Comscore Tracker

5 Kandungan Berbahaya Ini Mungkin Ada Pada Produk Skincaremu

Sekali-kali baca komposisi sebelum digunakan ya

Sabun mandi, pasta gigi, atau shampo merupakan produk yang digunakan setiap hari. Namun, pernahkah kamu membaca label komposisinya sebelum digunakan? Karena bisa jadi produk perawatan yang kamu gunakan mengandung senyawa berbahaya. Dampak berbahaya ini bisa berefek pada kesehatan tubuh.

Berikut ini 5 kandungan yang perlu diperhatikan pada produk perawatan sehari-hari. Disimak yuk!

1. Triclosan

5 Kandungan Berbahaya Ini Mungkin Ada Pada Produk SkincaremuPexels.com/ bruce mars

Triclosan merupakan senyawa antibakteri. Senyawa ini umumnya terdapat pada sabun mandi, pasta gigi, deodorants, dan sabun cuci muka. Triclosan dapat terakumulasi dalam tubuh dan berefek pada iritasi kulit serta mengganggu keseimbangan hormon.

2. Sodium lauryl sulfate (SLS) dam sodium laureth sulfate (SLES)

5 Kandungan Berbahaya Ini Mungkin Ada Pada Produk SkincaremuPexxels.com/Pixabay

SLS atau SLES merupakan senyawa yang dapat menimbulkan buih atau busa pada produk perawatan tubuh kamu. Jika sabun mandi yang digunakan menghasilkan busa saat dipakai bisa jadi mengandung SLS atau SLES. Produk lain yang mungkin mengandung senyawa ini adalah sabun cuci muka, pasta gigi, atau shampo. Efek buruk dari SLS dan SLES adalah dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan mata. SLS dan SLES secara efektif mampu menghilangkan minyak dalam kulit tubuh tetapi juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

3. Pewangi (Phthalates)

5 Kandungan Berbahaya Ini Mungkin Ada Pada Produk Skincaremubeautyhealthtips.in

Pewangi sangat sering ditemukan dalam produk perawatan maupun produk kecantikan. Berbagai macam aroma diciptakan sebagai salah satu daya tarik dan strategi marketing. Akan tetapi dalam pewangi bisa terkandung senyawa yang berbahaya seperti phthalates yang pada tubuh dapat memberikan efek ketidakstabilan hormon, masalah pada kulit, masalah pada pernapasan, bahkan bisa beresiko pada organ reproduksi.

Baca Juga: Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parah

4. Propylene Glycol

5 Kandungan Berbahaya Ini Mungkin Ada Pada Produk SkincaremuPexels.com/Moose Photos

Senyawa ini dapat ditemukan pada produk pelembab, pasta gigi, dan deodorants. Produk ini merupakan turunan dari minyak bumi. Kandungan propylene glycol pada produk perawatan dapat memiliki efek samping iritasi kulit maupun memicu reaksi alergi.

5. Parabens

5 Kandungan Berbahaya Ini Mungkin Ada Pada Produk Skincaremuorogoldschool.com

Pada produk perawatan, parabens memiliki peran antimikroba dan merupakan pengawet produk tersebut. Akan tetapi parabens dalam tubuh dapat mengganggu hormon endokrin. Penelitian yang ditulis dalam Journal of Applied Toxicology tahun 2004 mengemukanan bahwa di dalam tubuh parabens berkaitan dengan kejadian tumor payudara dan kanker payudara.

Itulah 5 senyawa berbahaya yang mungkin ada pada produk yang kamu gunakan sehari-hari. Oleh karena itu, penting sekali untuk membaca label komposisi dari produk sebelum kamu pakai. Selain itu, beralih pada produk perawatan herbal juga bisa menjadi salah satu alternatif.

Baca Juga: Skincare 101: Apa Itu Sebum dan Kenapa Kulit Kita Membutuhkannya?

Dita Anitya I Photo Community Writer Dita Anitya I

Book lover, konmari & zerowaste addict!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You