Comscore Tracker

Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Ini

Jika tidak hati-hati, wajah bisa jadi taruhannya!

Perawatan untuk kulit wajah sensitif memang bisa dibilang susah-susah gampang. Jika tidak hati-hati dalam memilih produk kecantikan yang tepat, bisa-bisa kulit menjadi iritasi, kemerahan, gatal-gatal, hingga masalah yang lebih serius lainnya.

Oleh sebab itu, kamu harus pandai dan teliti dalam memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit yang kamu miliki. Jangan sampai kamu memilih produk dengan kandungan yang malah berbahaya untuk kulit sensitifmu, seperti misalnya 6 kandungan yang ada di dalam produk kecantikan berikut ini!

1. Alkohol

Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Iniamazingy.com

Alkohol dalam skincare memang diketahui dapat membantu penyerapan minyak yang berlebih pada kulit. Namun, sayangnya alkohol juga berpotensi untuk membuat kulit menjadi kering. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya jika kamu menghindari segala jenis skincare yang mengandung alkohol, karena alkohol juga bisa menimbulkan iritasi pada kulitmu.

2. SLS dan SLES

Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Inird.com

Sodium Lauryl Sulphate (SLS) dan Sodium Laureth Sulphate (SLES), merupakan salah satu jenis surfaktan atau bahan kimia yang terbuat dari garam mineral yang mengandung sulfur di dalamnya. Bahan kimia ini juga merupakan bahan penghasil busa yang biasa ditemukan pada facial wash, sampo, sabun, sampai deterjen pencuci pakaian. Bahan kimia ini tentunya harus dihindari oleh para pemilik kulit sensitif, karena kandungannya yang dapat membuat kulit menjadi kering bahkan hingga gatal-gatal.

3. Oxybenzone

Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Inistylecaster.com

Oksibenzon merupakan senyawa kimia yang cenderung paling banyak ditemukan dalam kandungan sunscreen, dan biasanya berfungsi untuk menyerap UVB. Senyawa ini tergolong berbahaya karena jika terpapar oleh sinar matahari langsung, oksibenzon justru akan membentuk radikal bebas yang tentu saja dapat merusak sel-sel pada kulit. Selain itu, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, senyawa ini juga dapat menyebabkan alergi, gatal-gatal, serta kemerahan pada kulitmu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Berbahan Dasar Semangka, Ampuh Segarkan Kulit!

4. Benzoyl Peroxide

Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Inijafmakeup.com

Benzoil Peroksida merupakan obat atau bahan kimia yang biasanya ada di dalam produk anti jeraawat. Senyawa ini memang memiliki khasiat yang sangat baik dalam membasmi serta mengempeskan jerawat yang ada di wajah. Namun, bahan kimia ini tergolong cukup keras dan bisa menimbulkan efek seperti gatal-gatal, kulit mengelupas, dan juga iritasi.

5. Methyl Isothiazone

Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Ininaturalsupplyboost.com

Methyl Isothiazolone adalah salah satu bahan pengawet yang biasanya ada pada produk-produk kecantikan, misalnya seperti pada deodoran, sunscreen, pelembap wajah, dan beberapa produk kecantikan lainnya. Menurut hasil riset yang telah dilakukan oleh St John's Institute of Dermatology di London, 10 persen orang yang memiliki kulit sensitif memiliki alergi terhadap bahan pengawet ini.

6. Lanolin

Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Inigoop.com

Lanolin merupakan zat berminyak atau lemak esensial yang berasal dari bulu domba. Lanolin memang biasanya digunakan sebagai salah satu kandungan yang mampu membuat kulit tampak jadi lebih lembap dan lembut. Namun sayang, bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, lanolin biasanya akan memicu timbulnya jerawat dan komedo pada kulit wajah.

Itulah beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang harus dihindari oleh si pemilik kulit sensitif. Ingat, sebelum benar-benar membeli produk kecantikan, kamu harus lihat dan pastikan terlebih dahulu kandungan-kandungan apa saja yang ada di dalamnya, ya!

Baca Juga: 5 Skincare dengan Kandungan Sunflower Seed Oil, Bikin Kulit Kinclong!

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya