Comscore Tracker

5 Rekomendasi Batik Lokal, Kain Tradisional yang Makin Kekinian

#IDNTimesBantuUMKM Kain tradisional dengan beragam warna

Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia memang punya daya tarik tersendiri. Mulai dari corak, warna, hingga model pengaplikasiannya membuat kain ini tak lekang oleh waktu. Keunikan lain dari kain batik adalah corak yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Perubahan zaman tak membuat kain batik dilupakan, malah kain ini semakin modern. Ini dia beberapa kain batik dari produk lokal yang akan membuatmu tetap trendi. Yuk, simak artikel ini untuk dapat rekomendasinya!

1. Kain batik kombinasi warna

5 Rekomendasi Batik Lokal, Kain Tradisional yang Makin KekinianFoto produk kain batik. (instagram.com/royalvin.batik)

Ragam warna dan corak yang berbeda dalam satu kain jadi salah satu ciri khas batik Tasikmalaya. Kalau kain batik dari instagram royalvin.batik ini punya kombinasi corak dan warna yang menarik perhatian. 

Batik cap 2 warna ini punya ukuran  2,25x1,05 meter. Untuk kain batik seperti pada gambar, toko ini punya beberapa nuansa warna yakni paduan biru tua dan biru muda, kuning cerah dan salem, serta navy dan salem. 

Harganya Rp85 ribu, namun bisa lebih murah jika kamu pesan banyak. Yuk, langsung saja cek tokonya untuk temukan lebih banyak warna dan ragam corak!

2. Batik Pekalongan dengan warna soft

5 Rekomendasi Batik Lokal, Kain Tradisional yang Makin KekinianFoto produk kain batik. (shopee.co.id/lilissakin123)

Kain batik Pekalongan identik dengan motif bunga, titik dan garis. Selain itu, warna dari kain batik Pekalongan cenderung lebih cerah dan biasanya mengombinasikan beberapa varian warna. 

Kain batik ini berbahan dasar katun dengan ukuran 2,1x1,1 meter. Kamu bisa dapatkan varian kain batik embos polos maupun kain batik dengan corak khas Pekalongan. Keduanya punya varian warna, ungu, biru, tosca, armytosca, pink, dan kuning.

Harganya cukup terjangkau, untuk yang embos warna ungu Rp32 ribu, sementara embos pink dan tosca Rp31 ribuan. Untuk varian selain embos dibanderol dengan harga Rp38 ribu. Kamu bisa langsung order di lilissakin123 di Shopee. 

3. Kain batik prada yang mewah

5 Rekomendasi Batik Lokal, Kain Tradisional yang Makin KekinianFoto produk kain batik. (shopee.co.id/rivasbatikcollection)

Kain batik prada merupakan kain batik yang motifnya diberikan sentuhan warna keemasan. Kesan warna emas yang dikombinasikan dengan warna hitam membuat kain ini tampak lebih mewah. 

Kalau kain batik dari rivasbatikcollection di shopee punya banyak motif, seperti berbagai macam corak geometris, bunga, keris, wayang, hingga burung garuda. Kamu bisa dapatkan kain batik berbahan katun ini dengan ukuran 215x115 cm. 

Harga yang ditawarkan Rp50 ribuan, kamu bisa pakai untuk seragam kantor maupun seragam saat pernikahan. Yuk, langsung order!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker Kain Batik, Jaga Kesehatan sembari Bergaya

4. Kain batik Garutan dengan warna-warni cerah

5 Rekomendasi Batik Lokal, Kain Tradisional yang Makin KekinianFoto produk kain batik. (tokopedia.com/Batik Sarah)

Ciri khas kain batik Garutan adalah warna yang cerah dengan motif flora, fauna atau geomteris yang indah. Sama halnya dengan kain batik yang dijual di Batik Sarah di Tokopedia ini, punya beragam warna yang bisa menyesuaikan kebutuhanmu. 

Ada beragam warna dari motif sisik naga ini, yakni pink, tosca, navy, merah, salem, biru, maroon, kuning tua, merah, kuning muda, abu-abu, biru muda, dan oranye. Untuk ukurannya 2x1,15 meter dengan harga Rp69 ribu. 

Bahannya kain katun prima jadi halus dan nyaman dipakai. Yuk, langsung di-checkout saja!

5. Kain batik dengan gradasi warna

5 Rekomendasi Batik Lokal, Kain Tradisional yang Makin KekinianFoto produk kain batik. (tokopedia.com/Balebatik)

Kain batik dengan teknik warna gradasi ini jadi rekomendasi terakhir. Kain ini terlihat unik karena motifnya yang tidak teratur dan kombinasi warnanya yang tidak seragam. Ketidakteraturan ini justru membuat kainnya semakin cantik. 

Kalau untuk kain batik dari toko Balebatik di Tokopedia ini kamu bisa dapatkan dengan harga Rp115 ribu. Ukurannya 2x1,1 meter berbahan dasar katun prima jadi awet dan tidak mudah luntur. 

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi kain batik dari produk lokal. Warna, corak, serta teknik pembuatan disesuaikan dengan perubahan zaman serta tren masa kini, jadi akan tetap kelihatan klasik dan manis. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tas Rajut Kekinian untuk Tampil Chic dan Fashionable

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya