah plastik.

5. Mengembalikan wadah ke store brand-nya

5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!chapelparket.com

Di zaman yang sudah sangat modern seperti saat ini, ternyata sudah banyak brand-brand kosmetik atau skincare yang memiliki program daur ulang, misalnya seperti The Body Shop, Innisfree, dan Sensatia Botanicals. Kamu bisa mengembalikan wadah kosong ke store brand yang bersangkutan untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan dari pencemaran yang bisa diakibatkan oleh sampah kosmetik.

Nah, jadi itu dia serangkaian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolah sampah kosmetik. Bagaimana? Mudah sekali, bukan?

Baca Juga: Dijadikan Bahan Baku Skincare, Ini 5 Manfaat Nyata Algae untuk Kulit!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya