Comscore Tracker

Cegah Kerusakan, Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Rambut Basah

Harus diperlakukan dengan hati-hati

Entah disadari atau tidak, tetapi rambut jauh lebih rapuh saat dalam keadaan basah. Artinya, rambut yang basah perlu diperlakukan dengan sehati-hati mungkin dan penuh kasih sayang.

Sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan pada rambut basah, yang membuat rambut jadi mudah patah hingga mengalami kerusakan. Dilansir dari laman Bustle dan Romper, untuk menghindari rambut dari kerusakan, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal berikut pada rambut yang basah.

1. Hindari menyanggul atau mengucir rambut dalam keadaan basah

Cegah Kerusakan, Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Rambut Basahunsplash.com/Chris Slupski

Saat basah, rambut mencapai elastisitas yang maksimal. Jadi, saat disanggul, rambut lebih mudah patah. Hal ini juga dapat menyebabkan menjadi rambut sangat kering.

Hal yang sama juga berlaku untuk kucir kuda. Menyanggul ataupun mengucir rambut dalam keadaan basah bukan hanya membuat rambut jadi lebih mudah patah tapi juga membuat kulit kepala tidak dapat terkena cukup udara untuk mengering, yang dapat menyebabkan eksim atau iritasi kulit lainnya. Jadi, yang terbaik adalah membiarkan rambut kering terlebih dahulu.

2. Jangan mengeringkan rambut dengan suhu yang terlalu tinggi

Cegah Kerusakan, Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Rambut Basahpixabay.com/RyanMcGuire

Untuk mempercepat proses pengeringan rambut, banyak orang yang memilih menggunakan bantuan pengering rambut. Nah, perlu kamu tahu, menggunakan pengering rambut dengan suhu terlalu tinggi bisa menimbulkan masalah bagi rambut yang basah.

Kamu dapat menghindari masalah pada rambut dengan tidak menggunakan suhu yang terlalu tinggi untuk mengeringkan rambut. Sebab, terlalu banyak udara panas dapat merusak kelembapan yang berharga bagi rambut.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Rambut dari Rumah Saat Pandemik, Murah dan Mudah

3. Jangan langsung mengaplikasikan masker, minyak, atau produk lainnya

Cegah Kerusakan, Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Rambut Basahpexels.com/element5 digital

Setelah keramas, banyak orang yang memilih untuk menggunakan masker atau minyak rambut sebagai bagian dari perawatan rambut tambahan. Tapi, jangan mengaplikasikan produk ini saat rambut masih dalam keadaan basah. Sebab, penggunaan berbagai produk pada rambut basah sangat tidak efektif.

Jadi, untuk memaksimalkan efeknya, kamu harus membiarkan rambut kering terlebih dahulu. Ini berguna agar produk dapat menembus batang rambut dengan lebih mudah dan memberikan manfaat bagi rambut.

4. Jangan menyikat rambut basah terlalu agresif

Cegah Kerusakan, Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Rambut Basahpixabay.com/Jo_Johnston

Sebenarnya, menyikat rambut yang basah menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Namun, jika kamu harus menyikat rambut basah, kamu harus selalu memulai dari ujung dan terus ke atas sambil menahan bagian rambut yang sedang dikerjakan dengan tangan.

Juga, ketika menyisir rambut basah, kamu bisa menggunakan conditioner tanpa bilas untuk meminimalkan hambatan dan memaksimalkan kelembutan rambut.

5. Jangan membungkus rambut

Cegah Kerusakan, Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Rambut Basahpixabay.com/Victoria_Borodinova

Banyak orang yang terbiasa menutup rambut dengan handuk sehabis keramas. Padahal, membungkus rambut dengan handuk saat masih basah sebenarnya dapat merusak rambut. Ini karena serat kasar dari handuk membuat rambut kasar dan dapat menyebabkan kerusakan.

Selain itu, rambut jauh lebih elastis saat basah. Jadi, jika kamu memelintir rambut dengan pembungkus, kamu meregangkan helai rambut, menyebabkan kerusakan, dan kehilangan bentuk alami jika kamu memiliki rambut ikal. Untuk membantu menyerap kelembapan, sebaiknya gunakan kain katun sebagai pengganti handuk dan jangan dipelintir.

Pasti masih banyak di antara kamu yang sering melakukan kesalahan di atas. Tapi, demi kebaikan rambut ke depannya, segera hentikan semua kesalahan di atas, ya.

Baca Juga: Recommended! 5 Produk Hair Treatment Ini Ampuh Merawat Rambut Rusak

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya