Comscore Tracker

Persiapkan 6 Keperluan Ini pada Usia Kandungan 4 Bulan, yuk!

Calon ibu muda yang sedang hamil wajib paham, nih!

Biaya persalinan memang 'lumayan', gak heran jika banyak pasangan yang sejak mengetahui istri sedang hamil, pasti fokus mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Namun, selain biaya persalinan ada hal lain yang gak kalah penting untuk dipersiapkan sebagai calon orangtua. 

Memang terlihat remeh, namun rupanya yang kamu perlu persiapkan ini penting, lho. Sebagai calon orangtua siaga, setidaknya deretan hal ini sudah kamu persiapkan di usia kehamilan 4 bulan. Catat, ya!

1. Menyambut kedatangan buah hati, seperangkat pakaian bayi jangan sampai lupa disiapkan

Persiapkan 6 Keperluan Ini pada Usia Kandungan 4 Bulan, yuk!ilustrasi bayi (unsplash.com/@jimmy_conover)

Ada mitos mengatakan bahwa jangan terlalu banyak beli baju bayi sebelum lahiran. Walau begitu, bukan berarti kamu sama sekali gak mempersiapkan pakaian mereka jelang kedatangan si kecil ke dunia. Malah, calon orangtua perlu mempersiapkan tas pribadi untuk pakaian bayi. 

Setidaknya, bawa dua setel pakaian yang terdiri dari bedongan, baju dengan lengan pendek dan lengan panjang, popok, topi, sarung tangan dan kaus kaki bayi. Kalau sudah lengkap begini, saat sewaktu-waktu anak lahir, tas isi pakaian siap dibawa. 

2. Kamu tetap perlu bersiap bawa alat mandi bayi sendiri

Persiapkan 6 Keperluan Ini pada Usia Kandungan 4 Bulan, yuk!ilustrasi bayi (unsplash.com/@picsea)

Membayangkan sudah bisa mendekap bayimu, kemudian memandikannya untuk pertama kali memang tampak menyenangkan. Nah, supaya bayangan ini gak sirna karena kurangnya persiapkan, yuk, mulai beli seperangkat alat mandi bayi sejak kehamilan menginjak usia 4 bulan. Mulai dari washlap, sabun mandi, sampo, handuk, hingga minyak telon untuk membuat bayi jadi hangat setelah mandi. 

Memang beberapa rumah bersalin memberikan peralatan mandi bayi sebagai hampers, pun memang bayi baru lahir gak langsung dimandikan. Namun, nggak ada salahnya, kan, untuk mempersiapkannya sendiri sejak awal? 

3. Selimut serta bantal untuk bayimu pun layak dipersiapkan

Persiapkan 6 Keperluan Ini pada Usia Kandungan 4 Bulan, yuk!ilustrasi bayi (unsplash.com/@echogrid)

Barang penting tapi sering dilupakan para calon orangtua baru adalah kenyamanan bayi. Selain dekapan orangtua dan pakaian, jangan lupa juga membeli beberapa potong selimut dan perlengkapan tidur bayi. 

Tidak perlu banyak, asal ada sudah dipersiapkan khusus untuk di rumah dan mana yang akan dibawa saat persalinan. Alih-alih selimut dan perlengakapan tidur yang lucu dengan berbagai hiasan, alangkah lebih tepat untuk membeli yang berbahan halus dan empuk. 

Baca Juga: 5 Tips Persiapan Melahirkan Normal agar Prosesnya Lancar

4. Pilih gendongan bayi yang aman dan nyaman untukmu, entah itu jarik atau gendongan masa kini

Persiapkan 6 Keperluan Ini pada Usia Kandungan 4 Bulan, yuk!ilustrasi bayi (unsplash.com/@brytny)

Ada banyak sekali pilihan gendongan untuk bayi yang bisa kamu gunakan. Mulai dari gendongan selempang instan yang kini banyak digunakan mama-mama muda atau kembali ke kebiasaan keluarga turun temurun yang menggunakan kain jarik. 

Dari jauh-jauh hari, gak ada salahnya untuk mencoba satu deminsatu gendongan yang ada. Belajar cara pakai jarik pun bisa minta bantuan mertua. Terpenting, kamu bisa merasa nyaman dan memberikan rasa aman bagi anak. 

5. Membeli peralatan menyusui sebelum melahirkan sangat disarankan

Persiapkan 6 Keperluan Ini pada Usia Kandungan 4 Bulan, yuk!ilustrasi bayi (unsplash.com/@liangkevin)

Gak ada yang lebih diharapkan dari seorang ibu yang akan melahirkan, selain keadaan bayi dan ibu yang sehat dan asi yang melimpah. Asi biasanya mengikuti setelah melahirkan, makanya gak ada salahnya untuk mempersiapkan alat pendukung menyusui sejak kehamilan di usia 4 bulan.

Mulai dari pemompa ASI, breast pad, tempat untuk menampung ASI, dot bayi, cooler bag, sampai dengan apron menyusui. Jangan ragu untuk minta pendapat kepada teman mengenai alat pendukung menyusui yang berkualitas baik. 

6. Tak kalah penting, pakaian nyaman untuk sang ibu

Persiapkan 6 Keperluan Ini pada Usia Kandungan 4 Bulan, yuk!ilustrasi wanita hamil (unsplash.com/@juanencalada)

Sering dilupakan karena terlalu bahagia sambut bayi, yaitu kenyamanan sang ibu, nih. Ibu nantinya akan bertaruh nyawa, setelah melahirkan pun rasanya pasti tak karuan. Untuk itu, pastikan bahwa kamu dan pasangan telah memilih pakaian yang nyaman untuk sebelum dan sesudah melahirkan. 

Kira-kira, kamu perlu mempersiapkan 3 pasang pakaian untuk digunakan saat menanti kelahiran dan setelahnya. Bagaimana baju yang layak dipilih? Selain sopan, pastikan bahannya menyerap keringat, dan tidak terlalu ketat. Pakaian seperti daster juga akan lebih memudahkan ibu pasca melahirkan. 

Jika semua persiapan sudah ada, jangan lupa masukan sekaligus ke dalam sebuah tas. Nantinya, tas ini akan kamu bawa saat akan melahirkan. Letakkan dekat pintu kamar, sehingga saat merasakan kontraksi, tas perlengkapan sudah siap siaga. Gak ada lagi drama barang ketinggalan, deh. 

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Episiotomi saat Melahirkan, Perlu Persiapan Matang

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya