Comscore Tracker

Bukan Keriput, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Seseorang Tampak Lebih Tua

Sayangnya tak banyak yang sadar

Tak sedikit orang yang merasa penampilannya lebih tua dari usia sebenarnya, padahal di wajahnya belum timbul kerutan atau tanda-tanda penuaan lainnya. Perlu kamu tahu, kerutan di wajah bukan satu-satunya faktor penyebab seseorang tampak lebih tua. Banyak hal yang tanpa disadari menyebabkan kamu tampak tua.

Jadi, walaupun kamu telah melakukan perawatan wajah hingga prosedur kecantikan, tetapi faktor-faktor lainnya tidak kamu perhatikan, maka usahamu untuk terlihat lebih muda akan sia-sia.

Dikutip dari laman Best Life dan The Healthy, inilah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tampak lebih tua.

1. Tidak pernah mengubah gaya rambut

Bukan Keriput, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Seseorang Tampak Lebih Tuaunsplash.com/Oladimeji Odunsi

Bagaimanapun juga, trend gaya rambut selalu berubah, dan jika kamu hanya mempertahankan gaya rambut yang sama untuk waktu yang lama, itu bisa membuat gayamu terlihat kuno dan kurang fresh. Untuk itu, cobalah ganti gaya rambut sesekali. Siapa tahu, kamu justru akan menemukan yang lebih cocok untukmu.

2. Postur tubuh yang bungkuk

Bukan Keriput, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Seseorang Tampak Lebih Tuaunsplash.com/Priscilla Du Du Preez

Postur tubuh yang buruk dapat membuat kamu terlihat jauh lebih tua dan juga terkesan lebih gemuk dari yang sebenarnya. Jadi, jika kamu ingin membuat penampilanmu tampak lebih muda beberapa tahun, kamu harus membiasakan untuk memperbaiki postur. Salah satunya dengan membiasakan duduk dan berdiri dengan tegak.

Baca Juga: 5 Masalah Kulit Berdasarkan Usia, dari Jerawat sampai Keriput!

3. Gigi yang kurang terawat

Bukan Keriput, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Seseorang Tampak Lebih Tuaunsplash.com/Kim Carpenter

Malas membersihkan gigi dengan benar tidak hanya meningkatkan risiko kehilangan gigi, tapi juga meningkatkan risiko gigi menjadi kuning dan terbentuk karang gigi. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini juga akan membuat kamu tampak lebih tua.

Oleh sebab itu, rawatlah gigi sedini mungkin sebelum gigi benar-benar bermasalah.

4. Tidak menggunakan primer makeup 

Bukan Keriput, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Seseorang Tampak Lebih Tuaunsplash.com/Kevin Laminto

Makeup yang tepat memang bisa menyamarkan tanda penuaan dan ketidaksempurnaan kulit. Sebaliknya, makeup yang tidak tepat justru akan membuat kamu tampak lebih tua. Salah satunya jika kamu melewatkan primer.

Primer tidak hanya menciptakan penghalang antara kulit dan riasan, yang membuat riasan dan kotoran tidak masuk ke pori-pori, tetapi juga membantu menjaga riasan agar tampak lebih sempurna dan tahan lama. Tanpa primer, riasan akan mudah berubah dan terkumpul di kerutan dan garis-garis halus, yang memberikan kesan wajah lebih tua.

5. Leher yang tidak terawat 

Bukan Keriput, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Seseorang Tampak Lebih Tuaunsplash.com/Anastasiia Pyvovarova

Kulit di leher lebih tipis dan cenderung lebih cepat kehilangan elastisitasnya. Kulit di leher yang mulai terkulai dan kendur bisa membuat seseorang tampak lebih tua daripada usia sebenarnya.

Oleh sebab itu, sebelum kulit leher benar-benar berkerut dan membuatmu tampak tua, rawatlah kulit leher sama seperti kamu merawat kulit wajah. Mulai dari menggunakan produk skincare hingga melakukan senam leher untuk memelihara kekencangannya.

Ternyata, wajah bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan penampilan seseorang terlihat lebih tua. Jadi, jika kamu merasa penampilanmu terlihat lebih tua padahal wajahmu baik-baik saja, coba cek kembali faktor-faktor di atas ya.

Baca Juga: Meski Belum Kedaluwarsa, Ini 5 Tanda Skincare Sudah Tak Layak Dipakai

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya