Comscore Tracker

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Jerawat Pada Wanita Dewasa!

Jerawat bikin gawat nih!

Jerawat merupakan problem kulit yang umum di temui pada usia remaja baik perempuan maupun laki-laki. Lalu bagaimana dengan orang dewasa yang masih sering jerawatan? Agak menyebalkan ya jika harus berurusan dengan jerawat, tetapi jangan khawatir jerawat bisa diatasi dengan perawatan yang benar. Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

1. Faktor utama penyebab jerawat pada wanita dewasa

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Jerawat Pada Wanita Dewasa!dermascope.com

Terkadang jerawat memang menyebalkan, bukan hanya rasa sakitnya tetapi juga membuat diri tidak nyaman. Pasti kalian juga sering bertanya-tanya apa penyebab jerawat di usia dewasa? Nah, jerawat pada orang dewasa dapat dipengaruhi oleh faktor hormonal.

Pada beberapa perempuan mendekati siklus menstruasi biasanya mereka berjerawat, namun ini hanya berlangsung sementara karena setelah menstruasi jerawat akan hilang dengan sendirinya. Seseorang dengan kondisi kulit berminyak juga cenderung berjerawat karena minyak menjadi faktor penyumbang munculnya jerawat dan produksi minyak dipengaruhi oleh hormon. 

Perubahan hormon dapat dipengaruhi oleh penggunaan obat-obatan, pil KB, kehamilan, diet, dan juga stres.  

2. Cara mengatasi kulit wajah yang berjerawat

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Jerawat Pada Wanita Dewasa!pexels/Breakingpic

Efek yang ditimbulkan oleh jerawat tidak hanya fisik saja, tetapi juga psikis. Jerawat dapat menimbulkan rasa kurang nyaman bertemu orang. Oleh karena itu banyak perempuan akan mencari berbagai cara untuk mengusir jerawat. Hal tersebut wajar, tetapi harus diperhatikan juga cara yang aman dan baik untuk wajah bebas jerawat. 

Jangan termakan oleh rayuan iklan produk kosmetik. Kenali kulitmu dan jangan sembarangan memakai produk anti jerawat. Langkah apa saja yang bisa dipakai untuk menanggulangi jerawat? Simak ya.

Baca Juga: Awas, 5 Benda Ini Dapat Membuat Kulitmu Berjerawat Lho, Girls! 

a. Perhatikan penggunaan kosmetik

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Jerawat Pada Wanita Dewasa!pexels/Dana Tentis

Setiap perempuan pasti mendamba kulit yang bersih, halus, glowing, dan bebas jerawat. Boleh saja, tetapi jangan memakai terlalu banyak produk yang berbeda untuk wajahmu. Temukan produk kosmetik (skincare) yang cocok dan jangan sering bergonta-ganti.  

Jadi produk apa yang sebaiknya dipakai untuk mengusir jerawat? Pastinya produk kosmetik yang dapat membersihkan kotoran, menghilangkan kelebihan minyak/lemak, mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori, mengandung salicylic acid, atau anti bakteri.

Sebelum tidur kamu juga wajib membersihkan muka dan bersihkan semua sisa makeup. Caranya, bersihkan wajah, usap lembut kemudian keringkan, tepuk-tepuk lembut dengan handuk kering. Jangan gosok dengan keras karena akan membuat kulit menjadi iritasi. 

b. Mengatur pola makan dan asupan makanan

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Jerawat Pada Wanita Dewasa!pixabay.com/bohed

Seringkali fast food dituduh sebagai salah satu makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tidak selalu, tetapi ada baiknya jika kamu selalu memperhatikan asupan gizi di dalam makanan. 

Untuk kulit berjerawat perbanyak sayur dan buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, timun. Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin dan lemak yang baik bagi tubuh dari salmon, alpukat, dan juga kacang walnut. 

Dan jangan lupa untuk berolahraga, tidak hanya kulit menjadi glowing, tetapi juga tubuhmu menjadi sehat.

c. Konsultasikan dengan dokter ahli

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab Jerawat Pada Wanita Dewasa!pexels/Pixabay

Jika dua hal di atas tidak dapat mengurangi keluhan jerawatmu, ada baiknya konsultasikan permasalahan kulitmu dengan dokter ahlinya. Kamu dapat berdiskusi tentang permasalahan kulitmu dan dokter akan memberikan treatment yang cocok untukmu setelah melalui serangkaian pemeriksaan.

Jerawat memang bikin gawat! Yuk mulai membersihkan wajah sebelum tidur. Jangan malas ya, demi kulit wajah bersih, glowing, dan bebas jerawat. 

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Biar Wajah Glowing dan Bebas Jerawat, Gak Mahal Kok!

Dyah Photo Verified Writer Dyah

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya