Comscore Tracker

Ini 6 Kandungan Ajaib Favorit Skincare Addict, Cewek Wajib Tahu!

Siapa tahu salah satunya adalah solusi untuk masalah kulitmu

Sebagai makhluk yang sangat memperhatikan penampilan, hampir semua wanita pasti memiliki setidaknya satu produk skincare yang digunakan setiap harinya. Karena fungsi utama skincare adalah untuk memperbaiki penampilan kulit, maka sudah seharusnya produk skincare dipilih berdasarkan masalah dan kebutuhan kulit.

Kalau dulu orang-orang banyak mencari produk skincare yang dapat mengatasi berbagai masalah sekaligus, sekarang mulai banyak wanita yang lebih fokus akan kandungan dan mencari skincare dengan fungsi yang lebih spesifik. Para produsen pun semakin giat memasukkan bahan yang memiliki fungsi luar biasa dalam produk skincare buatan mereka.

Nah, dari sekian banyak komponen dalam skincare, ada beberapa bahan yang jadi favorit banyak skincare addict karena terbukti memberikan hasil yang memuaskan. Kira-kira apa sajakah bahan tersebut? Berikut daftarnya.

1. Hyaluronic acid

Ini 6 Kandungan Ajaib Favorit Skincare Addict, Cewek Wajib Tahu!intothegloss.com

Hyaluronic Acid atau asam hialuronat adalah senyawa yang diproduksi secara alami dalam tubuh guna menjaga kelembapan kulit.

Skincare dengan komposisi asam hialuronat ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit seperti keriput, garis halus, kulit terbakar, dan kulit mengelupas. Sehingga skincare yang mengandung hyaluronic acid ini sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit kering atau kamu yang mulai khawatir dengan tanda-tanda penuaan.

2. Niacinamide

Ini 6 Kandungan Ajaib Favorit Skincare Addict, Cewek Wajib Tahu!theskincareedit.com

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3 dan berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu, senyawa yang larut dalam air ini jadi salah satu bahan favorit dalam pembuatan skincare.

Biasanya, niacinamide dapat ditemukan dalam produk skincare yang fokus untuk menangani masalah seputar warna kulit, seperti kulit kusam, flek hitam, bekas jerawat, hingga melanoma. Tapi selain itu, niacinamide juga terbukti memiliki efek antiinflamasi pada kulit dan dapat pula digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, dan kulit kemerahan.

3. Retinol

Ini 6 Kandungan Ajaib Favorit Skincare Addict, Cewek Wajib Tahu!intothegloss.com

Jika masalah kulit yang kamu alami saat ini adalah seputar garis-garis halus, kerutan, pori-pori besar, warna dan tekstur kulit tidak merata, maka kamu mungkin bisa memasukkan retinol dalam bentuk krim atau serum ke dalam skincare routine kamu.

Skincare yang mengandung retinol atau vitamin A, paling baik digunakan saat kamu sudah memasuki usia 30 tahun, ketika garis-garis halus dan kerutan sudah mulai muncul. Jika retinol digunakan pada kulit wanita yang masih muda, hasil yang berikan mungkin tidak akan sama dengan ketika retinol digunakan pada wanita berusia di atas 30 tahun.

Akan tetapi, retinol tetap mampu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan. Retinol dapat meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah pembentukan garis halus dan kerutan. Dan akan memberikan hasil yang lebih optimal apabila penggunaan retinol dikombinasikan dengan SPF dan vitamin C yang tinggi.

Baca Juga: Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Ini

4. Probiotik

Ini 6 Kandungan Ajaib Favorit Skincare Addict, Cewek Wajib Tahu!glowsly.com

Probiotik adalah mikroorganisme yang mirip dengan bakteri alami di usus. Bakteri ini memfasilitasi berbagai fungsi kesehatan, dari produksi serotonin hingga peningkatan resistensi terhadap penyakit dan infeksi. Probiotik biasanya dapat ditemukan pada produk hasil fermentasi, seperti yogurt, kimchi, tempe, dan kombucha.

Tapi selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, probiotik juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Memasukkan probiotik dalam produk perawatan kulit dapat mengoptimalkan manfaat penyembuhan bagi kulit. Termasuk bertindak sebagai pelindung terhadap bakteri jahat, menekan peradangan, mencegah penuaan dini pada kulit, dan mengatasi jerawat.

5. Asam azelaic

Ini 6 Kandungan Ajaib Favorit Skincare Addict, Cewek Wajib Tahu!organika.livejournal.com

Asam azelaic adalah asam alami yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, gandum, dan gandum hitam. Bahan ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, yang membuatnya efektif dalam mengobati kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea, serta membersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat.

Karena memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membersihkan pori-pori, skincare yang mengandung asam azelaic ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit rentan berjerawat, iritasi, dan kemerahan.

6. Ceramide

Ini 6 Kandungan Ajaib Favorit Skincare Addict, Cewek Wajib Tahu!projectvanity.com

Ceramide adalah lemak yang ditemukan secara alami dalam konsentrasi tinggi di lapisan kulit paling atas. Ceramide membentuk lebih dari 50 persen komposisi kulit, sehingga tidak mengherankan jika ceramide memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana penampilan kulit dan mengatasi gangguan pada kulit.

Ceramide dapat membantu penyembuhan kulit yang rusak dan mencegah hilangnya kelembapan alami kulit. Ditambah, ceramide memiliki sifat antipenuaan yang luar biasa, bahkan disebut-sebut lebih kuat daripada retinol, sehingga skincare yang mengandung ceramide ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Dari ulasan di atas, kira-kira bahan nomor berapa yang sesuai untuk masalah kulit yang kamu alami?

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Skincare Routine untuk Pemula

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You