Comscore Tracker

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahui

Ternyata lipstik punya sejarah dan fakta uniknya tersendiri 

Siapa yang tidak mengenal lipstik? Salah satu produk kosmetik bibir ini tentunya sudah menjadi barang wajib bagi para kaum hawa. Selain bisa mempercantik wajah, lipstik juga berguna untuk menyamarkan wajah yang terlihat kusam ataupun pucat.

Tapi tahukah kamu, di balik manfaatnya ini ternyata lipstik memiliki beberapa fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang. Penasaran apa saja? Yuk kita simak.

1. Pertama kali digunakan pada tahun 5000 sebelum Masehi

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahuicommons.wikimedia.org

Menurut para sejarawan, pewarna bibir pertama kali ditemukan dan digunakan sekitar 5000 tahun lalu. Penemuan lipstik dimulai saat para perempuan Mesopotamia (sekitar Irak dan Kuwait) menemukan sebuah batu permata dan kemudian mengubah permata tersebut menjadi bubuk untuk dijadikan sebagai pewarna bibir.

2. Cleopatra membuat lipstiknya sendiri

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahuipinterest.com

Tren pewarna bibir juga sampai pada daerah Mesir yang saat itu masih dikuasai oleh Ratu Cleopatra. Cleopatra bahkan meracik sendiri pewarna bibirnya dari bahan-baha alami seperti buah delima.

3. Bentuk ‘tube’ diciptakan pada tahun 1915

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahuibeautyforapurpose.ca

Walaupun penemuan pewarna bibir sudah lama, namun penggunaan pewarna bibir dalam bentuk tabung yang diputar seperti sekarang ini ternyata baru ditemukan pada tahun 1915 oleh Maurice Levy.

Baca Juga: Multifungsi, 6 Lipstick Brand Lokal Ini Tawarkan Banyak Kegunaan Lho!

4. Mengandung sisik ikan

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahuibyrdie.com

Beberapa lipstik ternyata mengandung bahan yang tidak diduga seperti sisik ikan. Sisik ikan pada lipstik berguna untuk menjaga agar lipstik tahan lama dan lebih berkilau.

5. Sempat menjadi simbol feminisme

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahuiuk.phaidon.com

Sebelum bentuk tube ditemukan pada tahun 1915, pada tahun 1912 pewarna bibir dipamerkan oleh Elizabeth Cady Stanton dan Charlotte Perkins Gilman di Paarde Suffragette New York sebagai salah satu bentuk aksi feminisme.

6. Hampir dilarang di New York

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahuipixabay.com/pexels

Meskipun banyak digemari, namun ternyata penggunaan lipstik pernah hampir dilarang di New York pada tahun 1920. Pelarangan hal ini disebutkan dikarenakan lipstik akan meracuni laki-laki yang mencium pasangannya. Tetapi untungnya larangan ini tidak jadi diberlakukan dan penggunaan lipstik masih diperbolehkan sampai dengan saat ini.

7. Perempuan dikatakan peneliti mengkonsumsi lipstik tanpa sengaja

Jadi Barang Wajib Bagi Cewek, 7 Fakta Lipstik Ini Jarang Diketahuibeautybender.com

Menurut penelitian, seorang perempuan tanpa sengaja menelan lipstik sekurang-kurangnya 2 kilogram dalam hidupnya. Bahkan perempuan yang setiap harinya mengenakan lipstik tanpa mengenal situasi dan kondisi, diprediksi telah menelan sekitar 4,5 kilogram lipstik sepanjang hidupnya, lho!

Nah itulah 7 fakta lipstik yang pasti belum kamu tahu. Ternyata ada banyak fakta tersembunyi dari lipstik yang biasa kita pakai sehari-hari. Mana yang paling mengejutkanmu nih, girls?

Baca Juga: 7 Kesalahan Pakai Lipstik Ini Bikin Hasil Gak Sesuai Ekspektasi

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You