Comscore Tracker

6 Cara Mudah & Efektif Atasi Rambut Rontok pada Perempuan Berhijab

Yuk praktikkan segera

Salah satu permasalahan yang kerap dialami para perempuan berhijab adalah rambut yang menjadi rapuh dan mudah rontok. Kendati masalah ini dapat ditutupi dengan hijab, tapi saat para perempuan melepas hijabnya, rambut yang rontok ini akan terlihat di mana-mana dan sangat mengerikan, seperti di kain hijab, tangan, sisir, bahkan bertebaran di lantai. Terlebih lama-kelamaan masalah ini kemudian dapat menyebabkan rambut menjadi sangat tipis.

Untuk itu, penting sekali bagi kamu para perempuan berhijab untuk senantiasa menjaga agar rambut tidak mudah rontok. Lantas bagaimanakah caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat

6 Cara Mudah & Efektif Atasi Rambut Rontok pada Perempuan BerhijabUnsplash.com/Mel Poole

Kepala yang terus tertutup hijab akan menjadi lebih panas dan memicu pembentukan keringat, yang lama kelamaan akan membuat rambut dan kulit kepala menjadi basah dan tidak sehat. Untuk itu, sangat penting untuk memperhatikan pemilihan bahan hijab. Pilihlah bahan yang adem dan mudah menyerap keringat untuk mencegah rambut menjadi lembap sekaligus menghindari aroma tidak sedap akibat keringat.

2. Pilih sampo yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rambut

6 Cara Mudah & Efektif Atasi Rambut Rontok pada Perempuan Berhijabthebodyshop.com

Nyatanya, penggunaan sampo yang cocok dengan jenis dan kebutuhan rambut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan rambut. Kalau kamu memiliki masalah dengan rambut rontok, artinya kamu harus membiasakan untuk menggunakan sampo yang khusus dibuat untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

3. Gerai rambutmu dan pijit-pijit kepala secara rutin

6 Cara Mudah & Efektif Atasi Rambut Rontok pada Perempuan Berhijabpexels.com/element5 digital

Saat kamu sedang tidak mengenakan hijab, lepaskan kucir rambutmu, kemudian sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah. Sebab selain memicu kerontokan rambut, terlalu lama menutup rambut dan mengucirnya pastinya bikin kamu tidak nyaman dan bahkan merasa pusing. Untuk itu, lakukan cara ini setiap hari, minimal ketika hendak tidur.

Baca Juga: Girls, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambutmu Lepek dan Lengket

4. Konsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut

6 Cara Mudah & Efektif Atasi Rambut Rontok pada Perempuan Berhijabunsplash.com/Brenda Godinez

Kamu juga perlu mengatasi masalah rambut rontok dari dalam untuk mendapatkan efek yang maksimal. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein, asam omega 3, vitamin C, E, dan B kompleks, serta zat besi. Sebab, semuanya merupakan elemen esensial yang dibutuhkan untuk membangun jaringan rambut, memperkuatnya, serta mencegah kerusakan rambut.

5. Jaga kebersihan rambut

6 Cara Mudah & Efektif Atasi Rambut Rontok pada Perempuan Berhijabjohnmasters.com

Kulit kepala dan rambut perlu dijaga kebersihannya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut, termasuk kerontokan. Sebab, rambut serta kulit kepala yang kotor dapat memicu pembentukan ketombe serta bakteri yang akan memperparah kondisi kerontokan. Untuk itu, pastikan kamu mencuci rambut secara rutin untuk memastikan rambut senantiasa bersih.

6. Pastikan kamu mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum mengenakan hijab

6 Cara Mudah & Efektif Atasi Rambut Rontok pada Perempuan Berhijabpexels.com/Element5 digital

Setelah keramas, jangan pernah langsung menutup kepala dengan hijab dalam keadaan masih basah. Sebab, dalam keadaan basah rambut menjadi lebih raput dan mudah rontok. Selain itu, memakai hijab saat rambut masih basah juga dapat memicu pembentukan ketombe yang akan memperparah kerontokan. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengeringkan rambutmu terlebih dahulu sebelum mengenakan hijab.

Nah, itu tadi beberapa cara mengganti rambut rontok bagi perempuan berhijab. Walaupun tampak mudah dan sederhana, tapi cara tersebut sangat efektif lho. Jadi, yuk segera praktikkan cara di atas.

Baca Juga: Anemia Ternyata Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Ini Fakta Medisnya

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You