Comscore Tracker

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuh

100 persen alami dan lebih hemat lho!

Nutrisi dan kelembapan adalah kunci penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar. Dalam keseharian banyak sekali hal yang dapat membuat kulit kehilangan kelembaban dan tampak kusam seperti paparan sinar matahari, penggunaan sabun, AC, air, dan sebagainya.

Menggunakan body lotion yang banyak dijual di pasaran biasanya menjadi solusi praktis untuk mengatasi kulit kering. Padahal selain body lotion, banyak bahan alami yang ada di sekitarmu bisa kamu gunakan sebagai pelembab.

Selain 100 persen organik, menggunakan bahan alami juga ternyata lebih hemat lho bahkan ada yang bisa kamu peroleh secara cuma-cuma alias gratis. Penasaran kan? Berikut 7 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk melembabkan tubuh.

1. Minyak zaitun

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap TubuhUnsplash/Roberta Sorge

Minyak zaitun sudah lama digunakan sebagai pelembab tubuh maupun wajah sejak ratusan tahun yang lalu. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan asam alami yang dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

2. Minyak jarak

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuhonthatglow.com

Minyak jarak memiliki kandungan asam lemak dengan konsentrasi tinggi sehingga minyak jarak cepat meresap kedalam kulit. Minyak jarak efektif untuk mengatasi kulit kering hingga pecah-pecah karena mengandung asam linoleat yang dapat mengunci kelembapan kulit.

Baca Juga: Jangan Keliru Ladies, Ini 5 Cara Pilih Pelembap Sesuai Jenis Kulitmu 

3. Shea butter

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuhistockphoto.com

Shea butter kaya akan kandungan vitamin A dan F yang dapat mengatasi kulit kering dan membuat kulit tampak muda. Shea butter merupakan pelembap alami yang sangat ampuh serta dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan polusi.

4. Alpukat

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuhelarrayan.com

Alpukat memiliki kandungan asam dan berbagai macam vitamin seperti A, D, dan E dalam jumlah yang besar. Material tersebut bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan sebagai anti aging. Oleskan alpukat yang telah dihaluskan ke permukaan kulit yang kering, biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Lidah buaya

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuhmqflavor.com

Lidah buaya atau aloe vera telah banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk skincare. Aloe vera mampu melembabkan kulit tanpa menimbulkan rasa lengket. Selain itu, nutrisi yang terkandung didalamnya seperti beta karoten, vitamin C, dan E dapat menjaga kulit tetap kenyal.

6. Mentimun

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuhgymbuddynow.com

Mentimun kaya akan air yang dapat menghidrasi kulitmu baik dari dalam maupun dari luar. Berbagai nutrisi yang ada pada mentimun seperti magnesium, kalium, vitamin A, dan E dapat melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan kulit, tulang dan kuku. Selain itu, mentimun juga dapat mengurangi kerutan dan memberi efek glowing pada kulit, serta mengurangi sembab dibawah mata karena memiliki kadar air yang tinggi.

7. Minyak kelapa

Tak Perlu Body Lotion, Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Pelembap Tubuhdrweil.com

Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang kaya akan kolagen dan juga cepat meresap dikulit. Minyak kelapa memiliki sifat deep moisturzing tapi tidak membuat kulit menjadi lengket, serta mengandung bahan antimikroba dan antibakteri yang bermanfaat untuk menghambat penuaan.

Nah, itu tadi bahan bahan alami yang bisa kamu pakai untuk melembapkan tubuh. Lebih murah dan mudah didapat kan? Kamu mau pakai yang mana?

Baca Juga: 8 Khasiat Madu buat Kecantikan Wanita, Kulit Cerah Rambut Berkilau

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya