Comscore Tracker

Hati-hati! 5 Produk Skincare Ini Bisa Sebabkan Kulit Tampak Lebih Tua

Wajib digunakan secara bijak

Banyak orang mengandalkan produk skincare untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Tetapi, kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa produk skincare sebenarnya justru dapat menyebabkan masalah kulit, salah satunya penuaan dini. Hal ini utamanya jika kamu tidak menggunakan produk yang tepat untuk jenis kulit, yang dapat menyebabkan kulit kering, kusam, berjerawat, yang membuat tanda-tanda penuaan lebih terlihat.

Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati terhadap beberapa produk skincare yang berpotensi memicu munculnya tanda-tanda penuaan. Berikut ini adalah beberapa skincare yang perlu kamu waspadai dilansir dari laman Prevention dan Total Beauty.

1. Retinol

Hati-hati! 5 Produk Skincare Ini Bisa Sebabkan Kulit Tampak Lebih Tuaunsplash.com/Kelly Sikkema

Ironis memang, retinol yang selama ini dikenal sebagai pembasmi kerutan terbaik, ternyata dapat menambah tanda-tanda penuaan jika tidak digunakan dengan benar. Sebab, retinol merupakan bahan yang kuat dan jika digunakan secara berlebihan dapat membuat kulit semakin kering dan keriput lebih terlihat.

Untuk menghindari efek samping ini, pastikan kamu tidak menggunakan krim atau serum retinol lebih dari seukuran kacang polong untuk seluruh wajah. Untuk yang baru memulai, sebaiknya gunakan retinol satu hari per minggu secara bertahap selama tidak melihat adanya iritasi.

Tetapi, jika setelah memakainya selama beberapa waktu kamu melihat kulitmu terasa terlalu kencang atau kering, mungkin kamu perlu menurunkan kadar retinol atau beralih menggunakan bahan anti aging yang lain.

2. Bahan pencerah kulit

Hati-hati! 5 Produk Skincare Ini Bisa Sebabkan Kulit Tampak Lebih Tuafreepik.com/freepik

Kulit yang cerah masih menjadi dambaan banyak orang di Indonesia. Salah satu bahan pencerah kulit favorit adalah asam alfa hidroksi dan hidrokuinon. Tidak apa-apa untuk memanjakan kulit sesekali dengan bahan tersebut, tetapi agen pencerah seperti asam alfa hidroksi dan hidrokuinon dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari, yang menyebabkan terbentuknya bintik-bintik cokelat seperti tanda-tanda penuaan.

Karenanya, untuk kamu yang terbiasa beraktivitas di luar ruangan, mungkin memerlukan bahan pencerah alami yang tidak menyebabkan efek samping sensitif terhadap matahari.

Baca Juga: 5 Tahap Morning Skincare Routine Wajib untuk Usia 25 Tahun ke Atas

3. Alkohol

Hati-hati! 5 Produk Skincare Ini Bisa Sebabkan Kulit Tampak Lebih Tuafreepik.com/freepik

Semua produk kecantikan yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit dan menghilangkan minyak pada kulit. Minyak sendiri memiliki fungsi memberikan hidrasi dan membantu menjaga penghalang antara kulit dan penyebab iritasi luar. Alhasil, kulit tampak kering dan keriput.

Perlu kamu tahu, alkohol banyak ditemukan di segala produk kecantikan, mulai dari tisu wajah, toner, hingga makeup remover, jadi periksa labelnya dan beralihlah ke alternatif yang bebas alkohol.

4. Tabir surya aerosol

Hati-hati! 5 Produk Skincare Ini Bisa Sebabkan Kulit Tampak Lebih Tuafreepik.com/freepik

Tabir surya dikenal sebagai salah satu produk wajib untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Tetapi, penting untuk berhati-hati terhadap jenis tabir surya yang kamu gunakan. Banyak tabir surya semprot atau aerosol mengandung bahan yang mengganggu hormon, yang mencegah sistem reproduksi bekerja dengan baik.

Bahan ini secara khusus menargetkan fungsi sistem endokrin, yang mengatur kelenjar utama yang bekerja dengan sistem saraf dan sistem peredaran darah. Jika kadar estrogen atau testosteron tidak optimal, pertumbuhan, jaringan, reproduksi, fungsi seksual dan tidur semuanya bisa terganggu.

5. Produk eksfoliasi

Hati-hati! 5 Produk Skincare Ini Bisa Sebabkan Kulit Tampak Lebih Tuafreepik.com/user18526052

Eksfoliasi memang dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah secara instan, tapi jika dilakukan secara berlebihan, produk eksfoliasi justru dapat membuat kamu tampak lebih tua. Saat kamu menggunakan produk eksfoliasi, bulir-bulirnya dapat menghilangkan terlalu banyak lapisan dan merusak pelindung alami kulit yang bertanggung jawab untuk mengunci kelembapan.

Eksfoliasi berlebihan akhirnya dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, lebih tipis, dan lebih sensitif, yang membuat kulit tampak lebih tua daripada usia sebenarnya. Itulah mengapa sebagian besar produk pengelupasan kulit biasanya tidak boleh digunakan lebih dari dua kali seminggu.

Jadi, agar rutinitas kecantikanmu tidak sia-sia dan bahkan membuat kulit mengalami penuaan, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan berbagai produk skincare di atas ya.

Baca Juga: Basic Skincare untuk Mengatasi Jerawat Pasir, Bye Bye Beruntusan!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya