Comscore Tracker

Sebelum Pakai Tote Bag, Ini 6 Hal yang Perlu Dipikirkan Dulu

Disebut sebagai bentuk baru dari sampah

Tote bag belakangan naik daun. Alasannya pun beragam. Dari segi estetika, desainnya yang keren sering diidentikan dengan anak indie atau anak artsy. Dari segi dampak lingkungan, banyak orang yang memilihnya sebagai alternatif kantong plastik yang tak ramah lingkungan. 

Alhasil tote bag pun diproduksi besar-besaran sebagai tas kekinian yang tidak hanya keren tetapi punya dampak positif pada lingkungan. Eits, tunggu dulu, benarkah tote bag sekeren itu? Simak beberapa fakta mencengangkan berikut sebelum kamu menambah koleksi tote bag. 

1. Tote bag tidak senyaman bayanganmu, bisa bikin pundak pegal

Sebelum Pakai Tote Bag, Ini 6 Hal yang Perlu Dipikirkan Duluinstagram.com/cabiciks

Tote bag memang terlihat nyaman dan sederhana. Hanya butuh satu atau dua tali yang melingkar di bahu atau tanganmu. Namun, jujur deh apakah kamu nyaman menggunakannya seharian? Kamu mungkin akan merasakan sakit di sebelah pundak, belum lagi tote bag juga kurang terpercaya untuk mengamankan barangmu. Ada risiko ia jatuh dari pundak dan lenganmu.

2. Rawan dicopet karena desainnya yang terbuka

Sebelum Pakai Tote Bag, Ini 6 Hal yang Perlu Dipikirkan Duluinstagram.com/ruthhammondillustration

Beberapa tote bag memang berdesain keren, tetapi tak dilengkapi dengan resleting pengaman. Hati-hati kalau kamu berada di tempat ramai, resiko jadi korban copet pun makin tinggi. Misal tidak dicopet, kamu bisa saja menjatuhkan barang tanpa sadar. 

Baca Juga: 5 Item Fashion Liburan yang Simpel dan Elegan, Cocok Buat Traveler

3. Tidak didesain untuk orang yang tidak berkaki panjang

Sebelum Pakai Tote Bag, Ini 6 Hal yang Perlu Dipikirkan Duluinstagram.com/hannahcromwell

Saat pundakmu mulai lelah, apalagi kalau isi tote-mu sudah mulai penuh dan berat kamu akan tergoda untuk membawanya di tangan seperti membawa kantong plastik. Namun, tote didesain dengan tali yang lebih panjang dari kantong belanja biasa, alhasil kamu yang tidak tinggi akan sangat kesulitan membawanya karena posisi tote akan menyentuh lantai. 

4. Seringkali terlupakan dan hanya menumpuk di kamar

Sebelum Pakai Tote Bag, Ini 6 Hal yang Perlu Dipikirkan Duluinstagram.com/natalya_balnova

Semua orang mulai dari artis indie hingga usaha kecil dan korporasi besar membuat tote untuk mempromosikan produk atau karya mereka. Kamu mungkin akan tergiur untuk membeli atau bahkan mendapat tote secara cuma-cuma. Pada akhirnya tidak semua tote akan kamu gunakan dan hanya menumpuk di kamarmu. 

5. Tote bag tak kalah murah dibanding kantong plastik dan siap jadi bentuk baru dari sampah jika diproduksi berlebihan

Sebelum Pakai Tote Bag, Ini 6 Hal yang Perlu Dipikirkan Duluinstagram.com/trashisfortossers

Beberapa tote bahkan tak terbuat dari kain, melainkan daur ulang plastik. Jumlahnya makin banyak dan seringkali tak terjual habis atau tak terpakai oleh si pemilik. Harganya murah dibanding tas biasa, memang lebih durable dari plastik tetapi sama-sama akan menjadi sampah pada akhirnya. 

6. Kurang efisien untuk kamu yang punya banyak barang untuk dibawa

Sebelum Pakai Tote Bag, Ini 6 Hal yang Perlu Dipikirkan Duluinstagram.com/toteallyrecycled

Mungkin untuk para minimalis, tote bag adalah satu hal yang merepresentasikan prinsip yang mereka anut. Itu karena barang mereka tidak akan banyak. Namun, jika kamu akan membawa dompet, perlengkapan makeup, hingga perintilan lainnya, tote bukanlah pilihan tepat, kecuali kamu bersedia membongkar isi tasmu terlebih dahulu untuk menemukan benda kecil yang terselip di dalam tas. 

Dengan beberapa kelebihan dan keterbatasannya, tote bag memang tidak disarankan untuk digunakan membawa banyak barang.

Tentu menggunakan dan memiliki tote bag adalah hak individu masing-masing orang.  Namun, yakinkah kamu menggunakannya karena keinginan sendiri atau hanya mengikuti tren? Lalu, jangan mudah tergoda untuk membeli tote bag baru jika sudah punya, bukankah tote dimaksudkan untuk mengurangi sampah? 

Baca Juga: 5 Cara Merawat Tas Kulit Biar Gak Gampang Berjamur

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You