Comscore Tracker

5 Tips Merawat Kulit Berjerawat, Ubah Kebiasaan Hidupmu! 

#IDNTimesLife Harus dicoba untuk yang berjerawat

Berbagai masalah kulit dapat muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya jerawat yang dapat disebabkan oleh kebiasaan dan gaya hidup yang kurang baik. Misalnya sering mengonsumsi junk food, sering begadang, dan kerap terpapar polusi udara.

Selain gaya hidup, jerawat juga bisa disebabkan oleh kebersihan dan cara merawat merawat kulit yang salah. Nah, supaya kulitmu terbebas dari jerawat, yuk simak caranya sesuai dengan rilis dari Y.O.U Acne Plus Series. 

1. Mencuci wajah secara teratur

5 Tips Merawat Kulit Berjerawat, Ubah Kebiasaan Hidupmu! Ilustrasi perawatan kulit berjerawat. (unsplash.com/Praveen kumar Mathivanan)

Debu, kotoran, serta sel kulit mati dapat menjadi penyebab awal munculnya jerawat. Untuk mencegah pertumbuhan jerawat baru, cara perawatan kulit wajah yang pertama harus kamu lakukan adalah rutin mencuci wajah.

Pastikan kamu membersihkan wajah secara teratur, sehari dua kali saat pagi dan sore setelah beraktivitas. Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit sehingga menghindari pertumbuhan jerawat baru. 

2. Menjaga kebersihan rambut

5 Tips Merawat Kulit Berjerawat, Ubah Kebiasaan Hidupmu! Ilustrasi perawatan kulit berjerawat. (unsplash.com/Tim Mossholder)

Tanpa kamu sadari, rambut juga bisa menyumbang kotoran pada wajahmu. Rambut yang berada dekat dengan wajah mungkin saja membawa bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat. 

Jadi kamu perlu memastikan kebersihan rambutmu tetap terjaga. Keramas secara rutin untuk membersihkan noda, kotoran, debu maupun zat kimia dari perawatan rambut yang dapat memunculkan jerawat di area wajah. 

3. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor

5 Tips Merawat Kulit Berjerawat, Ubah Kebiasaan Hidupmu! Ilustrasi perawatan kulit berjerawat. (unsplash.com/Park Street)

Ketika kamu melakukan aktivitas, kamu juga akan menyentuh berbagai permukaan benda. Tanpa disadari kamu akan menyentuh wajah, padahal, tanganmu mungkin kotor karena belum mencuci tangan dengan bersih.

Kebiasaan ini juga bisa menimbulkan jerawat karena terjadi perpindahan kotoran dari permukaan benda ke wajahmu. Berbagai kotoran serta bakteri bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout pada kulit. 

Jadi, biasakan untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan kotor. Minimal, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer atau tissue sebelum menyentuh kulit di wajahmu. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Skincare Gak Maksimal dan Jerawatan

4. Melindungi kulit wajah dengan tabir surya

5 Tips Merawat Kulit Berjerawat, Ubah Kebiasaan Hidupmu! Ilustrasi perawatan kulit berjerawat. (unsplash.com/Cheyenne Doig)

Tak hanya membersihkan wajah serta menjaga kebersihan, pencegahan terhadap paparan sinar matahari juga penting. Sebab, sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari dapat merusak lapisan kulitmu apabila tanpa adanya perlindungan. 

Nah, sinar matahari juga dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk kondisi kulit apabila kamu terkena secara langsung tanpa adanya proteksi. Jadi, jangan lupa kenakan sunscreen atau sunblock di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. 

5. Perawatan kulit yang tepat dan seusai kebutuhan

5 Tips Merawat Kulit Berjerawat, Ubah Kebiasaan Hidupmu! Ilustrasi perawatan kulit berjerawat. (unsplash.com/Curolog)

Perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan sangat diperlukan untuk meredakan jerawat serta mencegah timbulnya jerawat baru. Produk perawatan kulit pun harus sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

Temukan produk yang dapat menjadi solusi untuk masalah kulit, bukan membuatnya semakin parah. Kamu harus teliti menggunakan produk perawatan kulit.

Dianjurkan menggunakan produk dengan bahan-bahan alami yang bebas alkohol, pewarna buatan, dan wewangian. Sehingga, kulitmu tak hanya akan bebas jerawat namun juga sehat. 

Nah, itu tadi 5 tips merawat kulit berjerawat. Rangkaian Y.O.U AcnePlus Series yang terdiri dari toner, serum, spot care, dan moisturizer bisa jadi solusimu untuk melawan masalah jerawat di kulit. Yuk, coba!

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa Iritasi

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya