Comscore Tracker

5 Kesalahan saat Cuci Muka Ini Sering Dilakukan, Bikin Muka Bermasalah

Baca yuk, biar muka glowing dan sehat! #IDNTimesLife

Mencuci muka adalah salah satu langkah paling sederhana dalam menjaga kesehatan kulit. Tampaknya sederhana, butuh sabun, air, dan wajah digosok dan dibilas. Eits, ternyata cuci muka gak bisa sebarang, lho. 

Sering gak disadari, ternyata lima kesalahan saat cuci muka ini banyak dilakukan, mungkin oleh kamu juga. Gak cuma bikin muka jadi gak maksimal bersihnya, tapi juga berbagai masalah lain. Apa saja, ya?

1. Pemilihan sabun yang gak sesuai jenis kulit

5 Kesalahan saat Cuci Muka Ini Sering Dilakukan, Bikin Muka Bermasalahilustrasi cuci muka (pexels.com/koolShooters)

Siapa nih yang gampang keracunan produk dari selebgram atau beauty guru dan asal beli aja? Gak semua produk yang dipamerkan oleh mereka harus kamu punya, lho. Apalagi kalau ternyata gak sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. 

Kenali sendiri apa jenis kulit dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Selain itu, hindari sabun muka yang terlalu keras sehingga bikin kulit jadi kering atau sabun muka yang terlalu lembut dan susah mengangkat kotoran di wajah. 

2. Terlalu sering cuci muka

5 Kesalahan saat Cuci Muka Ini Sering Dilakukan, Bikin Muka Bermasalahilustrasi cuci muka (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Muka yang segar dan wangi sabun memang meningkatkan mood banget, ya? Rasanya jadi pengen sering cuci muka! 

Namun kamu perlu tahu bahwa waktu terbaik untuk cuci muka itu hanya 2 kali dalam sehari dan gak boleh lebih. Kenapa? Selain bisa bikin iritasi, ini juga menyebabkan produksi minyak di wajah jadi berlebihan. Duh ...

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ubah Kebiasaan Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

3. Cuci muka dengan suhu air terlalu panas

5 Kesalahan saat Cuci Muka Ini Sering Dilakukan, Bikin Muka Bermasalahilustrasi cuci muka (unsplash.com/pkumar26)

Suka bingung gak sih harus cuci muka pakai air hangat atau air dingin? Ada yang bilang kalau air hangat bisa bikin pori-pori terbuka sementara air dingin membuat pori-pori tertutup. Padahal itu mitos, lho. 

Jika kamu tanya suhu air terbaik apa untuk cuci muka, jawabannya adalah air hangat. Namun, jangan pakai air dengan suhu terlalu panas ya, karena bisa bikin kulit kering. 

4. Mengeringkan wajah pakai handuk dengan cara digosok

5 Kesalahan saat Cuci Muka Ini Sering Dilakukan, Bikin Muka Bermasalahilustrasi handuk (unsplash.com/Sven Mieke)

Tahu gak sih kalau cara mengeringkan wajah yang tepat itu bukan digosok melainkan ditepuk-tepuk dengan handuk? Menggosok wajah dengan handuk bisa bikin bahaya elastin wajah kamu lho. 

Gak cuma itu, hindari juga berbagi handuk dengan orang lain sekalipun teman dekat atau keluarga. Kamu tidak pernah tahu benar kondisi kesehatan seseorang, 'kan?

5. Cara mengaplikasikan sabun wajah yang salah

5 Kesalahan saat Cuci Muka Ini Sering Dilakukan, Bikin Muka Bermasalahilustrasi cuci muka (pexels.com/Ron Lach)

Setiap jenis muka, punya treatment yang berbeda. Misalkan sabun muka khusus berjerawat yang setelah diaplikasikan jangan langsung dibilas. Tunggu beberapa saat supaya zat khusus dalam sabun bisa memerangi bakteri penyebab jerawatnya. 

Atau sabun muka untuk kulit kering, alih-alih sekadar diratakan, kamu juga bisq gosok perlahan beberapa kali ke seluruh bagian wajah sebelum dibilas. Ini menambah terapi sekaligus me time singkat yang menyenangkan untuk kamu. 

Yuk diingat-ingat kembali, mana di antara lima kesalahan di atas yang sampai detik ini masih sering kamu lakukan? Jangan lakukan kesalahan yang sama lagi, ya, biar muka lebih sehat dan lekas glow up!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya