Comscore Tracker

Praktikkan Sekarang! 6 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Memencet Jerawat

Biar jerawat gak makin parah juga

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Umumnya, saat sedang berjerawat, orang-orang akan tergoda untuk menyentuh dan memencet jerawat agar cepat hilang.

Padahal, kebiasaan memencet jerawat ini justru dapat memicu timbulnya flek hitam, bopeng, dan masalah kulit yang lebih parah. Untuk itu, kebiasaan ini perlu segera diatasi. Nah, jika kamu termasuk salah satu yang sering tergoda untuk memencet jerawat, lakukan cara ini untuk mengatasi kebiasaan memencet jerawat, yuk.

1. Buat tangan selalu sibuk

Praktikkan Sekarang! 6 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Memencet Jerawatunsplash.com/NeONBRAND

Keinginan untuk memencet jerawat sering kali muncul ketika kita sedang bosan. Oleh karena itu, salah satu cara efektifnya dengan membuat tanganmu selalu sibuk, misalnya menulis, memegang HP, buku, atau pulpen. Harapannya, kamu bisa berhenti menaruh tanganmu di wajah dan memencet jerawat.

2. Jangan terlalu sering menatap cermin

Praktikkan Sekarang! 6 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Memencet JerawatUnsplash.com/Oleg Sergeichik

Kadang-kadang, menatap cermin terlalu lama juga bisa membuat kamu tergoda untuk memencet jerawat. Terlebih, saat jerawat sudah kering, ini bisa bikin kamu merasa tergoda untuk segera melenyapkan jerawat tersebut dari wajah.

Untuk itu, hilangkan kebiasaan bercermin saat tidak diperlukan. Dengan menyingkirkan godaan ini, harapannya kamu tidak akan mudah tergoda untuk memencet jerawat.

3. Potong kuku secara rutin

Praktikkan Sekarang! 6 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Memencet Jerawatunsplash.com/Ke Vin

Biasanya, kuku digunakan sebagai senjata untuk mengelupas dan memencet jerawat. Selain berbahaya, kuku yang panjang juga bisa jadi sarang kuman dan kotoran. Sehingga, jika kamu menyentuh jerawat dengan kuku yang panjang dan kotor, ini bisa membuat kulit mengalami infeksi dan semakin bermasalah.

Untuk itu, kamu harus memotong kuku secara rutin. Selain agar kamu tidak memiliki "senjata" untuk mengelupas dan memencet jerawat, memotong kuku juga akan mencegah berpindahnya kotoran di kuku ke wajah saat kamu menyentuh wajah.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!

4. Buat pengingat agar tidak memencet jerawat

Praktikkan Sekarang! 6 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Memencet Jerawatunsplash.com/Kelly Sikkema

Kadang-kadang, aktivitas memencet jerawat ini terjadi tanpa disadari. Untuk itu, kamu perlu menaruh sticky notes untuk mengingatkan kamu agar tidak memencet jerawat.

Taruh sticky notes di tempat-tempat, seperti meja rias, cermin, laptop atau komputer, kamar mandi, buku, tas, dinding kamar, meja, dan tempat lain yang sering kamu datangi. Semakin sering kamu mengingat untuk tidak memencet jerawat, semakin mudah kamu lepas dari kebiasaan buruk ini.

5. Gunakan acne patch

Praktikkan Sekarang! 6 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Memencet Jerawatinstagram.com/herocosmetics

Kamu juga bisa melindungi jerawatmu dari sentuhan tangan sekaligus mempercepat penyembuhannya dengan menggunakan acne patch pada jerawat. Selain menahan dirimu dari keinginan untuk memencet jerawat, bahan yang terkandung di dalam acne patch juga mengeluarkan nanah pada jerawat tanpa meninggalkan noda hitam.

Tak hanya itu, acne patch juga bisa melindungi jerawat dari debu dan kotoran, tapi tetap membuat kulit dapat bernapas.

6. Pakai masker saat sedang di rumah

Praktikkan Sekarang! 6 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Memencet Jerawatunsplash.com/Velizar Ivanov

Godaan menyentuh jerawat paling sering datang saat kita berada di rumah, beristirahat, dan tidak melakukan apa-apa. Untuk mencegah menyentuh jerawat saat sedang di rumah, kamu bisa mengaplikasikan masker wajah saat sedang di rumah.

Agar kulit tidak bermasalah, kamu bisa mengaplikasikan masker yang sifatnya menyerap minyak dan melembapkan secara berselang-seling. Dengan begitu, bukan hanya kamu akan terhindar dari aktivitas menyentuh jerawat, tapi kulit juga akan ternutrisi dan makin sehat.

Yuk, segera praktikkan cara di atas secara konsisten untuk menghentikan kebiasaan memencet jerawat.

Baca Juga: 5 Olahan yang Dapat Menjadi Pemicu Jerawat, Jangan Banyak-banyak!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya