Comscore Tracker

Keseruan Ramadhan Fashion Festival oleh Jakarta Fashion Week 2022

Ada beragam promo menarik!

Jakarta Fashion Week (JFW) semarakkan Ramadan dengan pagelaran virtual bertajuk Ramadhan Fashion Festival (RFF) yang akan digelar pada 7-17 April 2022. Penyelenggaraan fashion show secara daring ini menjadi pembukaan rangkaian gelaran Jakarta Fashion Show 2023.  

Pagelaran ini menjadi kolaborasi industri kreatif dengan dunia digital. Beragam transformasi teknologi seperti peragaan mode virtual, belanja online hingga fashion show melalui Metaverse diusung oleh JFW.

Hal tersebut, seperti yang disampaikan Svida Alisjahbana CEO GCM Group dan Chairwoman JFW, "Kami rasa virtual sangat penting, gak bisa digeserkan sebagai alternatif, tetapi ini adalah satu cara untuk memperkenalkan fashion Indonesia ke seluruh Indonesia." Hal tersebut disampaikan Svida dalam 'Virtual Press Conference Ramadhan Fashion Festival 2022' oleh Jakarta Fashion Week pada Kamis (7/4/22). 

1. JFW mengusung pagelaran metaverse pertama

Keseruan Ramadhan Fashion Festival oleh Jakarta Fashion Week 2022Virtual Press Conference Ramadhan Fashion Festival 2022 oleh Jakarta Fashion Week. (7/4/22) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Pandemik menuntut industri kreatif untuk melakukan terobosan yang inovatif dan solutif agar terus eksis di tengah keterbatasan seperti sekarang ini. Salah satunya adalah melakukan transformasi digital dalam industri kreatif guna mendorong ekonomi digital agar mampu bertahan pada perkembangan zaman. 

Nantinya, Jakarta Fashion Week sebagai pagelaran mode yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang, menginisiasi fashion show pertama di Metaverse. Dunia virtual Metaverse, memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman berbelanja dan bersosialisasi dengan bantuan teknologi digital tersebut.

2. Ramadan Fashion Festival dilakukan secara hybrid

Keseruan Ramadhan Fashion Festival oleh Jakarta Fashion Week 2022Virtual Press Conference Ramadhan Fashion Festival 2022 oleh Jakarta Fashion Week. (7/4/22) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Perkembangan teknologi memungkinkan fashion dan mode di Indonesia terus tumbuh dan merambah pasar yang lebih luas. JFW menyelenggarakan Ramadan Fashion Festival secara hybrid dengan konsep online to offline atau 020 yang memungkinkan para pengunjung menikmati peragaan busana secara virtual sekaligus berbelanja secara online

Svida berharap pagelaran yang dilakukan secara hybrid ini dapat menjangkau lebih banyak fashionista di berbagai daerah serta mancanegara. Nantinya, kamu bisa mengakses pagelaran ini melalui JFW.TV atau mengunjungi retail fisik di Pondok Indah Mall III. 

"Tapi kita juga tahu bahwa kita perlu reach out loud. Dari situlah kita berembuk untuk membuat 020 commerce, online to offline commerce yang timeless. Artinya semua koleksi ini ada di sini," ungkap Svida. 

3. See Now Buy Now

Keseruan Ramadhan Fashion Festival oleh Jakarta Fashion Week 2022Virtual Press Conference Ramadhan Fashion Festival 2022 oleh Jakarta Fashion Week. (7/4/22) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Tak hanya peragaan virtual, JFW juga mengusung fitur berbelanja 'See Now Buy Now' melalui aplikasi e-commerce, Shopee. JFW berkolaborasi dengan Shopee untuk menghadirkan fesyen festival dalam kanal digital sebagai upaya memperluas jangkauan produk fesyen dan memberi inspirasi di momen Ramadan.

Fitur belanja See Now Buy Now lebih lanjut dijelaskan oleh Monica Vionna sebagai head of marketing growth, "Melalui kolaborasi ini kita juga menawarkan solusi serta pengalaman baru melalui See Now Buy Now dimana pengguna bisa menyaksikan fashion show melalui (fitur) shopee live pada pukul 16.00 dan bisa langsung berbelanja produknya yang ditampilkan melalui aplikasi Shopee."

Baca Juga: 10 Produk Kecantikan dan Fashion di Gift Bag Oscars 2022, Fantastis!

4. Produk yang meramaikan

Keseruan Ramadhan Fashion Festival oleh Jakarta Fashion Week 2022Ramadhan Fashion Festival. (instagram.com/jfwofficial)

Beragam produk ternama dari brand serta desainer Indonesia turut meramaikan pagelaran virtual ini. Ada 4 kategori dari 19 desainer dengan konsep modest-wear, yakni quirky, romantic, ecletic-chic, dan essentials.

Berbagai merek terkemuka akan meramaikan virtual show tersebut, diantaranya Bateeq, Sav Lavin, RTW Studio by Rinda Salmun, Everyday, Studiomoral, Scarfola, Sideline, Batik Tepa Selira, Kar, Glashka, Studio Yasa, Jenna&Kaia, Nona, Starry, Holy Peony, Saul, Agnala, Nadjani, dan Batik Chic. Harapannya koleksi dari brand tersebut dapat menjadi inspirasi mode untuk Hari Raya.

5. Beragam promo menarik

Keseruan Ramadhan Fashion Festival oleh Jakarta Fashion Week 2022Virtual Press Conference Ramadhan Fashion Festival 2022 oleh Jakarta Fashion Week. (7/4/22) (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Ada beragam promo menarik yang bisa kamu dapatkan dari Shopee dan Bank Mandiri. Bagi pengguna aplikasi Shopee, pada virtual fashion show nanti akan ada limited voucher hingga Rp50 ribu, dan khusus untuk pengguna baru akan ada kesempatan untuk mendapatkan cashback hingga 100 persen.

Sementara untuk pengguna Bank Mandiri akan ada diskon langsung jika melakukan pembayaran melalui Mandiri debit dan Mandiri kartu kredit. Kamu juga bisa mengikuti program cicilan tiga bulan dengan bunga 0 persen menggunakan Mandiri kartu kredit.

Tak sampai disitu, ada juga diskon dengan menggunakan Livin point dan voucher untuk setiap pembukaan rekening melalui Livin Mandiri. Yang gak kalah menarik, ada juga voucher belanja sebanyak Rp500 ribu bagi yang bertransaksi tertinggi setiap harinya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam acara terbaru yang digagas oleh Jakarta Fashion Week. Sambut Hari Raya dengan beragam gaya yang menarik. 

Baca Juga: STB x Design Orchard, Fashion Singapura di Surabaya Fashion Parade

Topic:

  • Dina Fadillah Salma
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya