Comscore Tracker

5 Bahaya Tidak Mencuci Wajah dengan Benar, Bisa Picu Berbagai Masalah

Pastikan kamu melakukannya dengan benar setiap hari

Membersihkan wajah dengan baik adalah salah satu bagian penting dari perawatan kulit. Idealnya, kita semua mencuci wajah dua kali setiap harinya, yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur. Namun, yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa kamu sudah melakukannya dengan benar.

Sebagai contoh, jika kamu tidak menggunakan riasan, mencuci wajah dua kali sehari dengan sabun saja sudah cukup. Namun, jika kamu menggunakan riasan, maka kamu perlu melakukan double cleansing sebelum tidur dan eksfoliasi secara rutin. Jika tidak, ini akan menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

Di sini, kita akan mempelajari lebih dalam apa saja bahayanya jika kamu tidak membersihkan wajah dengan benar.

1. Produk skincare tidak dapat bekerja dengan baik

5 Bahaya Tidak Mencuci Wajah dengan Benar, Bisa Picu Berbagai Masalahilustrasi produk perawatan (pexels.com/RODNAE Production)

Dijelaskan dalam laman Insider, jika kamu tidak membersihkan wajah dengan benar, skincare yang akan kamu pakai selanjutnya tidak akan terserap dengan sempurna. Ini karena penumpukan sel-sel kulit dan kotoran menghalangi produk untuk masuk ke dalam. Sebagai akibatnya, skincare tidak akan bekerja secara efektif.

Sebaliknya, saat dibersihkan dengan benar, kotoran dan sel kulit mati dapat terangkat dari permukaan sehingga produk dapat dengan mudah meresap. Karena mampu menembus lapisan kulit, produk skincare dapat bekerja secara efektif.

2. Pori-pori membesar

5 Bahaya Tidak Mencuci Wajah dengan Benar, Bisa Picu Berbagai Masalahilustrasi pori-pori (unsplash.com/Taylor Young)

Tidur dengan wajah yang tidak benar-benar bersih akan membuat pori-pori tersumbat dan membesar, menurut laman Bustle. Pori-pori yang tersumbat ini lama kelamaan dapat menyebabkan peradangan kulit, kemerahan, iritasi, hingga jerawat.

Pembersihan penting untuk menghilangkan semua minyak, kotoran, polusi, dan hal-hal lain yang bersentuhan dengan kulit setiap hari. Pori-pori yang bersih juga akan tampak lebih kecil dan meminimalkan risiko berbagai masalah kulit.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Skincare Korea untuk Lindungi Kulit dari Sinar UV 

3. Muncul tanda penuaan

5 Bahaya Tidak Mencuci Wajah dengan Benar, Bisa Picu Berbagai Masalahilustrasi kulit menua (freepik.com/freepik)

Penuaan bukanlah hal yang buruk. Bahkan, kita semua harus berdamai dan menerimanya saat tanda-tandanya muncul. Namun, tentunya kamu tidak ingin jika tanda-tanda penuaan ini muncul lebih awal sebelum waktunya.

Jika kamu melihat tanda-tanda penuaan datang lebih cepat, itu bisa menunjukkan bahwa kamu tidak membersihkan wajah dengan benar. Dijelaskan laman Bustle, tidak membersihkan wajah dari kotoran yang menempel sepanjang hari bukan hanya akan menyumbat pori-pori, tetapi juga berkontribusi pada kerusakan kolagen. Akibatnya, tanda penuaan, seperti keriput, kulit kering, jerawat, dan kusam akan segera muncul.

4. Tekstur kulit berubah

5 Bahaya Tidak Mencuci Wajah dengan Benar, Bisa Picu Berbagai Masalahilustrasi kulit kasar (freepik.com/jcomp)

Saat mencuci wajah, kamu juga menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Diterangkan laman Bustle, dengan tidak membersihkan wajah dengan benar, kamu membiarkan sel-sel kulit ini menumpuk dari waktu ke waktu. Ini kemudian membuat kulit terasa kasar dan tidak rata.

Selain kulit yang kasar, tidak membersihkan wajah dengan benar juga akan memicu munculnya minyak dan jerawat sebagai akibat dari pori-pori yang tersumbat. Sebaliknya, membersihkan kulit dari kotoran dan sel-sel kulit mati akan membuat teksturnya menjadi lembut dan halus.

5. Riasan tidak dapat menempel dengan baik

5 Bahaya Tidak Mencuci Wajah dengan Benar, Bisa Picu Berbagai Masalahilustrasi menggunakan makeup (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu mengamati bahwa produk riasan tidak menempel dengan baik dan terus mengelupas, artinya kamu belum membersihkan kulit dengan benar. Ya, penumpukan kotoran bisa menghalangi riasan untuk menempel dengan baik di kulit.

Wajah yang tidak dicuci dengan benar dapat menyebabkan minyak berlebih, sel kulit mati, tekstur tidak rata, dan banyak lagi. Dengan demikian, riasan apa pun yang ada di atas kulit bersaing dengan kotoran yang tersisa. Misalnya, kamu ingin menggunakan foundation matte, tapi belum membersihkan kelebihan minyak pada wajah. Produk itu akan masuk ke dalam kelebihan sebum di kulit yang menyebabkan riasan tidak halus dan rusak.

Dengan mengetahui semua ini, semoga ke depannya kamu semakin paham pentingnya mencuci wajah dengan benar. Untuk mencuci wajah dengan baik, dianjurkan menggunakan pembersih wajah dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari.

Jika kamu menggunakan riasan, pastikan kamu melakukan double cleansing di malam hari sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi secara rutin untuk membantu membersihkan permukaan kulit dari sel-sel kulit mati. Di sisi lain, mencuci wajah secara berlebihan juga tidak disarankan. Sebab, kebiasaan ini juga akan merusak kulit dan memicu munculnya berbagai masalah.

Baca Juga: 7 Produk Skincare Berbahan Dasar Mugwort, Atasi Garis Halus di Wajah

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya