Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Masalah Kulit akibat Terlalu Lama Pakai Masker

Terapkan sekarang juga sebelum terlambat

Masker memainkan peran penting dalam mengurangi penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, saat ini semua orang diharuskan untuk menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

Sayangnya, penggunaan masker yang terlalu lama berisiko menimbulkan masalah pada kulit, mulai dari jerawat, kulit kering, mengelupas, ruam, dan gatal. Sehingga kamu perlu menerapkan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan kulit.

Nah, jika kamu terlanjur mengalami masalah kulit atau ingin menghindari masalah akibat penggunaan masker. Yuk, ikuti tips berikut ini agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

1. Selalu rawat wajah dengan pembersih dan pelembap yang ringan

5 Cara Mengatasi Masalah Kulit akibat Terlalu Lama Pakai Maskerunsplash.com/Kevin Laminto

Menurut American Academy of Dermatology, menggunakan produk skincare yang lembut dapat mencegah masalah kulit. Untuk itu, pastikan kamu selalu membersihkan wajah dengan produk pembersih yang ringan dan bebas pewangi.

Selain itu, terlalu sering memakai masker bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Untuk itu, selalu gunakan pelembap segera setelah membersihkan wajah. Sebab, pelembap dapat menambah lapisan pelindung dan mengurangi masalah kekeringan.

2. Temukan penyebab masalah kulit 

5 Cara Mengatasi Masalah Kulit akibat Terlalu Lama Pakai Maskerunsplash.com/Ayo Ogunseinde

Menurut laman CNBC, seringkali ruam kulit disebabkan oleh sesuatu yang ada pada masker, bukan karena gesekan atau kelembapan yang terperangkap. Sebagian orang bisa mengalami alergi terhadap perekat, pewarna, atau bahkan deterjen yang digunakan untuk mencuci masker.

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah ganti deterjen yang kamu gunakan untuk mencuci masker dengan deterjen yang lebih lembut di kulit. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi dokter untuk mengetahui secara pasti perihal masalah kulit yang kamu alami.

Baca Juga: 6 Penjelasan Kenapa Olahraga Keras Menggunakan Masker Itu Berbahaya

3.  Pilih masker dari bahan yang lembut, alami, dan nyaman

5 Cara Mengatasi Masalah Kulit akibat Terlalu Lama Pakai Maskerunsplash.com/Vera Davidova

Saat ini, masker wajah dari kain bisa sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Tapi alih-alih hanya memilih masker yang menurutmu menarik, jauh lebih baik kalau kamu memperhatikan bahan masker.

Menurut laman CDC, pilihlah masker yang terbuat dari bahan kapas karena kapas memiliki sifat yang lembut dan memungkinkan kulit untuk bisa bernapas. Selain itu, pilih masker yang ukurannya pas, nyaman, dan rapat.

Juga, hindari masker dari bahan sintetis seperti poliester, nilon, dan rayon, karena bahan tersebut cenderung membuat kamu mudah berkeringat, yang akan membuat masker selalu lembap dan dapat menyebabkan iritasi.

4. Minimalkan riasan

5 Cara Mengatasi Masalah Kulit akibat Terlalu Lama Pakai Maskerunsplash.com/Sharon McCutcheon

Dilansir dari laman Independent, masker wajah menciptakan lingkungan lembap yang dapat memengaruhi produksi sebum di kulit, yang kemudian menyebabkan pori-pori tersumbat, iritasi, dan jerawat; utamanya di sekitar hidung, mulut, pipi, dan dagu. Bahkan jika kulit sudah bermasalah, penggunaan riasan dan masker dapat memperbesar masalah kulit yang sudah ada.

Untuk itu, sebisa mungkin jangan menggunakan riasan jika kamu harus menggunakan masker. Tapi jika kamu harus menggunakan riasan, pakailah riasan dengan formulasi non-komedogenik dan gunakan seminimal mungkin, khususnya untuk foundation, concelaer, dan bedak.

5. Hindari produk skincare yang sifatnya mengiritasi kulit

5 Cara Mengatasi Masalah Kulit akibat Terlalu Lama Pakai Maskerunsplash.com/The Honest Company

Mengenakan masker dapat membuat kulit jadi lebih sensitif. Untuk mengurangi masalah kulit, hindari mencoba produk-produk yang keras, seperti chemical peeling, eksfoliator, atau retinoid.

Menurut laman American Academy of Dermatology, produk seperti retinoid dan retinol dapat mengiritasi kulit. Untuk itu, sebaiknya hanya gunakan produk-produk tersebut di malam hari, dan jangan gunakan dalam jumlah berlebihan untuk menghindari masalah kulit.

Kalau selama menggunakan masker kamu jadi sering mengalami masalah kulit, coba terapkan tips di atas, barang kali masalah kulit yang kamu alami akan berkurang atau bahkan hilang sepenuhnya!

Baca Juga: 5 Kiat Pakai Hijab dan Masker Tanpa Gerah saat New Normal

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya