Comscore Tracker

Sedang Hits, Ini 5 Efek Samping Eyelash Extension yang Jarang Disadari

Pahami konsekuensinya dulu

Sebagian perempuan lebih menyukai bulu mata yang panjang, lentik, dan subur. Untuk mendapatkannya, mereka biasanya menggunakan maskara atau bulu mata palsu. Namun, saat ini, tren yang juga cukup digemari oleh banyak perempuan adalah eyelash extension. Dengan eyelash extension, seseorang bisa memiliki bulu mata yang panjang dan subur serta dalam waktu yang relatif lebih lama.

Akan tetapi, entah eyelash extension dilakukan sendiri atau menggunakan bantuan profesional, bulu mata buatan kadang dapat menyebabkan efek samping. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat menggunakan eyelash extension dilansir laman WebMD dan UW Medicine.

1. Reaksi alergi

Sedang Hits, Ini 5 Efek Samping Eyelash Extension yang Jarang Disadaripixabay.com/katjarina

Bulu mata ekstensi kadang dibuat dengan bahan sintetis, seperti nilon, sutra, atau serat cerpelai. Banyak orang alergi cerpelai. Karenanya, bukan tidak mungkin seseorang harus langsung mengunjungi dokter mata segera setelah memasang eyelash extension.

Orang juga bisa bereaksi terhadap lem yang dipakai untuk memasang bulu mata. Oleh sebab itu, perlu dilakukan uji coba selama 24 jam untuk mengetahui apakah ada reaksi yang mungkin muncul.

2. Infeksi

Sedang Hits, Ini 5 Efek Samping Eyelash Extension yang Jarang Disadaripexels.com/Karolina Grabowska

Infeksi biasanya terjadi karena bulu mata yang tidak steril. Bulu mata sering dilapisi minyak seperti pada rambut. Tanpa pencucian yang teratur dan benar, bulu mata juga bisa menumpuk debu atau sel kulit mati. Akibatnya, kelopak mata bisa menjadi merah atau bengkak.

Kamu mungkin juga bisa mengalami bintitan atau benjolan di kelopak mata. Kamu dapat membantu mencegah masalah ini dengan mencuci kelopak mata dua kali sehari saat membersihkan wajah. Namun, pastikan kamu menggunakan sabun lembut dan menggosok kelopak mata serta bulu mata dengan lembut.

Baca Juga: 9 Potret Wuwinda, Beauty Vlogger yang Pandai Ilusi Makeup

3. Bulu mata ekstensi jatuh ke mata dan menyebabkan ketidaknyamanan ekstrem

Sedang Hits, Ini 5 Efek Samping Eyelash Extension yang Jarang Disadaripixabay.com/StockSnap

Bulu mata kita secara alami biasanya rontok sepanjang waktu dan kadang masuk ke sudut mata, begitu pula dengan eyelash extension. Saat bulu mata palsu rontok, kadang ekstensi bulu mata tertanam di selaput transparan yang menutupi bola mata meskipun kasus ini jarang terjadi.

Jika memiliki sensasi benda asing di mata yang tidak kunjung sembuh, kamu perlu segera menemui dokter mata.

4. Mata kering

Sedang Hits, Ini 5 Efek Samping Eyelash Extension yang Jarang Disadaripexels.com/Israelzin Oliveira

Setelah selesai melakukan eyelash extension, kamu diharuskan untuk merawatnya dengan lembut. Jaga agar tidak basah dengan air, pembersih, krim, atau produk lain selama 24 jam pertama. Setelah itu, kamu harus menjauhkan produk berbasis minyak dari mata. Itu karena minyak bisa melarutkan perekat bulu mata. Kamu juga tidak boleh menggosok atau menariknya.

Dalam upaya melindungi bulu mata, kamu bisa jadi tidak melakukan pembersihan alami seperti yang biasa kamu lakukan. Artinya, kotoran atau bakteri yang terperangkap oleh ekstensi bulu mata mungkin tidak dapat dihilangkan sehingga memudahkan akses ke mata. Itu juga bisa menghalangi kelenjar minyak di dasar bulu mata, yang menyebabkan mata kering dengan gejala berupa iritasi, rasa terbakar, gatal, kemerahan, dan kadang ada sensasi benda asing di mata.

5. Perawatan yang sulit

Sedang Hits, Ini 5 Efek Samping Eyelash Extension yang Jarang Disadaripexels.com/Bashir Olawoyin

Setelah menggunakan eyelash extension, kamu perlu memastikan bagian mata selalu bersih, tanpa eyeshadow, eyeliner, atau maskara. Sebab, apa pun yang ada di kelopak mata atau bulu mata dapat memengaruhi hasil ekstensi.

Misalnya, ketika akan membersihkan maskara di penghujung hari, kamu sebenarnya dapat menyebabkan ekstensi terlepas akibat gesekan dan makeup remover. Selain itu, eyeliner sering kali mengandung minyak dan lilin yang dapat mengurai lem bulu mata.

Demikianlah beberapa efek samping dari eyelash extension. Jadi, sebelum memutuskan melakukan eyelash extension, sebaiknya pikirkan dulu konsekuensinya baik-baik.

Baca Juga: Bare Face, 10 Artis Ini Berani Unggah Foto Dirinya Tanpa Makeup 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya